HOME

Belajar Affiliate Marketing Pemula Lewat Buku Cerita

Posted at Mei 12th, 2019
affiliate buku novel

Bagaimana cara belajar affiliate marketing khusus pemula yang berfokus pada penjualan buku cerita? Kalau belajar affilate marketing, otomatis ini pembahasan belajar online alias bisnis online. Mengapa demikian? Istilah affiliate marketing populer saat terbukanya era online. Salah satu yang mempopulerkan affiliate marketing adalah Anne Ahira lewat program belajar mengenai hal ini. Maka cara belajar affiliate marketing berkaitan dan sejalan dengan belajar bisnis online, termasuk hal teknik online.

Arti Affiliate Marketing

Apa arti affiliate marketing? Arti affiliate marketing adalah program affiliate yang memasarkan atau memarketingkan produk para owner atau biasa disebut para vendor dengan bantuan para member affiliate. Di sini, perusahaan seperti Amazon.com bisa berpihak mengurusi atau individal seperti anda itu sendiri yang berpihak mengurusi program affiliate. Di sinilah dibutuhkan link affilitate untuk kegiatan penjualan. Dari hasil mendapatkan penjualan lewat link affiliate. Jadi, arti affiliate marketing harus ditambahkan dengan link affiliate sebagai ciri khas program secara online.

Bagaimana Fokus Belajar Affiliate Marketing Pemula Lewat Buku Cerita?

Yang jelas, dalam belajar affiliate marketing pemula lewat buku cerita, anda tidak perlu berpikir panjang mengenai meraih kesuksesan dalalam menjalankan affiliate marketing buku cerita. Mengapa? Alasannya simpel: anda menjual buku cerita. Rata-rata penjualan buku (biasanya berbentuk ebook) yang sukses di jagat internet adalah buku yang bernilai “butuh” dan mampu memecahkan masalah si pembeli buku. Bagaiamana dengan novel? Di samping bersifat hiburan semata, persaingan buku cerita khususnya novel pun melimpah. Jadi, bila anda belajar affiliate marketing cara pemula lewat penjualan buku cerita, anda tidak perlu berharap banyak bisa sukses.

Stok buku cerita dalam perusahaan program affiliate memang sedikit. Mungkin, buku ceriaꟷdalam hal ini adalah novelꟷtersedia hanya ada di Amazon. Jelas, anda yang tidak berkeinginan berurusan produk luar negeri tidak bisa memanfaatkan program affiliate untuk menghasilkan uang. Kalaupun anda mau membangun program affiliate marketing sendiri seperti Amazon, anda harus memiliki karya terlebih dahulu. Tentunya, proses pembuatan karya jauh lebih lama lagi daripada membangun program affiliate marketing sendiri yang sekedar membuat situs affiliate.

Jadi, sebaga pemula, anda bisa belajar affiliate sebagai cara lain dalam penjualan buku cerita karya anda sudah layak untuk dijual. Di samping itu, anda menjadikan ini sebagai upaya membangun binis affiliate marketing yang lain yang bertemakan buku atau ebook. Belajar affiliate marketing menarget beberapa produk jenis buku dan ebook. Bisa jadi, anda akan menarget banyak produk dalam program affiliate marketing. Terpenting, anda memahami dan pernah berhasil walaupun sedikit hasil belajar affiliate marketing.

Keahlian Apa Untuk Pemula Dalam Menjalani Affiliate Marketing Buku Cerita?

Yang jelas, anda sudah ahli dalam membuat buku cerita, baik novel, kumpulan cerpen, dan sejenis cerita lainnya. Ini tidak perlu dibahas lagi di dalam pembahasan ini.

Sebagai pemula dalam bisnis khususnya bisnis online, anda akan bertanya “bagaimana belajar cara menjual buku cerita?” Ini bukan pertanyaan yang bisa dijawab dengan simpel. Pertanyaan ini mengharuskan anda belajar lebih dalam agar bisa mendapatkan jawaban. Nantinya, anda akan menemukan jawaban bisa lewat affiliate marketing jika anda terus-menerus belajar. Walau demikian, ada keahlian dasar yang perlu anda pelajari agar bisa menjual produk buku cerita anda. Keahlian dasar yang harus anda pelajari sesuai pengalaman yang pernah saya lakukan sampai membuahkan kesuksesan dalam penjualan porduk, khususnya dalam affiliate marketing, baik lokal atau luar negeri.

Keahlian dasar apa untuk pemula dalam belajar cara menjual buku cerita? Keahlian itu adalah belajar dunia blogging. Anda boleh tidak menyetujuinya. Tetapi, cara belajar inilah yang membuat saya berhasil mendapatkan uang sampai sekarang dari beberapa jenis bisnis online, salah satunya affiliate marketing. Belajar blogging pun cocok untuk para penulis karena kegiatan blogging adalah menulis. Jadi, anda harus belajar blogging untuk kepentingan menjual buku cerita secara online, salah satunya melalui program affiliate marketing.

Analisis Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Affiliate Marketing Dengan Buku Cerita Fiksi Cetak Kertas

Pertama-tama, buku cerita sama kasusnya dengan buku yang lain yakni terbuat dari kertas. Sekarang, banyak buku yang sudah berbentuk digital. Artinya, status penjualan bisa diperlakukan sama. Kedua, masing-masing jenis buku memiki khas tersendiri, lebih mencolok khas dalam hal fiksi dan nonfiksi. Buku cerita lebih condong ke pembahasan fiksi. Tentunya, strategi bisnis pun sepertinya berbeda antara fiksi dan nonfiksi. Jadi, anda perlu memperhatikan bisnis untuk kebutuhan penjualan buku secara umum dan bagaimana spesifikasi strategi bisnis untuk masing-masing jenis buku. Bila berkaitan dengan media tulisan, buku cerita kertas dengan buku cerita digital dianggap berbeda cara penjualannya.

Karena itu, saya ingin menjelaskan kelebihan dan kekurangan bisnis affiliat dengan produk buku cerita. Maksud buku cerita disini, saya memfokuskan pada buku yang berbau fiksi, bisa kumpulan cerpen, novel atau komik. Ingat, buku cerita fiksi berbeda dengan buku cerita nonfiksi walaupun sama-sama buku cerita. Berikut penjelasan mengenai kekurangan dan kelebihannya agar anda bisa belajar affiliate marketing dengan langkah yang benar.

1. Kelebihan Bisnis Affiliate Marketing Dengan Buku Cerita Fiksi Cetak Kertas

Apakah ada kelebihannya dalam bisnis affiliate marketing menggunakan buku cerita? Sepertinya, tidak banyak. Berikut penjelasannya.

  • Lebih Banyak Peminatnya

Anda bisa melihat seberapa banyak peminat pada novel? Kalangan remaja biasanya akan memburu novel. Dengan budaya membaca yang masih rendah di kalangan remaja Indonesia, novel masih menjadi andalan bahan bacaan. Mengapa? Novel menghadirkan hiburan. Tentunya, hiburan novel yang paling dicari adalah hiburan berbau cinta. Buku novel cinta remaja memang paling banyak dibeli. Anda bisa membandingkan buku sejarah dengan novel. Kira-kira, buku mana yang diminati?

Begitu juga dengan buku komik. Buku komik tidak kalah banyak peminatnya walaupun masih dibawah buku novel. Pada intinya, ini menjadi bekal tersendiri dalam variasi buku cerita fiksi.

Nah, ini menjadi kesempatan dalam bisnis affiliate marketing. Maka dari itu, anda perlu belajar affiliate marketing yang membuat para peminat novel tertarik untuk membeli atau menjadi member dalam program affiliate marketing.

  • Lebih Banyak Jumlah Bukunya

Di salah satu toko buku ternama, buku novel menjadi buku yang paling banyak di dalam rak buku. Ini membuktikan bahwa peluang program affiliate bisa memanfaatkan buku novel. Ketika anda membuka program affiliate untuk para penulis novel, anda bisa mendapatkan banyak penulis novel. Mengapa? Ketika banyak buku novel, ini menandakan banyak juga penulisnya. Program affiliate seperti Amazon mengharuskan memiliki banyak owner atau vendor dalam suplay produk. Nah, program affiliate anda akan didukung para penulis yang siap suplay karya buku novelnya ke situs program affiliate anda.

Maka cara belajar affiliate marketing adalah mengharuskan belajar seperti si pemilik membangun perusahaan Amazon. Dengan seperti ini, anda harus bisa menguasai para penulis novel agar mau join berjualan. Mereka membutuhkan media penjualan sekaligus marketing, anda pun membutuhkan buku novel mereka. Di tengah ini, marak affiliate marketer siap memarkingkan buku para penulis. Enak bukan?

Apakah hanya dua itu saja kelebihan buku novel dalam bisnis affiliate? Sepertinya, itu saja sementara mengingat saya belum menemukan lagi. Tetapi, kedua kelebihan di atas pun sudah diangga cukup. Artinya, anda bisa mengandalkan hanya dengan buku novel saja dalam affiliate.

2. Kekurangan Bisnis Affiliate Marketing Dengan Buku Cerita Fiksi Cetak Kertas

Membahas kelebihan belum dianggap cukup. Bisa jadi, anda tidak belajar affiliate marketing yang serius. Bagaimana mau serius, permasalahan dalam kekurangan buku cerita untuk kebutuhan affiliate marketing belum terpecahkan. Dalam bisnis, kekurangan suatu produk harus diselesaikan dengan menghadirkan solusi lain untuk menutupi kekurangan. Jadi, mengetahui kekurangan buku cerita untuk bisnis affiliate marketing harus diketahui. Berikut pembahasannya.

  • Daya Tarik Novel Melemah Bila Dijual Online

Mengapa daya tarik novel melemah bila dijual online? Buku novel tidak bisa didukung dengan pembahasan lain. Anda bisa bandingkan dengan buku how-to yang tebelnya sama dengan buku novel. Jelas, buku how-to bisa didukung dengan pembahasan opini lain berbentuk artikel atau vidio. Pembahasan ini semacam review seputar buku. Sedangkan buku novel, buku ini tidak bisa dibuat pembahasan opini kecuali resensi. Bahkan, penulisan resensi cukup membongkar alur cerita yang ada dibuku sehingga mengurangi rasa penasaran pembaca.

  • Masalah Ongkir Yang Bikin Mikir Membeli Online

Mereka berpikir, “Daripada membeli secara online, lebih baik langsung ke toko buku. Enak lihat-lihatnya. Biasanya ada buku yang sudah terbukanya. Jadi mantap membeli.” Tentunya, mereka berpikir masalah ongkir yang akan dikenakannya. Mungkin, bagi pembeli yang masih satu kota dengan toko online buku novel, mereka akan membeli secara online. Tetapi, konsep berjualan buku novel menggunakan sistem affiiate marketing sehingga harus menjangkau pasar lintas kota. Bila seperti ini, ongkir bisa lebih mahal bila lintas kota, di atas 15.000. Ini pun membeli satu novel tebal. Bagaimana bila membeli beberapa novel tebal?

  • Harga Jual Novel Yang Mahal

Lah, kenapa bisa mahal? Sebenarnya, penjualan novel tidak mahal. Tetapi, sistem affiliate yang membuat penjual novel memberikan alasan bahwa penjualannya sebagai peluang bisnis juga sehingga harus berharga jauh lebih mahal. Bisa saja, banyak novel yang dijual di atas 100.000 karena memperlakukan sistem affiliate marketing. Ini cara yang salah sebenarnya. Tetapi, perusahaan pun terikat kerjasama dengan para affiliate marketer dan juga vendor. Tetapi, ini bisa dihindari sebenarnya. Cuma, pihak pengelola seperti ingin memanfaatkan program afffiliate untuk mematok harga mahal.

  • Affiliate Tool Yang Sulit Dibuat

Anda mau membuat banner, teks iklan, sales letter yang seperti apa agar memudahkan para affiliate? Ini sangat sulit bila untuk novel. Berbeda dengan buku how-to atau tutorial, pembuatannya bisa dimudahkan dengan menonjolkan benefit-benefit yang akan dimanfaatkan si pembeli. Kalau novel, ini sulit. Sekalipun bisa, tentunya tidak menarik sebagai benefit.

Pembahasan kelebihan dan kekurangan di atas mungkin masih dirasa sedikit. Anda bisa mengoreksi kembali.

Sebagai pemula, anda bisa belajar bagaimana membangun bisnis affiliate marketing yang memanfaatkan buku cerita alias buku novel dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan.

Solusi Buku Dalam Penjualan Online Shop Affiliate Marketing

Bagaimana bila anda berfokus belajar menjual buku cerita karya sendiri dalam sistem affiliate tetapi tidak menggunakan penjualan online shop? Seperti yang sudah dijelaskan, buku novel sulit dikuatkan dengan membangun opini seputar buku. Anda hanya bisa membuat resensi atau membuat sinopsis, tetapi ini justru membocorkan cerita. Rata-rata buku novel yang dijual tidak menjelaskan detail ceritanya. Jadi, bila anda tidak menggunakan penjualan online shop, anda akan membangun opini atas buku novel alias menjelaskan gambaran besar novel. Ini bisa meminimalisir jumlah penjualan karena mereka sudah tidak dikejutkan lagi dengan cerita yang akan dibaca.

Memang, anda sendiri tidak memiliki banyak buku. Hal karena anda mengandalkan buku novel karya anda sendiri. Kalau tidak memiliki banyak buku, untuk apa membangun toko online? Ini bisa menjadi alasan untuk tidak perlu membangun toko online alias online shop. Lagi pula, sistem atau program affiliate marketing tidak mengharuskan membangun toko online. Anda cukup mengandalkan situs minisite affiliate untuk penjualan secara online.

Tetapi, dalam segi pemaksimalan hasil penjualan, anda harus membuat toko online. Bila harus membangun toko online, anda membutuhkan buku novel minimal 5.

1. Solusi Buku Novel Karya Orang Lain

Anda sebenarnya berpihak membangun penjualan buku novel secara online. Tentu, anda membutuhkan suplier. Suplier yang terbaik adalah suplier yang tidak menjual bukunya secara offline. Kalau menjual bukunya secara offline, bagaimanana nasib para affiliate marketer yang susah payah berjualan secara online? Pembeli bisa berkata, “nanti aja di toko buku”. Ini yang bermasalah. Artinya, anda tidak perlu mengandalkan buku yang akan dijual secara online. Banyak yang menerbitkan buku secara self publishing dan dijual secara online. Ini artinya, anda bisa memfasilitasi mereka yang hanya bisa berjualan secara online.

Bagaimana cara memfasilitasi mereka alias para penulis dalam bisnis buku menggunakan program affiliate marketer? Anda bisa berpihak sebagai pemilik situs marketplace yang segala pengurusan produk ada di tangan suplier. Ini bisa menjadi solusi mengajak sebanyak mungkin penulis. Walaupun sebagai situs marketplace, anda tetap mengontrol setia produk buku yang masuk dalam program affiliate marketing.

2. Menjadi Penulis Produktif

Anda harus menjadi penulis produktif. Dengan seperti ini, anda tidak perlu lagi mengandalkan penulis lain. Banyak penulis bisa menghasilkan banyak buku. Sebagai contoh Raditya Dika. Ia bisa menghasilka banyak buku novel walaupun entah, apakah itu sejenis novel atau novelet. Yang jelas, Si Radit bisa sebagai contoh penulis novel yang produktif. Anda pun bisa seperti radit. Menghasilkan buku novel lebih dari 5 sudah cukup untuk membangun bisnis affiliate marketing.

Memang, menulis novel membutuhkan momen cerita yang tepat dan menarik. Menulis novel tidak sekedar menulis tetapi juga bisa menghadirkan karya yang bisa diterima banyak pembaca. Ini bisa membuang-buang waktu bila harus menunggu karya novel. Bila dijual secara online, belum tentu mendapatkan banyak penjualan secara cepat. Solusi yang harus dilakukan adalah penjualan step by step, tidak mengandalkan program affiliate marketing dulu sebelum mendapatkan banyak novel, minimal 5.

3. Mengkader Penulis Buku Novel

Sebagai penulis buku novel profesional, anda bisa mengajarkan belajar cara membuat novel ke banyak remaja. Biasanya, para remaja lebih suka belajar menulis cerita fiksi, khususnya belajar menulis novel. Belajar menulis novel yang paling dianggap menyusahkan. Para pelajar membutuhkan pembimbing belajar yang serius yang sudah mahir membuat buku novel. Di samping belajar cara membuat buku, mereka belajar membuat buku khusus novel. Ketika mereka sudah berhasil dalam belajar membuat buku novel, ini menjadi kesempatan emas dalam membangun bisnis affiliate marketing buku novel. Akhirnya, hasil belajar mereka tidak sia-sia. Mereka belajar membuat novel sekaligus mendapat jaminan terbit untuk penjualan.

Solusi Affiliate Marketing Buku Novel Dengan Sistem Dropship Online Shop

Di sini, anda tidak hanya belajar affiliate marketing. Anda pun harus belajar seputar online shop khususnya mengenai dropship. Memang, khusus masalah dropship tidak perlu anda pelajari dengan serius mengingat ini hanya pengalihan pengurusan dari tangan reseller ke tangan suplier. Pada intinya, anda harus belajar online shop. Walaupun secara sistem kerja, affiliate marketing bisa terpisah dengan dropship. Dengan belajar affiliate marketing dan dropship online shop, anda bisa menerapkan dua sistem sekaligus: affiliate marketing dan dropship.

Apa kepentingan anda membangun affiliate marketing dengan sistem dropship? Tentunya, inti utama adalah sebagai solusi affiliate marketing buku novel (secara umum buku fisik) untuk para penulis buku novel.

1. Penulis Bisa Melakukan Penyetokan Buku

Di kota besar yang memiliki banyak penerbitan, cara ini bisa dilakukan. Tentunya, penulis melakukan penyetokan buku untuk pemilik online shop sistem affiliate marketing dan dropship. Nantinya, segala proses penjualan diatur oleh pihak pengelola toko. Penulis bisa melakukan penjualan secara online menggunakan toko sendiri. Tentunya, ada pembagian khusus seputar dari affiliate dan juga dropship. Atau, pemilik sepakat bahwa penghasilan hanya berasal dari pembangian komisi berdasarkan harga penjualan biasa alias harga grosir. Si pemilik buku bisa menentukan harga grosir sendiri.

Kelemahan penyetokan seperti di atas adalah tidak bisa bekerjasama dengan penulis di luar kota atau lintas kota. Kalau penulis berada di Jakarta, si pemilik online shop harus berada di Jakarta juga.  Tetapi, kelamahan ini tidak menjadi persoalan mengingat banyak penulis di masing-masing kota.

2. Si Pemilik Online Shop Affiliate Buku Novel Tidak Perlu Keliling

Biasanya, penyetokan buku membuat penjual keliling ke suplier, biasanya ke penerbit atau agen. Tetapi, dengan sistem dropship buku novel, penjual buku tidak perlu berkeliling. Mengapa? Si penulis bisa menyetok buku sendiri setiap kehabisan stok. Pemilik toko online tidak perlu berkeliling. Penulis yang sudah terbantu dalam operasional yang seharusnya melakukan stok produk ke pengelola toko online.

3. Penjual Mempersiapkan Operasional Dengan Matang

Di sini, anda bukan sebagai pengelola situs marketplace. Mengapa? Segala operasional produk berada di tangan anda yakni pemilik toko. Maka dari itu, anda membutuhkan lebih dari sekedar situs affiliate marketing. Anda membutuhkan operasional yang maksimal, baik untuk pemajangan, pengepakan, pengiriman dan lainnya. Anda harus belajar masalah ini.

Kesimpulan

Pembahasan di atas membuat anda membutuhkan banyak belajar, bukan sekedar mengenai belajar blogging saja, melainkan mengenai belajar penjualan online shop sistem affiliate marketing dan dropship. Tugas anda belajar pun bisa berat mengingat anda akan mengurusi opersional bila memakai sistem dropship dalam menerapkan affiliate marketing. Anda harus belajar memahami bagaimama mengelola dengan tenaga karyawan yang  harus anda untuk mengurusi ini. terpenting anda memiliki kemauan yang kuat dalam belajar affiliate marketing, online shop sistem dropsih dan tentunya blogging.

Belajar hal teknik soal affiliate marketing, online shop sistem dripship dan blogging memang membuat anda bisa pusing kepala. Maka dari itu, anda tidak perlu berfokus belajar pada masalah hal teknis. Maka fokus belajar anda dalam hal ini lebih kepada stategi, manajamen kontrol dan tentunya pengelolaan permodalan. Tentunya, anda membutuhkan beberapa tim untuk mengurusi hal teknis. Walaupun demikian, anda tetap saja harus banyak belajar untuk pengelanan secara gambaran besar hal teknis mengenai hal ini.

Kategori: Bisnis Buku
Tags :

No comment for Belajar Affiliate Marketing Pemula Lewat Buku Cerita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Belajar Affiliate Marketing Pemula Lewat Buku Cerita

Cara Bisnis Dropship Reseller Buku Cerita

Posted at Maret 3, 2019

Pembahasan bisnis dropship reseller buku cerita ini dibutuhkan ketika memang sudah ada, bahkan banyak, yang menjual buku dengan sistem dropship reseller. Bisa jadi untuk... Read More

Cara Penulis Buku Sejarah Bisnis Online di Facebook

Posted at Februari 24, 2019

Bagaimana cara memulai bisnis online di facebook yang pembahasannya berfokus untuk penulis buku sejarah? Cara bisnis online yang akan dilakukan memang berbeda-beda, bergantung jenis... Read More

Cara Memulai Bisnis Online “Buku Cerita” dari Nol

Posted at Februari 16, 2019

Apakah anda sudah tahu cara memulai bisnis online buku cerita yang dimulai dari nol? Bila memulai bisnis online dimulai dari nol, anda akan memulai... Read More


error: Content is protected !!