HOME
Home » Menulis Buku » Cara Membuat Sinopsis Buku Cerita Untuk Pemula

Cara Membuat Sinopsis Buku Cerita Untuk Pemula

Posted at April 27th, 2019 | Categorised in Menulis Buku
menulis sinopsis

Apa sih sinopsis dan bagaimana cara membuat sinopsis buku cerita untuk pemula? Sinopsis adalah gambaran besar yang berisi detail-detail pembahasan cerita. Detail-detil ini yang akan ditulis dalam sinopsis, sekitar 1 halaman. Sinopsis berisi detail-detil mengenai tokoh, alur, konflik, dan lainnya. Ini pengertian standar, sederhana yang bisa anda pahami. Bila sudah paham, anda harus mengerti bahwa sinopsis seperti ini dilarang dipublikasikan ke publik. Mengapa? Lah, kan anda sudah mengerti.

Sinopsis dibuat dan dibutuhkan untuk pengiriman naskah buku cerita ke penerbit. Anda harus mengirim sinopsis sebagai proposal pengiriman naskah. Penerbit akan memeriksa naskah anda berawal dari sinopsis. Dari sinopsis inilah, naskah anda bisa diterima atau ditolak. Maka dari itu, anda harus membuat sinopsis dengan baik dan detail. Tentunya, membuat sinopsis sesuai keaslian naskah yang sudah anda buat. Ini menandakan sinopsis awal sebelum pembuatan naskah tidak berlaku. Anda harus membuat ulang sinopsis setelah naskah selesai bila ada perubahan cerita.

Karena harus detail, sinopsis buku cerita fiksi jangan sampai dipublikasikan. Mengapa sinopsis jangan dipublikasikan? Bagaimana pembaca mau membaca karya anda jika gambaran besar detail-detail sudah diketahui? Apalagi, anda menjelaskan pada tahap akhirnya, bagaimana pembaca mau mendapat kejutan ending bila sudah dijelaskan? Nah, anda harus menyembunyikan sinopsis di depan publik.

Untuk memudahkan pembahasan, buku cerita yang sebagai target pembahasan cara membuat sinopsis adalah buku novel. Bisa saja selain novel seperti komik atau lainnya. Berikut pembahasan selanjutnya mengenai cara membuat sinopsis buku cerita alias novel.

Memahami Dahulu Perbedaan Antara Membuat Sinopsis dan Resensi Buku Cerita

Bila tidak boleh dipublikasikan ke publik, bagaimana dengan resensi buku cerita? Resensi dan sinopsis buku cerita memang hampir sama. Perbedaannya, resensi ditulis orang lain, kalau sinopsis ditulis oleh si pemilik karya. Peresensi buku cerita pun berpendapat sesuai pemahaman dan tafsiran dirinya walaupun menghadirkan pemikiran sistematis berdasarkan unsur intrinsik cerita. kedetailannya pun tidak jauh berbeda. Jadi, hampir tidak ada bedanya antara resensi dengan sinopsis buku cerita.

Makanya itu, anda tidak perlu mempromosikan resensi buku cerita karena mereka akan mengetahi isi dari cerita. Apalagi, peresensi sudah pasti akan menjelaskan konflik dan endingnya. Tetapi, siapa sih yang bisa melarang seseorang membuat resensi buku cerita alias novel? Siapa juga yang mau meresensi novel anda? Anda dan siapapun tidak bisa melarang. Hanya saja, anda tidak perlu menyuruh penulis resensi untuk menuliskan resensi buku novel anda.

Baca: Cara Membuat Resensi

Pemula Harus Banyak Belajar Membuat Sinopsis Cerita Tanpa Naskah

Biasanya, pemula langsung menulis cerita tanpa jelas arahnya ke mana. Daripada berlelah-payah menulis tanpa arah yang jelas, lebih baik pemula belajar membuat sinopsis cerita. Apakah membuat sinopsis cerita dianggap mudah? Kebanyakan pemula mengatakan sulit. Hal ini dibuktikan dengan aktifitas mereka yang langsung menulis cerita. Kesulitan membuat sinopsis pun diperparah dengan ketidaksingkronan dalam penulisan cerita. Antara sinopsis cerita dengan penulisan cerita seolah bentrok yang membuat si pemula sulit menulis. Walau demikian, pemula harus banyak belajar menulis sinopsis cerita dengan berusaha menerapkan dalam bentuk tulisan cerita. Pemula bisa memulai dengan cara memulai membuat sinopsis cerita pendek sebelum ke novel.

Apakah masih sulit membuat sinopsis? Anda bisa melihat di tulisan Cara Membuat Puisi Bebas. Di situ, saya menjelaskan bagaimana puisi bebas yang singkat bisa digunakan sebagai inspirasi membuat cerpen dan bisa juga novel alias buku cerita. Puisi bebas bisa dijadikan semacam sinopsis yang memuat alur, penokohan, sudut pandang, dan lainnya. Tentunya, anda tidak mengharuskan membuat puisi bebas. Anda bisa membuat sinopsis sesingkat puisi yang akan dikembangkan menjadi cerpen. Memang, sinopsis harus detail, mulai dari prolog sampai ending. Tetapi, anda bisa mengambil dari cerpen. Dari cerpen, anda bisa membuat lagi sinopsis untuk kebutuhan membuat buku cerita alias novel. Ini sebagai langkah mudah bagaimana anda belajar tentang cara membuat sinopsis buku cerita.

Pemula Harus Mencoba Menulis Cerpen Berdasarkan Sinopsis

Cara membuat cerpen berdasarkan sinopsis sebagai upaya menyingkronkan, menyelarasakan dan memudahkan menulis antara sinopsis dengan cerpen. Anda perlu mengetahui, pengalaman saya, menulis cerpen tidak mengandalkan sinopsis memiliki kesulitannya sendiri. Anda akan kesulitan menentukan arah dari sebuah cerita, dalam hal ini cerpen. Bila kesulitan membuat arah sebuah cerpen, otomatis anda membuat karya cerpen asal-asalan. Anda bisa membaca baik-baik hasil akhirnya ketika cara membuat cerpen tanpa sinopsis. Begitu juga, bagi pemula, cara membuat sinopsis tanpa terlebih dahulu menghadirkan cerita akan sulit dibuat. Sinopsis yang sudah dibuat sering tidak bisa jalan ketika sudah menulis. Maka dari itu, anda harus membuat keduanya dengan cara mengawali membuat sinopsis. Namun, anda cukup berfokus cerpen. Cerpen bisa berbentuk cerita mini atau cerita standar media masa. Membuat cerpen jauh lebih mudah dari novel. Hal ini untuk solusi menyingkronkan, menyelaraaskan dan memudahkan menulis cerita.

Memahami Betul Isi Novel Yang Anda Buat Untuk Membuat Sinopsis

Cara membuat sinopsis buku cerita berikunya adalah memahami betul isi novel yang anda buat. Sekalipun anda sudah membuat novel sesuai sinopsis awal, anda harus memahami lagi isi novel yang anda buat. Bakangkali anda lupa bahwa cerita sudah melenceng dari sinopsis. Lagi pula, pematangan isi cerita harus anda lakukan agar menghasilkan cerita yang bagus. Semakin anda memahami isi cerita yang anda tulis, anda semakin mudah membuat sinopsis baru yang akan dikirim bersama naskah ke penerbit.

Pembuka dan Penutup Penulisan Sinopsis dengan Tulisan Menarik

Cara menulis sinopsis bagian ini lebih kepada skill anda membuat sinopsis yang menarik, terlepas bagaimana kondisi cerita anda. Anda sedang berhadapan dengan penerbit yang sedang memberikan peluang penerimaan naskah. Skill menulis dan skill membuat sinopsis berpadu agar menghasilkan tulisan sinopsis yang menarik dibaca. Tentunya, merea alias penerbit akan menentukan menarik atau tidak dengan melihat kondisi tulisan pembuka anda. Biasanya penerbit akan merasa tertarik membaca lebih lanjut bila tulisan pembuka anda menarik. Jadi, anda harus membuat tulisan penutup dengan menarik juga.

Gunakan Bahasa Efektif Dalam Membuat Sinopsis

Anda harus menjelaskan isi buku cerita apa adanya. Cara melakukannya, anda harus membuat bahasa tulisan yang efektif, tidak perlu dengan bahasa yang menyusahkan untuk dipahami. Tujuannya adalah untuk memudahkan para penyeleksi memahami naskah anda. Anda harus membuat bahasa tulisan efektif menggunakan bahasa baku sekalipun buku cerita anda banyak menggunakan bahasa gaul alias nonbaku.

Cara Membuat Sinopsis Harus Berdasarkan Unsur Intrinsik Cerita

Cara membuat sinopsis harus berdasarkan unsur intrinsik cerita sebagai cara yang harus dilakukan dalam membuat sinopsis buku cerita. Saya ingin bertanya, bagaimana cara membuat sinopsis bila tidak mendasarkan pada unsur intrinsik cerita? Tentunya, anda tidak bisa membuat sinopsis. Bahkan, anda menulis cerita fiksi berdasarkan sinopsis awal yang sudah dibuat. Ini artinya, sebagai tahap penyempurnaan dalam pembuatan sinopsis, anda bisa memanfaatkan sinopsis awal sebagai bahan untuk membuat sinopsis akhir yang akan dikirimkan ke penerbit buku.

Cara membuat sinopsis memang seperti itu. Tetapi, apakah anda sudah memahami bagaimana unsur-unsur intrinsik? Nah, dengan melakukan cara membuat sinopsis yang mementingkan unsur intrinsik dan memang harus seperti ini, anda akan menemukan cara mudah dalam memahami unsur-unsur intrinsik. Bukan hanya itu, anda pun akan memahami unsur ekstrinsik yang ada dalam cerita fiksi.

Kemukakan Cerita Unik Anda Dalam Pembuatan Sinopsis

Ingat sekali lagi, membuat sinopsis dibutuhkan untuk pengiriman naskah. Sinopsis ibaratnya proposal yang biasa dibuat untuk sumbangan dan lainnya. Bersamaan dengan naskah, sinopsis dikirim ke penerbit. Dari sinopsis lah, naskah anda bisa diterima atau ditolak oleh penerbit. Maka dari itu, cara yang terbaik dalam membuat sinopsis adalah menunjukkan bahwa cerita anda unik. Anda harus menuliskan keunikan cerita anda dalam sinopsis. Dalam hal ini, anda tidak perlu merekayasa seolah-olah cerita anda unik. Bisa jadi, pada akhirnya, penerbit akan mengulas kembali naskah-naskah yang lolos seleksi di tahap sinopsis. Jadi, anda tidak perlu menuliskan sesuatu yang diklaim unik padahal faktanya tidak ada yang unik dalam naskah yang anda buat.

Bagaimana cara menulis keunikan bila buku cerita alias novel tidak memiliki keunikan cerita? Anda harus merelakan menulis apa adanya. Tetapi, biasanya, penerbit memiliki selera cerita unik tersendiri. Maka dari itu, catatan penting dalam cara membuat sinopsis adalah anda mengungkapkan gambaran besar alias tema sebuah cerita yang anda buat, apaadanya. Pembahasan ini masuk dalam bagian membuat resensi berdasarkan unsur intrinsik. Dengan memuat gambaran besar cerita, bisa jadi naskah anda diterima oleh penerbit karena keunikan cerita anda versi penerbit. Ingat, anda keunikan cerita anda sebenarnya ditentukan sepenuhnya oleh penerbit walaupun anda memiliki cara pandang unik tersendiri.

Sampai di sini, apakah anda paham cara membuat sinopsis buku cerita khusus untuk pemula?

Tags :

No comment for Cara Membuat Sinopsis Buku Cerita Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Cara Membuat Sinopsis Buku Cerita Untuk Pemula

Menulis Kalimat Efektif Tunggal Majemuk Untuk Cerita

Posted at Mei 20, 2019

Di sini akan menjelaskan mengenai menulis kalimat efektif untuk kepentingan membuat cerita, baik kalimat tunggal atau kalimat majmuk. Pembahasan ini mendasarkan pada kecenderungan penulis... Read More

9 Cara Membuat Puisi Bebas Untuk Buku Cerita

Posted at April 25, 2019

Apakah anda setuju keberhasilan menulis membuat puisi adalah ketika sudah bisa dikembangkan dalam bentuk cerita seperti cerpen dan novel? Bila anda setuju, lalu apakah... Read More

Cara Belajar Menulis dan Membaca Cerita Untuk Anak

Posted at April 8, 2019

Apakah anda pernah memikirkan bagaimana anak menulis dan membaca? Hal ini yang akan menentukan bagaimana belajar menulis dan membaca cerita untuk anak. Menurut anda,... Read More

Pengertian Menulis Secara Umum Menurut Ahli

Posted at September 25, 2018

Pengertian menulis memang bisa diartikan agak banyak. Namun, bila pengertian menulis dijelaskan, hal ini bisa menjadi beberapa jalur yang berbeda. Tentu, dua jalur ini... Read More

Jurus Jitu Menulis Buku Cerita Anak Bagi Pemula

Jurus Jitu Menulis Buku Cerita Anak Bagi Pemula

Posted at September 19, 2018

Memasuki era milenium saat ini, profesi menulis buku bukan saja untuk mereka yang gemar menulis melainkan siapa saja bisa menjadi penulis buku, termasuk buku... Read More


error: Content is protected !!