HOME

Cara Bisnis Pulsa Dan Kuota Internet

Posted at Juli 9th, 2019
cara berjualan pulsa dan kuota internet

Cerita Cara Bisnis Pulsa Dan Kuota Internet lebih kepada pengalaman pribadi walaupun aku memfiksikannya walaupun agak sulit membedakan mana cerita fiksi dan faktanya. Masalah, pengalaman bisnis pulsa dan kuota internet sudah menjadi kebiasaaan, jadi ada banyak cerita fakta yang bisa dihadirkan dalam tulisan ini. Tetapi, alur dan dialog yang membuat cerita bisnis pulsa dan kuota internet menjadi cerita fiksi. Bagaimana ceritanya yang bernuansa tips cara bisnis pulsa dan kuota internet?

***

Sudah dua tahun lebih, sepertinya, aku menjalankan bisnis pulsa dan kuota internet sampai aku memahami selut-beluk bagaimana cara bisnis pulsa dan kuota internet. Tetapi, cara ini tidak mengajari bagaimana cara kaya dari bisnis pulsa dan kuota internet bila mereka masih berjualan sebagai pengecer. Ya, karena tidak bisa membuatnya kaya, aku tidak mendapatkan banyak uang dari bisnis pulsa dan kuota internet dari cara yang sudah aku ketahui. Bahkan, aku lebih banyak merugi ketimbang mendapatkan keuntungan. Hanya demi memanfaatkan konter yang ada di dalam rumah, aku terpaksa berjualan terus. Kesalahan yang berakibat merugi bukan faktor pada cara bisnis pulsa saja melainkan kesalahan konsumen menginformasikan nomer. Aku sering merugi walaupun tahu bagaimana cara bisnis pulsa dan kuota internet.

Dulu, aku pernah menolak bisnis pulsa sekedar mengisi konter untuk kebutuhan kredit hp dan aksesorisnya milik adikku. Masalahnya, aku memiliki kekacauan konsentrasi. Hal ini pernah dialami ketika memulai bisnis pulsa keliling ketika aku masih kuliah, pulsa dari bisnis pemasaran jaringan. Terbukti, aku sulit berpikir ketika mengurusi bisnis pulsa. Sampai sudah berjualan lama pun, kekacauan konsentrasi masih aku alamai, terutama ketika mengurusi uang kembalian. Yang aku takutkan memang sering terjadi. Bahkan, ini sampai mengakibatkan kerugian secara finansial. Tetapi, kalau konter tidak dimanfaatkan untuk bisnis pulsa, siapa yang mengurusi aksesoris? Akhirnya, aku mencoba memaksa diri bisnis pulsa dan kuota internet dengan mencoba mempelajari cara-cara berbisnis pulsanya.

“Bisnis Pulsa dan Kuota Internet Walau Dijalani dengan Cara Terpaksa, Tetap Harus Terukur”

Tring

Tiba-tiba, ada suara Whatspp di tengah istirahatku mengurusi proyek menulis artikel. Aku buka Whatsapp. Ternyata, dari nomer yang tidak dikenal.

“Pak, vocer grosir berapa?”

Pertanyaan ini teringat pada sebuah artikel mengenai bisnis kuota internet grosir. Memang, aku berniat bisnis pulsa dan kuota internet secara grosir dengan membeli chip dari salah satu operator. Aku berkeinginan berjualan pulsa dan kuota internet secara online. Karena berkeinginan seperti ini, aku membuat tulisan soal bisnis vocer kuota internet grosir. Tujuanya, ini sebagai cara mendapatkan pengunjung dari Google yang menarget pencarian vocer kuota internet harga grosir. Bila sudah saatnya membuka bisnis pulsa dan vocer internet, bisnisnya akan mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan pembeli grosiran. Sayang, aku tidak bisa mendapatkan chip yang diinginkan di dua operator. Aku menyimpulkan bahwa semakin banyak penjualan grosir, para sales akan semakin sulit mendapatkan pelanggan. Jadi, memang tidak mudah untuk membangun bisnis pulsa dan kuota internet grosir.

“Maaf, aku tidak menjual kuota grosir,” balasku.

“Beli kuota yang murah dimana ya?”

“Coba anda pergi ke Vocer Kuota Shop,” jawabku.

“Di daerah Cirebon dimana?”

“Dari Cirebon ya? Itu toko online shop itu dari Indramayu.”

“Harus Mencari Cara Berkembang Dalam Bisnis Khususnya Bisnis Pulsa Dan Kuota Internet”

Aku selalu mendapatkan pesan Whatsapp seperti itu. Biasanya, mereka bertanya seputar vocer kuota. Aku tidak bisa menjawab memuaskan kalau mereka bertanya. Masalahnya, aku tidak membuka penjualan vocer kuota secara online, khususnya vocer kuota harga grosir. Aku selalu menjelaskan dimana mereka membeli vocer kuota harga.

Aku selalu menunjukkan toko online langgananku. Masalahnya, aku tidak memiliki langganan toko vocer yang lain yang memiliki harga jual murah. Sepertinya, cuma toko online itu yang berada dekat dengan tempat tinggalku, lebih tepatnya di daerah Indramayu. Memang, ada satu lagi toko online yang berada di Cirebon tetapi harga jualnya mahal. Dengan memberti tahu toko online langgananku, mereka seperti tidak mendapat kesia-siaan menghubungiku.

Sepertinya, kini saatnya harus berbelanja kembali.

Sebenarnya, aku tidak menyukai istilah “berbelanja”. Isitlah itu membuatku terbayang pada sosok ibu-ibu yang berbelanja ke pasar. Apakah aku seperti ibu-ibu? Aku adalah seorang jomblo yang sedang berjualan. Jadi, aku tidak menyukai bahwa aku berbelanja. Aku lebih menyukai “membeli stok pulsa dan vocer kuota internet”. Agak susah memang. Tetapi, paling tidak, pengucapan ini diterapkan untukku sendiri.

Masalah membeli saldo pulsa dan kuota internet vocer, aku sering dirugikan oleh pihak suplier. Bukan dalam rangka curang, tetapi mereka dalam rangka seperti “bodoh”. Ya, aku menyebutnya istilah “bodoh”. Mengapa? Mereka selalu salah dalam perhitungan. Memang, kesalahan mereka bukan dalam perhitungan saja. Tetapi salah dalam perhitungan untuk vocer yang dibeli. Ya, intinya, mereka salah dalam hal angka-angka matematis. Untungnya, aku selalu menyimpan nota pembelian. Ini cara terbaik dalam bisnis pulsa dan kuota internet. Ketika sampai di rumah, aku menghitung kembali hasil perhitungan si suplier. Hasilnya, sering mengalami kesalahan, seperti sudah nasibnya berkelakuan bodoh. Tidak tanggung-tanggung, hampur 90.000 tidak dimasukkan dalam bentuk saldo pulsa.

“Keuntungan Pertama Bisnis Pulsa Dan Kuota Internet Ketika Selalu Singkron Antara Pengeluaran Uang dan Produk Yang Masuk”

Jadi begini ceritanya.

Aku ingin memberikan satu contoh dalam pembelian pulsa dan kuota internet vocer. Aku membeli saldo pulsa dan kuota internet vocer dengan membawa uang misalnya 1000.000. Pertama-tama, mereka menghitung pembelian kuota internet vocer dan menjumlahkan semuanya. Hasilnya misalnya 356.000. Uniknya, mereka meminta uang 400.000 untuk pembayaran vocer. Cara yang mereka lakukan adalah jumlah uang pembayaran sekitar 400.000 dikurangi 356.000 dengan hasil 44.000. Uang 44.000 akan digunakan untuk pembelian saldo bergabung dengan uang 600.000 yang belum dipakai. Total saldo yang akan didapatkan adalah 44.000 + 600.000 = 644.000. Menurutku, ini cara perhitungan yang unik dalam bisnis pulsa dan kuota internet. Padahal, simpel, mereka bisa melakukan teknik pengurangan 1000.0000 ꟷ 356.000 = 644.000. Cara mereka melakukan perhitungan sebenarnya tidak menjadi masalah. Masalahnya, mereka sering melakukan kesalahan. Jadi, kalau aku tidak menghitung kembali kebenaran perhitungan mereka, aku bisa rugi. Ini salah satu contoh kesalahan.

Kesalahan mereka bukan merugikan aku sendiri. Mereka pun bisa mengalami kerugian akibat kesalahannya. Salah satu dari mereka pernah salah memberi vocer. Seharusnya memberi vocer 3 GB 15 hari, ia memberi vocer 3 GB 30 hari. Jelas, mereka pun bisa rugi akibat kebodohannya.

Kok bisa disebut “mereka” dalam melakukan kesalahan? Karena kesalahan itu dilakukan oleh lebih dari dua orang. Sepertinya, mereka satu keluarga yang memiliki kondisi otak yang sama, sama-sama sulit dalam perhitungan matematika. Aku tidak bisa menyebut mereka sengaja karena kebingungan mereka tampak sekali.

Pertanyaannya, apakah mereka melakukan ke beberapa orang lain juga?

Karena kesalahan mereka sudah bisa membuat rugi, sekalipun kecil, aku selalu menghitung kembali ketika sampai ke rumah. Ini cara terbaik menghindari kerugian akibat ulah penjual grosiran khususnya penjualan pulsa dan kuota internet, baik disengaja atau tidak.

Sampai di konter seperti biasa, aku membeli vocer terlebih dahulu sebelum kuota internet fisik atau vocer fisik. Aku membeli kuota internet dalam bentuk vocer. Biasanya, vocer kuota internet tri dan axis yang dibeli. Di samping kedua itu yang paling laku, masa aktif vocernya pun lama, sekitar 4 bulan. Sebenarnya, vocer indosat dan xl ingin aku beli. Tetapi, karena masa masa aktif vocernya hanya 1 bulan, aku tidak membelinya. Jadi, selama ini aku hanya membeli vocer kuota internet Axis dan Tri. Setelah pembelian kuota internet fisik, aku membeli saldo pulsa. Pembelian sesuai sisa dari pembelian vocer kuota internet. Jumlah sisanya terkadang jauh lebih kecil dari pembayaran untuk vocer kuota internet tetapi lebih sering lebih banyak jumlah saldo daripada kuota vocer alias vocer kuota internet.

“Kejujuran Dalam Bisnis Memang Harga Mati”

Dengan perasaan malas, sebenarnya aku memasrahkan diri dalam perjalanan pembelian saldo pulsa dan kuota internet fisik alias vocer fisik kuota internet. Dalam perjalanan, aku merenung mengenai aktifitas harianku dalam penjualan pulsa dan kuota internet. Dalam perenungan, aku memantapkan diri lagi mengenai niatku berjualan untuk kebutuhan ibadah juga. Sebagai penjual, terkadang melupakan sejenak mengenai niatku berjualan ketika mengalami kerugian. Ah, hal yang wajar bisa aku kecewa ketika mendapatkan kerugian. Namun, aku selalu menata diri dengan niatku berjualan sambil mencari ridho Gusti Allah.

Penjualan yang paling merugikan adalah penjualan pulsa. Sekalipun cara bisnis pulsa pulsa sudah benar, si pembelinya yang tidak bener. Kondisi lupa nomer yang kadang membuatku merugi. Aku menganggap bahwa memikirkan cara bisnis pulsa saja kurang sempurna. Hal ini perlu didukung oleh ingatan si pembeli. Tetapi, ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara melakukan pencatatan di buku nomer. Aku tidak memiliki buku pencatatanan nomer. Ini dianggap kesalahan. Tetapi, aku tidak memperdulikannya. Tetap saja, kerugian di beberapa hal bisa saja terjadi seperti gangguan server, salah tulis nomer dari nomer yang sudah ditulis sekalipun dan yang lainnya. Ya, inilah fakta yang kadang dialami para penjual pulsa.

“Semua Bisnis Ada Potensi Kerugian”

Sebenarnya, penjualan vocer kuota internet juga pernah rugi. Hal ini karena masa aktif vocernya hanya berlangsung 1 bulan, kurang lebih. Ya, masa aktif vocer Axis waktu itu ada perbedaan masa aktif. Pada awalnya, aku selalu membeli vocer kuota internet secara online yang memiliki masa aktif 4 atau 6 bulan. Namun karena kepepet, aku membeli vocer di konter langganan. Waktu itu, belum tahu masa aktif yang sebenarnya. Aku pikir sama masa aktifnya. Ternyata, masa aktif vocernya di luar dugaanku. Padahal, aku membeli banyak untuk vocer yang pembeliannya jarang. Hasilnya, di akhir-akhir masa aktif, aku membanting haga jauh lebih murah. Jelas, cara seperti ini sebagai cara darurat dalam bisnis daripada benar-benar rugi dalam bisnis vocer kuota internet. setelah kejadian merugi ini, aku tidak pernah lagi merugi untuk penjualan berikutnya mengingat masa aktifnya sudah berubah menjadi 4 bulan.

Akhirnya, rumah sudah terlihat setelah lama berjalan kaki. Memang, aku selalu berjalan kaki. Prinsip pebisnis pulsa kecil-kecilan tentu harus memikirkan biaya transportasi. Untungnya seberapa sih dari bisnis pulsa dan kuota internet rumahan sepertiku? Apakah aku harus menaiki motor yang menghabiskan biaya bensin? Tidak bukan? Mungkin, jalan kaki menjadi solusi tersendiri walaupun pada kenyataannya aku tidak bisa mengendarai motor dan tidak memiliki motor.

“Bang, ditungguin dari tadi. Darimana sih bang?” keluh salah seorang yang diduga santri Al-Inaroh Buntet Pesantren.

Ia ditemani beberapa temannya. Sepertinya, ia ingin membeli pulsa. Kebetulan ini hari jum’at, kesempatan santri untuk memanfaatkan ponsel di pondoknya.

“Iya, ini habis saldo pulsa dan vocer kuota internet.”

Aku bergegas masuk agak berlari kecil, jalan cepat, untuk menyegerakan membuta pintu konter. Setelah terbuka, beberapa santri tadi berhamburan menuju depan konter. Mereka membeli pulsa dan kuota internet. Ada juga yang berniat membeli aksesoris, lebih tepatnya membeli cashing smartphone.

“Melayani Pembeli Pulsa Dan Kuota Internet Dengan Cara Teliti”

“Mau beli apa?” tanyaku.

“Pulsa bang, 10 ribu aja.”

“Aku vocer.”

“Bang, bang, ada casing ponsel Oppo Neo 7 gak?”

“Oppo yang Neo 7 gak ada. Bentar-bentar. Ini yang mau beli vocer, vocer kuota internet apa?”

“Tri BM 3gm bang.”

Aku mengambil vocer tri BM 3 GB terlebih dahulu sebelum melayani penjualan pulsa. Ini cara yang tepat dalam bisnis pulsa dan vocer kuota internet mengingat yang lama diproses harus belakangan.

“Pulsa sepuluh ribu ya?”

“Iya bang.”

“Nomernya berapa?”

“087776888999,” jawabnya.

Aku tulis dengan teliti nomer. Setelah itu, aku mengulang kembali dengan menyebutkan nomer yang sudah ditulis. Pembeli pun mengiyakan yang artinya tidak ada yang salah.

Seharusnya, aku memiliki buku catatan nomer. Nantinya, si pembeli menulis nomer sebelum ditulis untuk pengiriman pulsa. Karena tidak memiliki buku catatan nomer, artinya si pembeli tidak menuliskan nomernya, kadang aku mengalami kerugian. Hal ini karena kesalahan si pembeli yang tidak fokus pada nomernya. Kalau sudah menjadi kesalahan pembeli, aku sendiri yang bertanggungjawab mengingat tidak ada bukti bahwa si pembeli melakukan kesalahan. Aku pun tidak memiliki bukti bahwa aku melakukan hal yang benar. Aku tidak bisa berbuat apa mengingat tidak memiliki buku catatan nomer.

Pengiriman selesai. Menunggu beberapa detik, informasi berhasil datang.

“Ya, masuk.”

“Berapa?”

“Dua belas ribu.”

“Mensyukuri Hasil Bisnis Pulsa dan Kuota Internet”

Selesai sudah transaksi. Para santri pun pergi. Aku harus beristirahat. Cape sekali berjalan kaki setiap hari untuk kebutuhan berbelanja eh pembelian saldo pulsa dan kuota internet vocer.

Cara bisnis pulsa sebenarnya terhindar dari masa basi atau kadaluarsa. Keuntungan sebenarnya lumayan, sekitar 1000 sampai 1500. Asalkan banyak penjualan setiap harinya, katakanlah 50 transaksi, ini sudah memperlihatkan keuntungan yang besar sekitar 50.000 per hari. Tentunya, si penjual harus memperbanyak modal untuk pembelian saldo agar bisa melayani 50 transaksi dengan variasi nominal pulsanya. Tetapi, bila sudah terkena kesalahan pengiriman yang mengakibatkan kerugian, bisa saja 50.000 atau lebih melayang menghilang dalam sehari.

Begitu juga cara bisnis kuota internet dalam bentuk vocer, penjualanya masih tetap mudah. Sekarang, pembelian kuota justru menyaingi pembelian pulsa. Kebutuhan internet membuat para pembeli lebih memilih membeli kuota internet. Biasanya, kartu perdana atau vocer fisik kuota internet yang dianggap berharga murah. Jadi, walaupaun memiliki masa aktif selama 6 bulan, penjualannya bisa habis sebelum masa aktif habis.

Kategori: Buku Bercerita

No comment for Cara Bisnis Pulsa Dan Kuota Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Cara Bisnis Pulsa Dan Kuota Internet

Saranghaeyo, Mbak Cantik

Posted at Juli 7, 2019

Ada banyak warna seputa cerita cerpen. Cerita cerpen cinta biasanya yang mendominasi topik atau tema sebuah cerita cerpen. Salah satu cerita cerpen seputar cinta... Read More

Cerpen “Clara”

Posted at Juli 6, 2019

Aku menghadirkan cerpen fiksi “Clara”. Menurut kamu, dalam cerpen fiksi ini, cerita tentang apa yang dihadirkan? Hm… Pastinya kamu belum tahu. Aku membaca dan... Read More

Persiapan Pernikahan Sederhana Tanpa Resepsi Untuk Dinda

Posted at Juli 1, 2019

Cerita fiksi Persiapan Pernikahan Sederhana Tanpa Resepsi Untuk Dinda melengkapi cerita fiksi sebelumnya, dalam arti masih berkaitan dengan tema cinta. Cerita fiksi dibuat setelah... Read More


error: Content is protected !!