HOME

9 Cara Membuat Puisi Bebas Untuk Buku Cerita

Posted at April 25th, 2019

Apakah anda setuju keberhasilan menulis membuat puisi adalah ketika sudah bisa dikembangkan dalam bentuk cerita seperti cerpen dan novel? Bila anda setuju, lalu apakah anda sudah bisa membuatnya? Menulis membuat puisi untuk pengembangan cerita memang sulit. Hal ini pernah saya alami. Padahal, menulis membuat puisinya saja sulit, apalagi puisi ini dikembangkan menjadi sebuah cerita pendek. Bisa jadi cerpen dikembangkan lagi menjadi buku cerita alias novel. Tetapi pada intinya, anda harus setuju bahwa menulis membuat puisi memang diperuntukkan untuk kebutuhan membuat cerpen. Artinya, puisi bisa menjadi inspirasi cerita pendek dan buku cerita. bila setuju, anda tinggal berusaha untuk menulis membuat puisi untuk hal ini.

Apakah anda mau mendapatkan informasi seputar cara menulis membuat puisi. Mungkin anda belum mengerti adalam hal ini. Tetapi, saya pun tidak memahami betul bagaimana cara membuat puisi khususnya puisi bebas apalagi puisi untuk kebutuhan membuat buku cerita. Tetapi, saya akan mencoba berbagi sesuai pengalaman saya bagaimana cara menulis membuat puisi jika anda mau mendapatkan informasi ini.

Berikut cara menulis membuat puisi secara khusus puisi bebas yang kebutuhannya sebagai inspirasi cerita pendek atau buku/novel.

Menulis Membuat Puisi Bebas

Puisi yang bisa dikembangkan atau menjadi inspirasi cerita fiksi kemungkinan harus puisi bebas. Ya, saya pun membuat puisi dengan puisi bebas. Puisi bebas sendiri adalah puisi yang tidak terikat rima, irama dan bait tertentu dalam menulis membuat puisi. Puisi bebas mengharuskan si penulis menulis sebebas mungkin semaunya. Tetapi, sifat puisi sendiri adalah bebas tafsir. Jadi, anda harus membuat puisi yang kaya makna.

Dalam menulis puisi bebas, anda bisa berpikir liar tanpa mengharuskan aturan-aturan pembuatan puisi sambil mengkayakan makna di tiap baitnya yang bertujuan untuk membangun puisi yang kaya cerita. Memang, anda sulit menuis membuat puisi yang bisa menghadirkan multitafsir. Tetapi, upaya ini harus dihadirkan dengan berfokus pada pemilihan kata alias diksi. Diksi ini sebagai perwakilan untuk menghasilkan pikiran bebas tafsir. Makanya, anda berfokus pada puisi bebas agar anda bebas menentukan pemilihan kata sebagai upaya menghasilkan multitafsir.

Menulis Membuat Puisi Berasal Dari Pengalaman Yang Paling Menarik

Anda tidak perlu menulis membuat puisi bebas dengan target pengalaman yang standar. Kalau sekedar menulis membuat puisi bebas saja, ini tidak menjadi persoalan mengingat tidak ada pengembangan ke tahap penulisan cerita. Tetapi, anda menulis membuat puisi bebas untuk kebutuhan menulis cerita, apalagi buku cerita. Artinya, pembuatan puisi semacam sebagai sinopsis atau kerangka alur yang akan dikembangkan menjadi cerita panjang. Bila seperti ini, anda harus mengambil pengalaman menarik sebagai bahan membuat puisi bebas. Hal ini bisa memudahkan dalam menulis membuat puisi dan membuat cerita.

Menulis Membuat Puisi Bebas Mematuhi Unsur Instrinsik Cerita

Pembuatan intrinsik cerita dalam puisi bebas memang sulit. Tetapi setidaknya, anda mengupayakan ini. Sesuai pengalaman saya, pertama, saya memasukkan pendahuluan sebagai penggambaran latar atau lainnya. Setelah itu, saya memasukkan konflik dipertengahan sebagai alur yang akan di tempuh. Apakah ada klimaks? Tidak ada. Secara, puisi terlalu singkat untuk menjelaskan klimaks. Hanya saja, di bagian terakhir, saya memberikan kalimat penutup yang masih terkesan mengambang atau pemberian pandangan sebagai arah sebuah klimaks.

Harus Terus-Menerus Menemukan Alur Yang Bagus

Menulis membuat puisi memang sulit juga dalam membuat alur. Biasanya, sering sekali melakukan revisi. Tetapi, hal ini wajar sebagai upaya menemukan alur yang tepat di tengah banyaknya pengalaman. Anda harus mengulang-ulang terus bila memang belum puas dengan alur yang sudah dibuat. Bahkan, anda akan mengulang-mengulang kata yang tepat. Bila melakukan pemilihan kata, berarti ada upaya berubahan tafsiran dan tentunya alur. Jadi, bila menemukan hal yang tepat gambaran alur atau tafsiran menurut anda, anda harus merubah-rubah terus.

Tujuan Menulis Membuat Puisi Bebas Harus Berjalan

Sejatinya, anda memang bertujuan menulis membuat puisi walaupun ada tujuan lain yakni membuat cerita dengan bantuan puisi. Anda harus memiliki tujuan ini. Apakah anda akan tidak menganggap pada puisi yang sudah dibuat? Anda harus menganggap bahwa anda membuat puisi. Anda berkarya membuat puisi sekalipun bisa digunakan untuk kebutuhan menulis cerita. Dengan demikian, anda berkarya dua sekaligus yakni puisi dan cerita. Bila seperti ini, anda harus tetap maksimal dalam karya menulis membuat puisi dan juga membuat cerita.

Jadikan Puisi Bebas Tetap Sebagai Inspirasi Menulis Cerita

Artinya, anda tidak mematok standar menulis cerita berdasarkan puisi bebas yang sudah dibuat. Apalagi, anda harus membuat buku cerita yang kepanjangan ceritanya mungkin keluar dari standar alur dan konflik yang sudah anda pikirkan. Di samping itu, prinsip puisi lebih ke bebas tafsir sehingga kemunculan variasi cerita bisa terjadi. Anda harus kreatif berdasarkan inspirasi dari puisi bebas yang sudah anda buat.

Menulis Membuat Puisi Harus Panjang

Bagaimana bisa sebagai inspirasi cerita bila anda menulis membuat puisi bebas yang pendek? Memang, sebagai inspirasi, anda bisa menulis membuat puisi yang pendek. Tetapi, inspirasi bukan sekedar tema cerita yang diambil dari puisi. Anda sudah paham penjelasan di atas? Menulis membuat puisi mengharuskan dalam perumusan alur cerita yang di dalamnya ada makna konflik. Kalau menulis membuat puisi bebas yang pendek, anda tidak bisa membangun alur. Namun, panjang menulis membuat puisi bebas tidak mengharuskan sepandan dengan cerita fiksi mini. Terpenting, menulis membuat puisi bebas dianggap selesai dalam hal yang kebutuhannya untuk menulis cerita.

Langkah Terbaik, Anda Bisa Membuat Puisi Cinta

Paling mudah menulis membuat puisi jika berhubungan dengan dunia cinta. Maka dar itu, tugas menulis membuat puisi yang berkepentingan untuk cerita harus mengambil topik seputar cinta. Anda bisa mencoba menulis membuat puisi dengan tema selain cinta. Anda bisa merasakan perbandingannya, lebih mudah mana. Maka, bila lebih merasakan kemudahan dalam menulis puisi bebas tema cinta daripada yang lain, lebih baik anda menulis membuat puisi cinta.

Namun, biasanya, puisi bebas tema cinta lebih indentik dengan dunia cinta pacaran. Tragis memang. Tetapi, itulah fakta yang banyak terjadi. Mereka akan menulis membuat puisi bebas dengan tema cinta yang hubungannya dengan dunia pacara. Bila memang itu yang lebih memudahkan dalam membuat puisi bebas tema cinta, anda bisa memilih itu.

Tetapi, apakah anda harus terjun dalam dunia pacaran? Nah, untuk masalah ini, anda tidak perlu terjun dalam dunia pacaran. Terpenting, anda mengetahui apa saja aktifitas dalam dunia pacaran, baik dari teman atau televisi. Atau, anda merasakan sendiri bagaimana jatuh cinta pada lawan jenis. Hal ini bisa menjadi bahan dalam menulis membuat puisi cinta dunia pacaran.

Tetapi, sebenarnya, menulis membuat puisi cinta tidak mengindentikkan diri ke dalam dunia pacaran. Susunan kalimat puisi tetap berdasarkan kecintaan secara umum, baik untuk pacar, suami/istri atau lainnya. Memang, ada puisi-puisi tertentu yang lebih mengindentikan pada dunia pacaran seperti memuat kata “pacar”, “tidak direstui orang tua”, “masa sekolah” dan sebagainya. Begitu juga puisi yang lebih mengidentikkan pada suami-istri, ada puisi yang memuat “istri”, “suami”, “anak” dan sebagainya. Sebagian besar memang bebas identitas dalam pengungkapan cinta di dalam puisi.

Berikut beberapa tema puisi cinta yang mungkin banyak dicari dan ditulis:

  • Puisi cinta islami
  • Puisi cinta sejati
  • Puisi cinta romantis pendek
  • Puisi cinta sedih
  • Puisi cinta dalam diam
  • Puisi cinta romantis untuk pacar tersayang
  • Cara membuat puisi cinta untuk pacar
  • Cara membuat puisi patah hati

Contoh Puisi Bebas Bertemakan Cinta Dan Ceritanya

Alangkah baiknya, saya memberikan contoh puisi bebas yang bisa untuk kebuuthan membuat cerita. Saya pun akan memberikan hasil jadi cerita yang terinspirasi dari puisi yang saya buat. Hal ini untuk memberikan penegasan mengenai apa yang sudah ditulis saya di atas bahwa menulis cerita berdasarkan puisi bisa dilakukan. Bila saya sendiri bisa melakukan menulis cerita berdasarkan puisi, anda pun bisa melakukannya.

Bagaimana contoh puisi dan ceritanya? Berikut.

Untuk cerpen, bisa lihat di elbuyz.blogspot.com/2011/09/cerpen-mawar-berdarah.html

Kategori: Menulis Buku

No comment for 9 Cara Membuat Puisi Bebas Untuk Buku Cerita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to 9 Cara Membuat Puisi Bebas Untuk Buku Cerita

Cara Bisnis Pulsa Dan Kuota Internet

Posted at Juli 9, 2019

Sudah dua tahun lebih, sepertinya, aku menjalankan bisnis pulsa dan kuota internet sampai aku memahami selut-beluk bagaimana cara bisnis pulsa dan kuota internet. Tetapi,... Read More

Menulis Kalimat Efektif Tunggal Majemuk Untuk Cerita

Posted at Mei 20, 2019

Di sini akan menjelaskan mengenai cara menulis kalimat efektif untuk kepentingan membuat cerita, baik kalimat tunggal atau kalimat majemuk. Pembahasan ini mendasarkan pada kecenderungan... Read More

Cara Membuat Sinopsis Buku Cerita Untuk Pemula

Posted at April 27, 2019

Apa sih sinopsis dan bagaimana cara membuat sinopsis buku cerita untuk pemula? Sinopsis adalah gambaran besar yang berisi detail-detail pembahasan cerita. Detail-detil ini yang... Read More


error: Content is protected !!