HOME
Home » Menulis Buku » Buku Novel Cinta Diminati Remaja

Buku Novel Cinta Diminati Remaja

Posted at Juli 31st, 2018 | Categorised in Menulis Buku

 

Novel Cinta Diminati Remaja

Tulisan ini bisa membantu anda yang mau belajar cara menulis buku novel cinta yang akan diminati kalangan remaja saat ini. Walaupun di era yang serba digital ini dengan adanya e-book, buku novel cinta masih diminati baik di kalangan remaja maupun orang dewasa, mengapa? Karena buku lebih enak dibaca dibandingkan e-book. Oleh karenanya, dalam tulisan ini penulis akan menuliskan tentang Buku Novel Cinta Diminati Remaja.

Saat ini, buku novel cinta banyak diminati remaja. Usia remaja yang dimaksud adalah kalangan remaja di usia pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga pelajar di kalangan perguruan tinggi atau mahasiswa.

Mayoritas remaja di masa sekarang lebih menyukai membaca buku novel cinta dibandingkan membaca buku pelajaran atau buku pengetahuan lainnya. Hal tersebut karena para remaja beranggapan buku novel cinta lebih menarik dibandingkan buku ilmiah lainnya, mengapa? Untuk lebih jelasnya, akan penulis jelaskan secara rinci dalam tulisan ini.

Sebelum, penulis menjelaskan secara rinci alasan mengapa buku novel cinta lebih diminati di kalangan remaja alangkah baiknya, penulis menjelaskan tentang buku novel cinta terlebih dulu.

Tentang Buku Novel Cinta

Sebelum penulis menjelaska secara rinci tentang buku novel cinta alangkah baiknya jika penulis jelaskan tentang pengertian buku dan novel cinta.

Pengertian Buku

Buku merupakan kumpulan kertas yang berisi tulisan dan gambar yang disatukan dengan cara menggunakan jilid sehingga menjadi satu kesatuan. Buku berisi lembaran kertas yang mana setiap lembaran disebut dengan halaman. Buku ditulis oleh penulis buku.

Seiring perkembangan teknologi, buku bukan hanya berbentuk lembaran kertas yang dijilid melainkan berbentuk e-book atau disebut buku elektronik. Buku elektronik atau e-book ini dapat dibaca menggunakan perangkat digital, seperti komputer atau PC, laptop, notebook, tablet, smartphone dan perangkat digital lainnya yang sudah terinstal perangkat lunak di dalamnya.

Jenis Buku terbagi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Buku Fiksi

Buku fiksi merupakan buku yang berisi cerita imajinatif penulis. Dalam menulis buku ini, penulis tidak memerlukan pengamatan lebih lanjut. Jadi, tulisan yang dituangkan dalam buku fiksi merupakan hasil cerita karangan berdasarkan imajinasi atau khayalan penulis.

Adapun buku yang termasuk dalam buku fiksi adalah novel, dongeng, cerita anak, cerita pendek (cerpen), fabel, cerita bergambar (cergam), dan komik.

2. Buku Nonfiksi

Buku nonfiksi merupakan buku yang berisi tulisan yang menceritakan kenyataan atau cerita berdasarkan kejadian sesungguhnya. Buku nonfiksi ini berisi tulisan yang bersifat informatif bagi pembacanya. Dalam menulis buku ini, penulis melakukan pengamatan, riset dan mengumpulkan data yang kemudian dituangkan menjadi tulisan. Jadi, tulisan yang dituangkan dalam buku nonfiksi ini adalah tulisan yang bersifat informatif berdasarkan keadaan yang sesungguhnya melalui pengamatan, mengumpulkan data dan riset.

Buku yang termasuk dalam jenis buku nonfiksi adalah buku teks pelajaran, esai, ensiklopedia, jurnal, biografi, dokumenter, laporan ilmiah, pengetahuan dan buku ilmiah lainnya.

Pengertian Novel

Novel merupakan karya fiksi berbentuk prosa yang ditulis dalam sebuah cerita secara naratif. Novel ditulis berdasarkan daya khayal dan imajinatif penulisnya.

Novel diterbitkan dalam bentuk buku sehingga mudah dibaca oleh para pembaca buku. Pada umumnya, novel yang diterbitkan menjadi buku memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Memiliki jumlah kata lebih dari 35.000 kata.
  2. Terdiri atas 100 halaman atau lebih.
  3. Alur cerita dalam novel bersifat kompleks tergantung tema yang disajikan penulis.
  4. Cerita yang disajikan lebih dari satu impresi, emosi dan dapat menimbulkan efek bagi pembacanya.
  5. Novel ini ditulis menggunakan narasi yang didukung dengan deskripsi dalam menggambarkan suasana atau setting cerita.

Dalam sebuah novel terdapat unsur novel. Adapun unsur novel adalah tema, penokohan, alur, gaya bahasa, latar atau setting, sudut pandang dan pesan moral bagi pembacanya.

Novel dapat dikelompokkan dalam tiga jenis. Tiga jenis novel tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Novel berdasarkan kejadiannya

Novel berdasarkan kejadiannya dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Novel fiksi merupakan novel yang ditulis berdasarkan kisah fiktif belaka, tidak nyata atau tidak benar-benar terjadi. Cerita dalam novel ini hanya imajinasi penulis saja.
  • Novel nonfiksi merupakan merupakan jenis novel yang ditulis berdasarkan kisah nyata atau benar-benar terjadi dan dapat dibuktikan secara nyata.

2. Novel berdasarkan genre ceritanya

Novel berdasarkan genre ceritanya dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Novel romantis atau cinta adalah novel yang menceritakan kisah romantis, kasing sayang, cinta pertama dan cinta sejati di antara anak manusia.
  • Novel horor adalah novel yang menceritakan cerita menyeramkan dan menakutkan.
  • Novel misteri merupakan novel yang menceritakan kisah detektif dengan unsur misteri.
  • Novel komedi adalah novel yang berisi cerita komedi.
  • Novel inspiratif adalah novel yang menceritakan kisah inspiratif.

3. Novel berdasarkan tokoh dan isinya

Novel berdasarkan tokoh dan isinya dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  • Novel teenlit merupakan novel yang menceritakan kisah cinta dan kisah romantis tokoh utama di usia remaja.
  • Novel chicklit adalah novel yang berisi kisah hidup perempuan muda.
  • Novel songlit adalah novel yang menceritakan kisah yang diambil dari sebuah lagu.
  • Novel dewasa adalah novel yang menceritakan kisah orang dewasa.

Berdasarkan jenis novel tersebut, dalam tulisan ini penulis akan menuliskan tentang novel cinta yang diminati remaja. Dari pengamatan penulis, mayoritas remaja saat ini lebih tertarik membaca buku novel cinta. Pada dasarnya, apa yang dimaksud buku novel cinta?

Apa Buku Novel Cinta Itu?

Buku novel cinta merupakan buku yang berisi novel romantis di mana isinya menceritakan kisah perjuangan anak manusia antara laki-laki dan perempuan dengan tujuan mencapai kebahagiaan dalam ikatan hubungan cinta dan asmara.

Dalam buku novel cinta, kisah yang dituliskan tidaklah sederhana hanya kisah pacaran dua insan saja melainkan menceritakan proses perjalanan cinta kasih antara dua insan dalam mencapai kebahagiaan.

Berdasarkan pengamatan penulis, buku novel cinta yang ada saat ini menggambarkan lika-liku kisah cinta sejati anak manusia di usia remaja, konflik yang terjadi di usia remaja, masalah yang timbul di antara kisah cinta tokoh utama dalam novel tersebut hingga solusi penyelesaian masalah tersebut yang berakhir bahagia.

Lika-liku kisah cinta kasih dalam buku novel cinta tersebut membuat pembaca di usia remaja menjadi tertarik bahkan ingin membacanya berulang-ulang. Fenomena tersebut menunjukkan bahwa remaja saat ini lebih menyukai bacaan ringan yang mudah dimengerti dan dekat dengan kehidupan mereka.

Alasan Buku Novel Cinta Lebih Diminati Remaja daripada Buku Ilmiah lainnya

Banyak alasan mengapa para remaja lebih berminat membaca buku novel cinta daripada buku pengetahuan atau fiksi ilmiah, salah satunya karena buku novel cinta lebih mudah dimengerti dan dipahami alur ceritanya.

Adapun alasan lain mengapa buku novel cinta lebih diminati remaja adalah sebagai berikut:

  1. Buku novel cinta lebih menarik untuk dibaca karena ceritanya seru dan membuat penasaran.
  2. Buku novel cinta menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh para remaja.
  3. Buku novel cinta selalu menceritakan kisah cinta dengan akhir yang bahagia meskipun ada juga kisah sedih yang menyentuh pembaca.
  4. Dalam buku novel cinta banyak menceritakan kisah-kisah romantis antara laki-laki dan perempuan yang sedang berpacaran.
  5. Buku novel cinta selalu berkaitan erat dengan kisah cinta pertama yang berujung pada cinta sejati antara dua insan.
  6. Buku novel cinta dengan kisah cinta sejati mudah dipahami oleh remaja karena dekat dengan kehidupan masa remaja.
  7. Buku novel cinta menggambarkan bagaimana cinta yang sesungguhnya sehingga ada pesan moral yang mudah dipahami oleh para remaja tentang arti cinta yang sebenarnya.

Alasan tersebut merupakan alasan mengapa buku novel cinta diminati remaja. Perkembangan remaja saat ini, tidak menginginkan sebuah bacaan yang mengisahkan kisah sedih karena dapat berpengaruh terhadap kehidupan psikologis remaja.

Kisah romantis dalam buku novel cinta akan lebih menginspirasi para remaja dalam menjalani kehidupannya sehari-hari dibandingkan dengan buku pengetahuan ilmiah lainnya. Apalagi jika dalam buku novel tersebut menyuguhkan kisah cinta yang dapat menyentuh jiwa pembacanya.

Penulis buku novel cinta harus pandai dalam menarik pembaca terutama pembaca di kalangan remaja. Penulisan buku novel cinta dengan menggunakan gaya bahasa khas remaja akan lebih menarik perhatian para remaja saat ini.

Hal tersebut karena remaja lebih menyukai membaca bacaan yang dekat dengan kepribadian dan kehidupan para remaja.

Jenis-Jenis Buku Novel Cinta yang Diminati Remaja

Adapun jenis-jenis buku novel cinta yang diminati remaja adalah sebagai berikut:

  1. Novel cinta religi yang menceritakan perjuangan cinta seseorang dalam mengejar cintanya dan berakhir bahagia yang dibalut dengan nuansa Islami, seperti kisah cinta Fahri soerang mahasiswa miskin yang harus menghadapi ujian cinta dalam kehidupannya dalam novel Ayat-Ayat Cinta yang ditulis oleh Habiburahman El Shirazy.
  2. Novel cinta yang menceritakan cinta pertama dan cinta sejati namun harus berakhir dengan kisah sedih, seperti yang berjudul Dia Tanpa Aku yang ditulis oleh Esti Kinasih.
  3. Novel cinta yang menceritakan kisah cinta romantis karena di dalamnya banyak beberapa puisi romantis, seperti novel Dilan yang ditulis oleh Pidi Baiq, tetralogi 4 musim yang ditulis oleh Ilana Tan.

Jenis-jenis novel cinta yang diminati remaja adalah novel yang menggunakan gaya bahasa remaja, novel religi Islami, novel dengan kisah romantis dan kata-kata puitis. Jenis novel cinta tersebut tanpa disadari dapat memberikan bimbingan konseling dan menginspirasi kehidupan remaja yang membacanya.

Perubahan Kepribadian Remaja akibat Membaca Novel

Tanpa disadari dari kegiatan membaca novel dapat berpengaruh terhadap kepribadian dan kehidupan remaja sehari-hari, seperti membangun jiwa, perubahan gaya bahasa, perubahan ekspresi, perubahan tingkah laku, pola pikir bahkan hobi.

Berdasarkan pengamatan penulis, perubahan yang terjadi pada diri remaja dikarenakan novel cinta yang dibacanya mengandung unsur kehidupan yang dapat mempengaruhi keseharian mereka, seperti kehidupan percintaan remaja, cara mengatasi konflik remaja, gaya bahasa yang digunakan, tips dalam menjalani kehidupan di usia remaja serta pesan moral yang dapat diambil dari buku novel cinta.

Penulis ambil contoh dalam novel Ayat-Ayat Cinta, Habiburahman El Shirazy mengajak para pembacanya untuk memahami kisah cinta dengan nuansa Islami sehingga dalam novel tersebut menceritakan kisah cinta yang romantis namun bernilai religi dan dapat membangun jiwa yang membacanya.

Nilai religi yang terkandung dalam novel Ayat-Ayat Cinta tersebut dapat membangun jiwa para remaja sehingga para remaja memahami nilai-nilai yang terkandung dalam Islam. Selain itu, dalam novel tersebut juga mengajarkan nilai-nilai positif, seperti saling menghormati sesama muslim dan menghargai nonmuslim.

Contoh lainnya dalam novel Dilan, pembaca diajarkan bahwa remaja sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki semangat dalam menjalani hidup, memiliki rasa tanggung jawab, menjunjung tinggi nilai kebenaran dan memicu semangat belajar. Selain itu, novel tersebut juga menyuguhkan kisah cinta sejati seorang remaja.

Dampak Positif dan Negatif dari Membaca Buku Novel Cinta bagi Remaja

Dalam pembahasan kali ini, penulis akan menjelaskan dampak positif dan negatif dari membaca buku novel cinta bagi remaja. Adapun dampak positif dan negatif adalah sebagai berikut.

Dampak Positif Membaca Buku Novel Cinta bagi Remaja

Dampak positif dari membaca buku novel cinta bagi remaja akan memberikan pengaruh yang baik bagi kepribadian dan kehidupan remaja sehari-hari. Adapun dampak positif dari membaca buku novel cinta adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pengembangan diri kepada remaja sehingga remaja memiliki kepribadian yang lebih baik.
  2. Dapat memberikan perubahan dalam pola pikir remaja di mana pola pikir remaja menjadi lebih dewasa dalam menyelesaikan masalah atau konflik yang dihadapinya.
  3. Mendapatkan pelajaran hidup dari pesan moral yang disampaikan dalam buku novel cinta.
  4. Memberikan semangat belajar untuk mempelajari karya sastra sehingga dapat menunjang pendidikannya.
  5. Memberikan nilai-nilai religi sehingga remaja dapat menjalani hidup sesuai dengan aturan Tuhan.

Dampak Negatif Membaca Buku Novel Cinta bagi Remaja

Dampak negatif membaca novel cinta bagi remaja adalah sebagai berikut:

  1. Kisah romantis yang terlalu berlebihan dalam buku novel cinta dapat memberikan pengaruh yang kurang baik dalam kehidupan remaja sehari-hari.
  2. Tokoh antagonis dalam novel cinta dapat memberikan pengaruh negatif bagi sikap remaja yang membacanya.
  3. Menimbulkan pemahaman yang salah terhadap pesan moral yang disampaikan oleh buku novel cinta sehingga terkadang remaja menerapkan nilai-nilai yang tidak dibenarkan.
  4. Menimbulkan sikap empati yang berlebihan sehingga dapat mempengaruhi dalam kehidupan remaja sehari-hari.
  5. Gaya dan pola hidup dalam buku novel cinta yang kurang dapat dipahami oleh remaja dapat menimbulkan dampak negatif.
  6. Keyakinan yang mendalam terhadap kisah cinta pertama dan cinta sejati dapat menimbulkan pola pikir yang salah kepada remaja. Akibatnya remaja meyakini dan percaya bahwa kisah cinta pertama dan cinta sejati itu nyata adanya.

Dampak negatif yang dtimbul akibat dari membaca novel cinta tersebut membutuhkan bimbingan dari pihak orang tua dan pendidik. Hal tersebut untuk meminimalisir perubahan negatif pada diri remaja.

Kesimpulan

Alasan buku novel cinta banyak diminati remaja karena para remaja menyukai novel yang mengandung tema kisah cinta, kisah romantis, tips dan trik menjalani hidup di masa remaja, pergaulan remaja, gaya bahaya yang mudah dipahami, masalah dan konflik yang terjadi di lingkungan remaja.

Jadi, remaja berminat membaca buku novel yang dekat dengan kehidupan mereka. Pada dasarnya, buku novel cinta memberikan dampak positif berupa bimbingan dan pesan moral yang membangun jiwa dan semangat remaja dalam menjalani hidup di masa depan.

Adapun dampak negatif dari membaca buku novel cinta yang muncul di kalangan remaja dapat diminimalisir dengan cara memberikan bimbingan konseling karena usia remaja adalah masa yang rentan dengan perubahan.

Oleh karenanya, berikan bacaan buku novel cinta yang dapat membangun jiwa dan semangat remaja dalam menjalani kehidupan di masa depan.

Penulis berpesan kepada para remaja, budayakan membaca bacaan yang memberikan pesan moral yang bernilai positif dan hendaknya meninggalkan nilai-nilai yang jauh dari etika kehidupan bermasyarakat.

Artikel ini ditulis oleh: Riza Dwi Aningtyas

Download Novel Cinta

Novel Cinta Diminati Remaja

Download Disini bit.ly/2xhFS33

Download Disini bit.ly/2zWqThD

No comment for Buku Novel Cinta Diminati Remaja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Buku Novel Cinta Diminati Remaja

Pengertian Menulis Secara Umum Menurut Ahli

Posted at September 25, 2018

Pengertian menulis memang bisa diartikan agak banyak. Namun, bila pengertian menulis dijelaskan, hal ini bisa menjadi beberapa jalur yang berbeda. Tentu, dua jalur ini... Read More

Jurus Jitu Menulis Buku Cerita Anak Bagi Pemula

Jurus Jitu Menulis Buku Cerita Anak Bagi Pemula

Posted at September 19, 2018

Memasuki era milenium saat ini, profesi menulis buku bukan saja untuk mereka yang gemar menulis melainkan siapa saja bisa menjadi penulis buku, termasuk buku... Read More

Cara Membuat Kerangka Karangan Buku Cerita Fiksi

Cara Membuat Kerangka Karangan Buku Cerita Fiksi

Posted at September 10, 2018

Bagaimana cara membuat buku? Cara yang paling efektif adalah membuat kerangka karangan buku. Masalahnya, anda membuat buku cerita yang bersifat fiksi. Bagaimana kah kerangka... Read More

Cara Membuat Novel Lewat Pengalaman Terdekat

Posted at September 5, 2018

Bagaimana cara membuat novel? Bila mau membuat novel, anda harus bisa membuat buku cerita pada umumnya terlebih dahulu sebagai cara pertama. Mengapa? Menulis novel... Read More

Perbedaan Buku Fiksi

Persamaan Perbedaan Buku Fiksi Dan Non Fiksi Terbeda

Posted at Agustus 31, 2018

Mau tahu cara membuat buku? Ketahui dahulu persamaan dan perbedaan buku fiksi dan non fiksi. Kalau seputar pembahasan persamaan dan perbedaaan fiksi dan nonfiksi,... Read More