HOME

Cara Membuat Tema Blog Terbaik

Posted at Desember 25th, 2018

Banyak orang membuat blog berurusan dengan tema. Maka dari itu, membuat tema blog menjadi penting sebelum mengembangkan blog. Membuat tema blog bukan berarti sekedar memilih tema yang akan dijadikan blog. Tema yang sudah ditentukan harus ditampilkan di dalam blog sebagai judul, deskripsi yang memenuhi unsur SEO. Memang, ada sebagian blog tidak mencantumkan tema blognya seperti blog gado-gado. Bila berurusan dengan tema membuat blog maka tidak ada urusan dengan blog gado-gado. Tema blog berurusan dengan blog spesifik, blog yang seperti halnya buku.

Maka dari pembahasan tema blog ini, saya akan membahas bagaimana membuat blog untuk penulis khususnya penulis buku cerita. Silahkan anda pahami dahulu pembahasan membuat tema blog.

Tema Spesifik Vs Tema Umum

Ada kisah dari mentor SEO saya, Ricky Pratama, yang saya ambil dari situs pribadinya yaitu Trikmudahseo*. Ia menceritakan kisah teman, katakan saja Si Rojul, yang mau membangun situs portal berita. Seperti yang anda tahu, atau mungkin anda belum tahu, bahwa situs portal lebih kepada situs yang berisi berbagai tema.

Karena berbentuk situs portal, situs milik teman Ricky akan dibangun berbagai tema informasi. Misal saja situs portal kesehatan maka akan diberi berbagai macam tema seputar kesehatan seperti paru-paru, jantung, ginjal dan berbagai macam penyakitnya.

Apakah salah membangun situs portal? Tidak ada yang salah dalam hal ini. Untuk itu, perlu simak kembali ceritanya.

Si Rojul tersebut memiliki ambisi membangun situs yang akan menghasilkan trafik kunjungan luar biasa banyak, melimpah. Dengan demikian target yang harus dilakukan adalah membuat 30 kategori tema dengan niche/spesifik yang berbeda dalam situs. Belum lagi membuat niche atau tema spesifik per kategorinya. Ini memang proyek kelas dunia yang sebenarnya bagus.

Namun menurut Ricky, pembangunan situs portal yang dilakukan temannya dianggap salah. Kenapa dianggap salah? Proyek situs kelas dunia kok dianggap salah. Pasti bukan pada pembangunan situsnya tetapi pada cara pembangunannya.

Jelas. Yang salah adalah benar-benar pada cara membangunnnya. Proyek 30 kategori tema tetapi dikerjakan sendirian saja. Bagaimana bisa? Mengerjakan 30 kategori sama saja dengan mengerjakan 30 situs. Apakah sanggup bila kasus ini ada pada anda? Waw, bisa jadi anda akan angkat tangan.

Proyek situs portal yang memang memiliki variasi tema memang pekerjaan para tim. Bisa jadi 30 tema terdiri dari 30 penulis dan 30 marketer online yang mengurusi di masing-masing tema.

Jadi wajar bila situs portal menghasilkan kunjungan yang luar biasa karena tim dibalik layar pun sangat banyak. Bila situs portal menghasilkan 300 juta per bulan, maka masig-masing tim akan menghasilkan 3 juta dan sisanya untuk pemilik.

Kenapa satu situs yang memiliki 30 tema yang berbeda sama saja seperti memiliki 30 situs? Karena Google menghitung signifikansi atau nilai penting pada kata kunci di dalam website. Ini berkaitan pada pemilihan kata kunci yang dianggap penting dengan melakukan pengulangan di dalam website.

Jika ada website yang juara satu di Google memiliki pengulangan kata kunci sekitar 2000 kali di semua halaman (terutama halaman artikel), maka bila ingin memenangkan persaingan harus membuat pengulangan lebih dari itu pada kata kunci yang ditarget. Misal kata kunci “resep masakan” dengan pengulangan sampai 2000 kali. Untuk memenangkan persaingan, harus lebih dari itu dalam pengulangan kata kunci tersebut.

Bagaimana bila memiliki berbagai niche dalam satu website/situs yang salah satunya seputar tema “resep masakan”? Anda bisa bayangkan sendiri, betapa pusingnya mengurus satu niche apalagi 30 niche yang berbeda.

Prinsip niche adalah seperti proyek para penulis buku. Bila anda mau membuat situs niche, perhatikan saja pekerjaan para penulis buku. Jarang sekali buku yang membahas tema global seperti “Kumpulan Info” “Kumpulan Tips Berbagai Ilmu”.

Bila mau mau mengembangkan niche, perhatikan juga perkembangan buku dalam 1 niche atau spesifik tema. Anda perhatikan tema kesehatan pada semua buku. Anda akan melihat antar penulis saling berbeda pembahasan seputar tema kesehatan.

Ini menandakan, hanya berfokus pada 1 niche bisa dikembangkan menjadi banyak niche.

Rata-rata, blogger besar berfokus pada satu niche atau spesifik pembahasan. Ini bisa anda tiru bagaimana seharusnya membangun blog besar.

Cara Mudah Mencari Ide Tema Blog

Saya menyarankan untuk mengembangkan spesifikasi tema. Dan spesifikasi tema harus berdasarkan rangkaian kata kunci, baik 1 atau 3 kata kunci. Hal ini untuk menyesuaikan dengan prinsip mesin pencari Google. Nantinya ada rangkaian pencarian situs informasi sebagai sumber informasi. Cara ini cukup ampuh mempermudah mendapatkan ide tema blog bahkan sampai pengembangannya.

a. Cara Mencari Spesifikasi Tema Berdasarkan Kata Kunci

Misal anda mau membahas blog seputar tema “kesehatan” atau tema “sehat”. Ingat, perhatikan rangkaian kata sebagai tema blog. Untuk itu, Anda harus mencari tema spesifik dari kata kesehatan atau sehat. Misal anda sudah mendapatkan spesifikasi tema dengan kata Cara Menjaga Kesehatan atau seputar Cara Hidup Sehat. Secara pembahasan pun, kata kunci spesifik sudah bisa memberikan batasan artikel yang akan dibahas.

Bila sudah menemukan tema spesifik, missal tema Cara Hidup Sehat, anda bisa mencari sub tema apa yang melengkapi tema utama anda. Anda bisa menerka-nerka bila pembahan ini hal yang baru. Bila anda sudah mendalami seputar kesehatan, bisa jadi anda langsung menuliska point-poinnya. Namun di sini cara pandang saya adalah cara pemula yang belum memahami suatu tema namun ingin memahaminya.

Berikut sub tema atau disebut tema pendamping untuk tema utama Cara Hidup Sehat:

  • Diet sehat
  • Olahraga kesehatan
  • Makan/makanan dan minuman sehat
  • Aktifitas sehat
  • Dan sebagainya.

Untuk lebih mempermudah mencari tema utama atau pendamping, anda bisa menggunakan Google Keyword Planner. Dalam hal ini saya mencari dengan menggunakan kata kunci “sehat”. Berikut kumpulan ide tema pendamping:

  • Cara Hidup Sehat
  • Makanan sehat
  • Diet sehat
  • Hamil sehat
  • Tidur sehat
  • Gigi sehat
  • Kulit sehat
  • Rambut sehat
  • Mata sehat
  • Olah raga sehat
  • Wajah sehat
  • Kesehatan wanita

Tema pendamping dan tema utama di atas pun masih bisa dikembangkan lagi untuk kebutuhan judul artikel. Contoh saja mengenai tema “diet”, maka bisa menjelaskan khasiat buah untuk diet, sayuran untuk diet yang beraneka ragam. Bisa juga membahas cara memproduksi atau mengolah makanan yang baik untuk berdiet, dan sebagainya. Contoh tema diet sehat saja bisa bervariasi.

Nah, bila anda sudah menemukan ide tema utama dan pendamping, saatnya mencari sumber informasi. Jangan menjadi diri pribadi yang anti dengan berbagai sumber dan lebih memilih berdasarkan pengalaman. Anda harus mencari walaupun sudah menguasainya untuk memperkaya pembahasan.

Tujuan lain mencari sumber informasi adalah untuk membuat judul pembahasan di blog. Jangan meremehkan membuat judul artikel bila mau berurusan dengan persaingan di mesin pencari seperti Google.

Bagaimana cara mencari sumber informasi untuk membangun tema blog?

  • Cari berdasarkan tema utama atau judul blog yaitu dengan: Cara Hidup Sehat atau Hidup Sehat
  • Cari berdasarkan tema pendamping atau tema artikel blog yaitu dengan: Diet Sehat, Makanan Sehat dan sebagainya

Biasanya saya mencari blog berdasarkan tema/judul blog dan judul tema pembahsan. Mencari dengan judul blog untuk meriset kualitas blog sesuai target kata kunci yang sudah dipilih dan juga untuk menemukan situs referensi untuk pembuatan artikel. Bila menggunakan tema pendamping sebagai kebutuhan judul artikel, bisa dengan tema pendamping yang sudah dipilih.

Biasanya hanya mengandalkan tema utama blog sudah menapatkan situs blog yang memiliki banyak ide pembahasan sehingga anda tidak perlu lagi mencari-cari artikel.

b. Cara Mencari Spesifikasi Tema Berdasarkan Pembahasan

Untuk menemukan blog niche/spesifik berdasarkan spesifikasi pembahasan seputar tema kesehatan, maka bisa mengambil bagian kecil dari tema pembahasan seperti bagian dari tema Hidup Sehat. Anda bisa memilih tema Diet Sehat saja untuk tema utama blog. Cara seperti ini lebih mudah dalam menemukan blog niche.

Kesulitan menggunakan tema spesifik pembahasan adalah sulit untuk melakukan pengembangan namun cukup ampuh mengalahkan persaingan.

Cara yang terbaik lagi, tentu menggunakan Google Kewyord untuk menemukan variasi pembahasan seputar Diet Sehat. Hasilnya seperti ini:

  • Diet sehat
  • Makanan diet
  • Diet sehat menurunkan berat badan
  • Menurunkan berat badan
  • Menu diet
  • Obat diet
  • Diet alami
  • Diet mayo
  • Jus untuk diet
  • Dll

Kata kunci pembahasan di atas masih sulit untuk dibuat pengelompokan sub tema. Karena rata-rata masih bisa dikelompokkan pada tema Diet Sehat atau Tips Diet.

Untuk itu, anda harus benar-benar mencari blog yang konsisten dalam pembahasan diet. Anda bisa tiru bagaimana pengelompokan sub temanya. Hal ini penting untuk memudahkan pengunjung mendalami informasi.

Apakah Tema Yang Anda Pilih Tepat Untuk Anda?

Ini suatu langkah yang akan membuat anda berhenti di tengah jalan atau tetap lanjut dalam kegiatan blogging. Hal yang penting yang harus anda tanamkan adalah, “mencoba”. Tidak apa-apa mengalami kegagalan dalam memilih tema. Terpenting mencoba dan terus mencoba. Bila sejak pertama sudah menemukan tema yang tepat, bersyukurlah.

Pembahasan di sini memposisikan saya sebagai pemula banget, blogger yang terlahir dari bayi. Bila saya memposisikan sebagai orang yang ahli, tentu cara untuk pemula tidak masuk. Bila saya memposisikan sebagai pemula, tentu diharapkan semua tingkatan pembahasan bisa dibahas semua.

Langkah ini mengingatkan saya waktu pertama kali membuat blog yang berisi artikel. Sebelumnya iseng belajar membuat blog. Waktu itu, saya bingung mau memilih tema blog. Jelas bingung, karena tidak ada skill yang bisa dituliskan dan belum ada panduan yang jelas untuk membimbing saya. Karena ingin membuat blog, saya buat saja blog sejadinya.

Blog awal dengan tema “pembelajaran” sebagai pembahasan ternyata tidak tepat. Saya bingung, target pembacanya siapa? Apakah guru atau pelajar? Belum lagi kesulitan dalam membuat artikel. Plus, blog pertama tidak sesuai standar SEO dalam penulisannya.

Akhirnya blog pertama gagal berjalan. Hal ini wajar, tahap pembelajaran. Bahkan beberapa kali blog saya gagal terbangun walaupun sudah terbangun pemilihan tema yang tepat. Kenapa hal ini bisa terjadi? Yang masuk akal adalah masalah kejenuhan. Tema yang saya ambil memang selalu spesifik. Resiko tema spesifik memang bisa sulit mengalami pengembangan pembahasan kecuali berhenti membahas.

Blog terakhir yaitu di memulaibisnix.blogspot.com

Walaupun sudah mengambil tema yang tepat berdasarkan keluasan pembahasan dan juga berdasarkan skill yang saya miliki, tetap saja mengalami pergantian judul. Namun pergantian judul tidak terlalu mempengaruhi dalam kelancaran menulis. Yang menjadi masalah adalah berubahnya market secara online.

Berikut judul yang selalu diganti-ganti:

  • Memulai bisnis untuk pemula
  • Memulai bisnis rumahan online dan tips lainnya
  • Peluang usaha bisnis rumahan untuk pemula
  • Peluang usaha dengan modal kecil

Walaupun perubahan judul sekedar iseng dan tidak ada jangka waktu yang lama, tetap saja sudah mengalami pergantian. Hal ini wajar bila memang mau menarget market yang lebih luas lagi. Anda bisa melakukan hal ini bila sudah memahami bagaimana strategi SEO dan pencarian backlink.

Tentunya, pengalaman kegagalan yang saya lakukan jangan anda tiru. Karena akan membuang waktu yang banyak. Karena memiliki panduan strategi blogging, diharapkan kegagalan yang anda alami tidak membuang waktu lama. Anda bisa segera mengganti yang baru bila dirasa tidak akan bisa dalam pengembangan.

Bagaimana mengetahui bahwa blog berpotensi gagal terbangun? Tentunya memperhatikan tema dengan detail. Tepat atau tidaknya pemilihan tema bergantung perhatian anda dalam merancang pembangunan blog.

Untuk memudahkan pembahasan, sengaja saya mencontohkan dengan contoh kasus seputar Diet Sehat.

Saya sudah membahas mengenai cara menemukan tema pembahasan blog. Di sini membahas mengenai ketepatan anda memilih tema berdasarkan segi pengembangan skill, pengembangan pembahaan dan target penghasilan. Namun saya akan membahas dua hal saja yaitu mengenai pengembangan sklill dan pengembangan pembahasan. Untuk masalah penghasilan dari blog, dibahas secara khusus.

Tentunya, tema Diet Sehat berawal dari rancangan pembahasan di bawah:

  • Diet sehat
  • Makanan diet
  • Diet sehat menurunkan berat badan
  • Menurunkan berat badan
  • Menu diet
  • Obat diet
  • Diet alami
  • Diet mayo
  • Jus untuk diet

a. Pilih Tema Yang Mendukung Pengembangan Skill

Tema apa yang mendukung pengembangan skill? Kalau sudah ahli, saya rasa tidak perlu menjawab pertanyaan tersebut. Justru yang dipikirkan adalah pengembangan pembahasan dari rancangan yang sudah dibuat.

Namun di sini saya memposisikan diri sebagai pemula dan sampai sekarang pun belum ada skill yang bisa dikatakan “ahli” sehingga dalam pembahasan lebih kepada tips untuk pemula.

Di sini anda akan membahas mengenai tema Diet Sehat (pada dasarnya diet tentu sehat. Namun ada yang salah kaprah melakukan diet sehingga tidak sehat). Ada beberapa kemungkinan kenapa anda membahas diet, misalnya:

  • Membahas diet sehat karena anda sedang belajar di fakultas kesehtan atau kedokteran yang berhubungan dengan gizi tubuh.
  • Membahas diet karena ingin menempuh gaya hidup sehat dengan diet
  • Membahas diet hanya ingin menguasai tema pembahasan diet untuk penulisan.

Waktu saya membuat blog seputar diet, saya sebagai orang  yang hanya ingin menguasai pembahasan mengenai diet. Hanya karena terganggu dengan blog lain yang lebih penting, akhirnya saya menghentikannya.

Ada beberapa kelemahan bila anda hanya ingin menguasai tema pembahasan yaitu:

  • Tidak bisa dipraktekkan karena memang tidak minat mempraktekkan
  • Tidak terbangun skill seputar diet karena sekedar mengetahui informasinya saja.

Bagaimana bila sedang belajar di fakultas kesehatan dan ingin menguasai pembahasan seputar gaya hidup sehat? Tentu bagus, karena pengetahuan bisa terbangun dengan baik seputar kesehatan yang kaitannya untuk diet sehat dan menjaga kesehatan. Ada beberapa ahli yang memang mengajarkan dan menyarankan referensi kesehatan. Hanya saja, belum terbangun sebuah skill.

Yang bagus untuk dibahas dalam blog adalah pengetahuan yang disertai pengalaman. Artinya, di samping memahami seputar diet, tentu pengetahuannya diterapkan dalam keseharian. Namun kelehamannya adalah harus membuang banyak waktu hanya mencari-cari referensi yang lengkap dan juga mencari pakarnya.

Yang paling bagus untuk dibahas di blog dengan target jangka panjang, pengetahuan seseorang yang sedang menempuh fakultas kesehatan, pendalaman seputar diet dan juga mengalamalkan ilmu yang sedang dipelajari. Rata-rata yang menguasai tema diet adalah blog yang diurus pakar yang memiliki gelar sesuai akademiknya.

Catat baik-baik kondisi anda dalam menulis seputar diet untuk blog:

  • Anda tidak sedang belajar di fakultas kesehatan
  • Tidak sedang mengamalkan ilmu kesehatan dan diet
  • Tidak banyak referensi yang mendukung penulisan

Namun walaupun anda dalam keadaan seperti di atas, anda akan tetap jago dalam blogging seputar tema yang dibahas asalkan anda memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Anda menyukai tema diet
  • Memiliki beberapa blog referensi yang terpercaya
  • Siap membeli buku-buku yang berkaitan dengan diet
  • Siap membelajari dengan tekun
  • Siap rajin menulis dengan tekun
  • Siap mencoba produk diet bila diperlukan

Bila sudah menyukai suatu tema untuk dituliskan, berpotensi bisa untuk dikembangkan pengetahuannya dan pengalamannya. Asalkan tema yang anda sukai tepat yakni memenuhi standar informasi dan market.

Standar Informasi: artinya tema yang diambil berpotensi mengalami pengembangan jangka panjang

Standar Market: artinya tema yang diambil memang banyak dibutuhkan market. Artinya tema yang dibutuhkan harus bervariasi yakni untuk pendalaman informasi, pengalaman dan juga referensi pengetahuan. Bisa juga sebagai penyegaran pikiran dan perasaan.

Mungkin tema diet dan tema yang mirip dengan diet hanya seputar tips-tips yang membosankan. Ini yang banyak terjadi. Bila anda hanya membahas seputar tips, tidak terjadi pengumpulan pelanggan pembaca. Untuk itu, mau tidak mau, anda harus:

  • Menjadikan anda ahli seputar tema yang diangkat
  • Menjadikan anda ahli dalam menulis bergaya narasi, jurnalistik (bisa saja anda melakukan wawancara pada ahli diet lain, pengalaman para pecinta hidup sehat, dan sebagainya)
  • Mempraktekkan dengan maksimal baik berupa informasi yang anda tulis atau yang melengkapinya. Misal adalah mempraktekkan informasi diet. Di samping diet, tentunya melakukan praktek olahraga, gaya hidup lainnya yang sebagai pelengkapnya.

Untuk itu, sebelum terjun ke jurang yang lebih dalam, anda harus melatih penulisan di ebook Writing Therapy.

b. Lakukan Tes Menulis Tema Dalam 1 Bulan Dan 1 Tahun Ke Depan Untuk Pengembangan Pembahasan

Ini adalah tes mengukur kekuatan dalam mengembangkan tulisan. Tes ini menggunakan Teknik Menulis Salah atau Teknik Fokus Satu Kata yang sudah dijelas di ebook Writing Therapy. Bisa disertai dengan teknik membacakilat yang mampu menghatamkan buku dalam waktu singkat.

Sebenarnya anda tidak perlu melakukan teks menulis berjangka. Bila tema yang anda pilih benar-benar tepat sesuai dengan keadaan anda dan market, bisa lanjut membangun blog. Hal ini yang dialami saya dalam membuat banyak blog.

Kalaupun ada blog yang gagal berjalan dalam jangka lama, tidak membuat saya rugi karena blog tetap berjalan. Asalkan blog tetap memakai Blogger.com. Sampai sekarang, blog yang saya tinggalkan masih menghasilkan trafik kunjungan dan menghasilkan kunjungan untuk blog terbaru karena saya memasangkan iklan di beberapa blog yang lama.

Namun karena kondisi saya dan anda bisa jadi berbeda, anda menginginkan untuk mengetahui terlebih dahulu tingkat kesulitan menulis dan kemampuan perjalanan update tulisan, lebih baik melakukan tes.

Bagi pemula yang belum terbiasa menulis, bisa mengetes dengan melakukan hal berikut:

  • Melakukan kegiatan menulis salah. Paling tidak dalam satu bulan harus melakukan kegiatan ini. Apakah sanggup?
  • Melakukan kegiatan menulis fokus satu kata. Paling tidak dalam satu bulan harus melakukan kegiatan ini. Apakah sanggup? Apakah sanggup?
  • Uji coba mencari berbagai artikel sesuai rancangan pembuatan blog. Apakah sanggup?
  • Uji coba membaca berbagai tulisan, baik menggunakan teknik membacakilat atau biasa. Apakah sanggup?

Bila anda tidak sanggup fokus menjalankan rutinitas di atas dalam jangka 1 bulan, bias jadi perjalanan blog akan berhenti sebelum satu tahun.

Namun bagi yang sudah terbiasa menulis, hanya berfokus pada pemantapan kepentingan membuat blog dalam waktu jangka panjang, bukan sekedar iseng-iseng atau masih kabur mengenai tujuannya.

Kegagalan saya pada blog-blog terdahulu karena lemah dalam target jangka panjang bukan karena gagal melakukan tes penulisan. Waktu itu saya sudah bisa menulis. Salah satu blog saya yang ditelantarkan adalah blog seputar cinta. Kenapa gagal? Masih menerka-nerka sumber penghasilan, tergoda membahas blog yang lebih mendukung penghasilan dan juga mengalami kejenuhan membahas seputar cinta karena bukan bagian dari minat saya.

Bila tidak ingin mengalamai kegagalan yang banyak seperti yang saya lakukan atau sekiranya tahu bagaimana cara merencanakan blog berjangka panjang, anda bisa melakukan teks penulisan berikut:

  • Uji coba menulis judul berdasarkan rancangan pembuatan blog dan standar SEO minimal 50 judul untuk 12 bulan. Usahakan semua sub tema blog terisi dengan beberapa judul. Bisa jadi anda akan menemukan rancangan blog terbaru atau menggantinya. Apakah sanggup?
  • Uji coba menulis menggunakan teknik rewrite standar atau kreatif untuk 1 bulan. 1 bulan pertama berhasil, bulan berikutnya kemungkinan besar berhasil dengan standar 10 artikel. Bisa menggunakan teknik menulis kreasi pikiran sendiri. Apakah sanggup?
  • Kuatkan menulis 1 artikel dengan 500 kata setiap hari. Untuk mengukur apakah sanggup menulis rutin setiap hari atau tidak di bulan-bulan berikutnya. Apakah sanggup?

Apakah anda menyanggupi hal di atas? Bisa mencoba langsung. Melakukan dua langkah yang di atas saja, bisa menentukan kesanggupan membangun blog dalam jangka panjang. Terpenting sudah memiliki alasan kuat kenapa membuat blog dengan tema tertentu pilihan anda.

Menyesuaikan Tema Dengan Target Pembaca

Hal penting membuat blog agar menghasilkan kunjungan berlimpah adalah memikirkan penulisan berdasarkan standar SEO juga memikirkan berdasarkan kebutuhan pengunjung. Potensi trafik kunjungan bisa didapatkan dengan mudah lewat Google. Namun hasil kunjungan dari Google harus didukung dengan penulisan yang membuat pengunjung tertarik dan berlangganan artikel.

Di sini yang menjadi fokus pembahasan adalah penulisan artikel untuk kepuasan pengunjung.

Ada satu hal yang membuat pengunjung berlangganan blog yaitu lebih kepada pengembangan skill. Nanti akan dibahas di bawah.

a. Pilih Target Pembaca Menentukan Gaya Penulisan

Kalau anda menulis tema Tips Belajar, kira-kira pembahasannya untuk siapa? Anda bisa dibuat bingung dengan hal ini karena saya pun pernah dibuat bingung. Ada tiga target pembaca yaitu:

  • Guru
  • Pelajar sekolah
  • Mahasiswa
  • Umum

Pusing kan? Siapa yang menjamin pembaca kita dari kalangan guru karena tips yang dihadirkan adalah tips belajar? Siapa yang menjamin juga para pembaca dari kalangan pelajar atau mahasiswa karena rata-rata mereka lebih kepada inti tema belajar pada mata pelajaran dan kuliahnya daripada tips belajar secara umum. Kalaupun untuk umum, pembahasan artikel untuk target keumumannya bagaimana?

Bingung kan?

saya hanya menghadirkan contoh, bahwa menarget pembaca memang sulit. Hal ini akan menentukan jenis atau gaya penulisannya yang akan sulit juga.

Di sini akan membuat contoh kasus blog Diet Sehat. Kalau anda membuat tips Diet Sehat , siapa target marketnya?

  • Wanita
  • Pria
  • Semua jenis kelamin
  • Remaja
  • Dewasa
  • Semua umur

Namun tema diet jauh lebih mudah dalam menentukan target marketnya karena semua bisa menerima. Bila bisa menarget dua jenis kelamin, semua umur, semua keadaan sosial dan sebagainya, maka gaya penulisan bersifat umum yang sekiranya bisa diterima semua orang. Justru menarget semua kalangan akan menambah variasi artikel.

Bagaimana target market (pembaca) untuk tema yang mirip dengan Diet Sehat, yang tidak bisa dibatasi seperti halnya tema Tips Belajar? Pada intinya samakan saja bila mau fleksibel diterima banyak kalangan.

Ada contoh blog yang sebenarnya bertema untuk semua kalangan. Katakan saja blog seputar Tutorial Blog, namun karena gaya tulisannya lebih menonjolkan untuk kelas pemula yang gaul dengan bahasa alay-nya, akhirnya blog tersebut hanya menarget kalangan seperti itu; gaul dengan bahasa alay-nya. Orang yang tidak suka bahasa seperti itu beralih ke blog yang lain yang pembahasannya lebih berbobot, berwibawa, dan juga memenuhi standar penulisan.

Ada saran yang lebih penting: lebih baik menarget untuk semua orang dan memakai gaya penulisan yang umum diterima banyak orang. Semakin besar target pembaca, tentu semakin bagus.

b. Pilih Manfaat Blog Anda Untuk Pengembangan Skill Pembaca

Dalam ebook Make Money Blogging karya Herman Herman Yudiono yang mengutip pendapat Craig Valentine dalam bukunya World Class Speaking, menyatakan bahwa ada beberapa manfaat yang akan bisa didapatkan pengunjung blog yaitu:

  • Esteem more (lebih percaya diri)
  • Do more (melakukan lebih, misalnya melipatgandakan produktivitas)
  • Gain more (memperoleh lebih misalnya mendapatkan lebih banyak uang atau menjadi lebih pintar)
  • Enjoy more (lebih menikmati, misalnya lebih bahagia)

Namun manfaat termahal adalah memasukkan semua manfaat dalam blog yang menjadi satu-kesatuan untuk pengembangan skill. Ketika membuat blog bertema Diet Sehat, anda harus menyantumkan, bisa dikatakan merencanakan manfaat sebagai berikut:

  • Membuat orang gendut dan kurus menjadi percaya diri
  • Membuat orang melakukan apa yang anda tuliskan dan menjadi kegiatan keseharian seseorang. Hasilnya: bisa kurus, tubuh ideal, sehat, perut sixpack, dan sebagainya.
  • Membuat orang menjadi lebih pintar pengetahuan diet dari sebelumnya
  • Membuat orang menjadi bahagia bersama blog anda

Contoh di atas bisa diterapkan untuk semua jenis tema.

Ketika sudah ditentukan berbagai manfaat yang akan hadir di dalam blog, pertanyaan berikutnya adalah seberapa lama pembaca berlangganan pada blog anda dalam menikmati manfaat?

Di sini ada dua jenis pengembangan skill yaitu:

  • Skill jangka panjang

Skill jangka panjang lebih kepada skill profesional kerja dan bisnis yang bertujuan untuk penghasilan dan pengembangan pengetahuan (ilmu). Entah berasal dari hobi, pendidikan atau lainnya, tetap bertujuan untuk profesional karir. Contoh adalah seputar pemrograman web, tutorial photoshop, penulisan dan sebagainya.

  • Skill jangka pendek

Skill jangka pendek lebih kepada skill kebutuhan atau kesukaan yang pelaksanaannya pun tidak membutuhkan waktu sepanjang masa dan tidak membutuhkan pendalaman pengetahuan. Contoh adalah mengenai diet, kecantikan dan sejenisnya. Di sini tema diet dan sejenisnya bisa dikatakan bukan target jangka panjang terkecuali sudah masuk profesional karir; kerja dan bisnis.

Kenapa saya menjelaskan beberapa skill jangka panjang dan pendek? Untuk memberi peringatan bahwa lama atau tidaknya pelanggan berlangganan blog bergantung bagaimana kebutuhan pada informasi yang diberikan blog.

Sebagai contoh saja, blog yang memiliki potensi kunjungan terus-menerus dalam jangka lama dari pelanggan lama adalah sebagai berikut:

  • Seputar bisnis
  • Seputar tutorial web
  • Tutorial bangunan
  • Tutorial teknisi elektro
  • Seputar tutorial desain grafis
  • Seputar kuliner
  • Seputar penulisan
  • Dan sebagainya

Apa sih yang diharapkan dari blog seputar diet, kecantikan, tips belajar, dan tema-tema blog yang hanya bisa menulis seputar tips dan pengulangannya? Hanya mengharapkan pengunjung dari Google. Hampir dikatakan sedikit, sulit menghasilkan pelanggan blog. Kecuali pembahasan lebih ditingkatkan lagi untuk profesional kerja dan bisnis.

c. Buat Yang Berbeda Untuk Blog Anda Sehingga Pengunjung Blog Lain Menjadi Pelanggan Setia Anda Juga

Kalau membahas seputar ini, perlu menggunakan contoh kasus. Biasanya akan repot dipahami bila tidak menggunakan contoh kasus.

Namun sebelumnya, anda perlu pemahaman dari pakar Blogger yang satu ini yakni Herman,

“…saya mencari kompetitor blog saya dengan mengetik sejumlah frasa di Google yaitu menulis buku, cara menjadi penulis, cara menerbitkan buku, pengalaman menulis buku, cara menulis buku best seller, dan pengalaman ditolak penerbit. Di bawah ini salah satu contohnya.”

Artinya melakukan riset blog, memahami beberapa blog yang dianggap target pesaing. Dalam hal ini, cukup blog yang berada di halaman pertama saja.

Lanjut lagi Herman,

“Dari 8 blog setopik yang saya kunjungi dan analisis, saya menentukan keunikan blog saya yaitu beragam contoh yang berasal dari pengalaman saya menulis buku nonfiksi dan studi kasus (misalnya cara mudah membuat judul buku yang memikat dan cara mendapatkan testimoni dari orang ternama).”

Anda sudah paham penjelasan Herman? Apa yang di maksud dari pernyataan di atas? Yang dimaksud adalah menemukan keunikan berdasarkan pengalaman pribadi. Di samping berbeda dengan blog lain, juga harus ditopang dengan pengalaman pribadi (menyangkut skill, kebiasaan dan pengetahuan) dalam pembedaannya. Hal ini yang akan membuat pengunjung memilih blog anda sebagai langganan.

Kalau sekedar berbeda namun tidak didukung berdasarkan pengalaman pribadi, sulit menembus persaingan yang bertujuan membangun pelanggan.

Bagaimana solusi bila blogger pemula belum memiliki pengalaman?

Solusi yang harus ditekankan adalah berfokus pada keahlian menulis. Kemampuan menulis tidak hanya pandai merangkai kata tetapi bagaimana membaca informasi. Banyak sekali penulis yang berfokus mengandalkan dan menghimpun pendapat para ahli dalam satu buku sampai bukunya laris-manis dipasaran.

Namun pada intinya, bila ingin menemukan keunikan yang berbeda dengan blog lain syaratnya memang berat (blogger berpengalaman sekalipun mengalami), yaitu:

  • Banyak membaca sesuai tema dan relevansinya
  • Banyak menulis berbagai jenis tulisan

Sekarang saya akan menjelaskan mengenai contoh kasus blog. Contoh kasus blog adalah blog milik saya sendiri. Dari blog bisnis pertama (yang dianggap sukses), saya sudah menekankan misi mengenai bisnis modal kecil. Ketika melanjutkan ke blog bisnis kedua, saya melanjutkan kembali dari misi blog pertama. Artikel yang dihadirkan memfokuskan pengalaman saya dalam bisnis menggunakan modal kecil.

Mungkin anda bertanya, “Bukankah ada banyak blog yang menjelaskan hal itu?”

Betul sekali. Banyak blog yang menjelaskan bisnis modal kecil. Tetapi tidak memiliki penyusunan artikel yang sistematis, bersifat langkah demi langkah, mulai dari pencarian modal, memulai bisnis sampai dalam tahap pengembangan. Kalau di blog saya, ada kategori/label khusus yakni Memulai Bisnis yang mencoba menghadirkan langkah demi langkah memilai bisnis berdasarkan pengalaman pribadi atau pandangan para ahli.

Namun di samping menjelaskan di kategori khusus sebagai materi memulai bisnis, saya pun menjelaskan di kategori yang lain yang sebenarnya melengkapi kategori Memulai Bisnis. Bila ingin memulai bisnis, bisa membaca kategori Peluang Bisnis, Marketing Online, Blog Bisnis, dan lainnya. Namun khusus di bagian kategori Memulai Bisnis, saya menjelaskan memulai bisnis secara umum. Pemisahan kategori ini untuk memperjelas sistematika penjelasan saja agar tidak kumpul menjadi satu dan membuat pusing dalam mendalami.

Di blog saya, di samping menjelaskan bisnis untuk pemodal kecil, juga menjelaskan pengembangan bisnis menjadi besar. Namun untuk ke tahap besar hanya pengetahuan saja hasil belajar para ahli bisnis. Di sini saya menekankan prinsip Pengembangan Skill yang bertujuan menghimpun pengunjung bertahan lama menjadi pelanggan.

Apa blog bisnsinya? Bisa lihat di: memulaibisnisx.blogspot.com

Bagaimana Penghasilan Yang Akan Anda Targetkan Dari Blog?

Ingat hal ini sekali lagi! Hanya menetapkan tujuan membuat blog untuk tujuan finansial, menghasilkan uang dengan alasan mencari rizki adalah kewajiban, maka anda akan menghasilkan atau membawa berbagai tujuan berikutnya. Apa saja?

  • Berbagi ilmu: dalam dunia marketing online mengharukan membuat artikel sebagai sarana promosi produk.
  • Melakukan kepopuleran diri: dalam dunia bisnis, harus melakukan branding. Bila bisnis milik pribadi dan hanya skala kecil, maka branding yang dibangun adalah personalnya alias anda sebagai pemilik bloh.
  • Meningkatkan ilmu: berbagi ilmu secara otomatis akan menambah ide-ide pembahasan. Dalam bisnis pun membutuhkan pertambahan ilmu untuk membantu penjualan.

Jadi, kegiatan nge-blog jangan lagi tidak memikirkan hal finansial karena nge-blog bisa berbiaya mahal. Situs berlabel dakwah keagamaan sendiri menghadirkan iklan-iklan dari Google Adsense dan sebagainya. Kenapa hanya situs umum, tidak berlabel agama, malu menghadirkan blog untuk kebutuhan finansial? Malu atau tidak bisa?

Bila bukan untuk finansial dalam membangun blog, berarti penjelasan di bawah ini tidak tepat untuk anda.

a. Menentukan Jumlah Pencarian Tema Dalam Sebulan Berdasarkan Artikel Dan Judul Blog

Penjualan berdasarkan kunjungan. Tidak ada kunjungan, tidak ada penjualan. Memiliki kunjungan pun belum tentu mendapatkan penjualan. Ada blog yang sudah menghasilkan kunjungan ribuan dalam sebulan, menurut perhitungan Google Analisis, tetapi penjualan tidak terlalu banyak. Ini artinya, kunjungan yang melimpah dan tertarget penting diraih dengan cara yang benar dan maksimal.

Kunjungan ke blog kebanyakan berdasarkan kata kunci artikel atau blog yang memiliki target pencarian. Hal ini perlu diperhatikan baik-baik dalam pengaturan kata kunci. Menulis memang sah, bebas sesuka hati, tetapi jangan melupakan aturan kata kunci agar menghasilkan trafik kunjungan yang diinginkan.

Kira-kira, berapa kunjungan yang ingin anda peroleh untuk menentukan target kunjungan. Kunjungan melimpah, belum tentu melimpah dalam melihat halaman penjualan. Maka memilih banyak kunci untuk banyak kunjungan memang penting.

Menurut perkiraan, 100 pengunjung yang melihat halaman penjualan kita, maka yang membeli sekitar 1%. Berapa pembeli bila 1%? 1 pembeli. Maka bila ingin mendapat 10 penjualan tiap bulan harus menghasilkan kunjungan sekitar 1000 per bulan. Itu kunjungan untuk halaman penjualan.

Bagaimana dari kunjungan blog ke kunjungan halaman penjualan agar menghasilkan 1 penjualan? Tinggal 100 x 100 = 10.000 pengunjung ke blog agar menghasilkan 100 kunjungan ke halaman penjualan dan kunjungan tersebut menghasilkan 1 penjualan. Ya, anda harus menghasilkan 10.000 kunjungan hanya menghasilkan 1 penjualan. Namun itu perhitungan perkiraan.

Maka dari perhitungan di atas, anda bisa menentukan standar pencarian untuk blog yaitu sekitar 10.000 atau sekitar 30.000 pengunjung setiap bulan. Untuk itu, mari mencari kata kunci yang memiliki jumlah total sekitar 30.000.

Berikut kata kunci-kata kunci contoh yang bisa anda tulis untuk sumber kunjungan dengan total minimal 30.000 per bulan:

KeywordPencarian Per Bulan
Makanan untuk diet 18100
Cara diet yang benar 1600
Cara diet yang baik 1900
Tips diet cepat 3600
Makanan sehat untuk diet 3600
Buah untuk diet 8100
Tips diet alami 1600
Cara diet yang cepat 1000
Diet yang sehat 1000
Diet golongan darah a 2900
Makanan diet sehat 1300
Cara diet alami dan cepat 1900
Diet mayo 74000

Kata kunci di atas masih belum ada pemilihan. Pada intinya, anda harus memilih yang bisa untuk dituliskan sampai mencapai 30.000/bulan.

Bagaimana bila 1 kata kunci saja sudah menghasilkan lebih dari 30.000 kunjungan ke blog? Berarti anda beruntung, karena memilih tema blog yang kebetulan tepat dalam hal market.

Sebagai contoh kata kunci yang menghasilkan pencarian terbanyak menurut Google Keyword ada di Diet Mayo dengan total pencarian sampai 70.000. Maka artikel Diet Mayo yang harus diperjuangkan.

  • Buat 1 artikel utama yang membahas Diet Mayo melebihi pesaing anda,
  • Harus membuat banyak artikel diet, dan
  • Memberikan backlink internal atau eksternal untuk artikel utama Diet Mayo.

Tentunya, anda bisa mengambil kata kunci yang lain dengan aturan di atas, apapun temanya. Setiap tema harus ada beberapa kata kunci utama yang akan dibuat artikel utama mengalahkan pesaing.

Ketika artikel Diet Mayo atau artikel lainnya (dari tema lain) berhasil di halaman pertama di urutan ke 5, minimal anda akan menghasilkan -10000 kunjungan per bulan. Hal ini karena sudah dibagi-bagi dengan artikel yang berada di urutan di atas 5. Kalau menghasilkan -10000 kunjungan, otomatis masih kurang sebagai target kunjungan per bulannya.

Memang secara perhitungan angka pencarian dari data Google Keyword bisa mencapai 70.000+. Namun hasil kunjungan ke bog tidak pasti berhasil mendapatkan 70.000+ pengunjung. Untuk itu, harus menghadirkan banyak kata kunci yang bervariasi.

Anda juga harus mencari kata yang lain yang masih berkaitan dengan Diet dan Diet Sehat. Sebagai contoh saya menghadirkan kata kunci lain yang melengkapi artikel diet. Berikut kata kuncinya:

Keyword Pencarian Per Bulan
Lemak 5400
Metabolisme lemak 1900
Pengertian lemak 1900
Cara membakar lemak 1000
Fungsi lemak 2900
Cara menghilangkan lemak di perut 5400
Makanan pembakar lemak 1300
Pembakar lemak 390
Suplemen pembakar lemak 880
Membakar lemak 320
Lemak jenuh 1000
Cara membakar lemak di perut 880
Menghilangkan lemak di perut 1600
Lemak perut 880
Cara menghilangkan lemak 1000
Obat pembakar lemak 320
Sumber lemak 720
Makanan rendah lemak 720
Sup pembakar lemak 3600
Cara mengurangi lemak di perut 1000
Membakar lemak perut 480
Bakar lemak 260

Tujuan diet apa sih? Tentunya semua tema blog ada tujuannya. Salah satu tujuan diet adalah menguruskan badan. Bila seperti itu, harus ada variasi lain dalam pembahasan yaitu mengenai lemak dan pembakaran lemak. Diet bercampur kegiatan pembakaran diet akan menghasilkan pengurusan badan.

Sekali lagi, tujuan tema tidak hanya satu. Begitu juga tujuan dari tema diet tidak hanya untuk menguruskan badan. Hasil dari pengurusan badan biasanya akan membentuk perut sixpack. Tentunya, ada variasi tema berbeda dalam membahas tujuan yang berbeda. Sebagai contoh seputar sixpack.

Keyword Pencarian Per Bulan
Perut six pack 320
Cara membentuk perut six pack 140
Latihan perut six pack 70
Membentuk perut six pack 70
Foto perut six pack 20
Membuat perut six pack 70
Cara mendapatkan perut six pack 20
Cara perut six pack 30
Cara agar perut six pack 50
Cara cepat perut six pack 20
Otot perut six pack 30
Agar perut six pack 10
Cara cepat buat perut six pack 10
Latihan agar perut six pack 10
Perut six pack pria 50
Diet untuk perut six pack 10
Bikin perut six pack 20
Cara bentuk perut six pack 10
Cara menjadikan perut six pack 10
Latihan perut six pack di rumah 20
Video cara membentuk perut six pack 20
Cara cepat membuat perut six pack 50
Perut six pack wanita 50
Cara membuat perut six pack 480

Kesimpulannya, banyak artikel yang bervariasi dari kata kunci yang bervariasi akan memperbanyak jumlah pencarian dalam 1 bulan. Bila ingin melihat kunjungan yang dipastikan valid, bisa melihat di Google Analisis. Anda bisa lihat, apakah dalam 1 bulan bisa menghasilkan 30.000 kunjungan?

Bagaimana menaikkan kunjungan murni dari Google?

  • Pertambah artikel yang bervariasi dari kata kunci yang bervariasi
  • Lakukan penguatan backlink untuk homepage dan beberapa artikel utama. Dan bisa menanam backlink untuk artikel terbaru.

Berat ya menghasilkan banyak pengunjung? Memang berat. Makanya, bila hanya sekedar membangun blog tanpa target penghasilan, BISA RUGI. Kalau tidak perlu strategi blogging, tidak masalah hanya sekedar membangun blog. Namun kalau disertai strategi blogging, hanya membuang-buang waktu dan uang saja bila sekedar membangun blog.

b. Apa Produk Atau Jasa Apa Yang Bisa Anda Tawarkan?

Bagaimana hanya memiliki 30.000 pengunjung murni dari blog namun menghasilkan transaksi lebih dari 30 tiap bulan secara rutin?

Fakta mengenai blog adalah tidak semua pengunjung blog rela mengeluarkan uang untuk produk dan jasa anda. Walaupun tiap bulan menghasilkan 30.000, tapi tidak menjamin menyukai halaman pernawaran anda. Artinya, sedikit sekali potensi transaksi.

Solusinya apa?

Kalau penawaran produk digital lewat online harus memiliki prinsip, “Lebih baik menawarkan produk berkualitas dengan harga murah daripada sulit mendapatkan penjualan”. Hal ini karena produk digital membutuhkan waktu produksi hanya 1 kali. Jadi walaupun murah, kalau penjualan melimpah, tetap saja mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Kalau penawaran produk fisik lewat online harus memiliki prinsip, “Lebih baik menawarkan harga murah dengan kualitas standar daripara sulit mendapatkan repeat order.” Harga murah tidak hanya untuk produk standar. Harga murah bisa dipilih untuk produk yang memiliki keunikan, nilai kerutinan update seperti masalah fashion, kuliner, aneka kue, kerajinan yang selalu hadir dengan tampilan yang unit dan terbaru.

Kalau menawarkan jasa lewat online harus memiliki prinsip, “Lebih baik menawarkan harga murah dengan pelayanan standar daripada tidak terjadi repeat order.” Seperti yang anda tahu, kelas keumuman, kelas rata-rata jauh lebih besar pasarnya daripada kelas atas. Bila jasa yang anda berikan tidak ada spesialisasi untuk kelas atas, lebih baik tidak perlu menarget harga mahal dengan pelayanan spesial dan memuaskan. Lebih baik murah tetapi terjadi repeat order.

Apakah sudah ada bayangan bagaimana sumber-sumber penghasilan sebelum membuat blog? Dalam hal ini, jangan hanya mengandalkan satu sumber penghasilan. Membangun blog memang berat, sehingga harus dimaksimalkan untuk menampilkan beberapa sumber penghasilan.

Blog bisnis saya sendiri memiliki beberapa sumber penghasilan dan semuanya menghasilkan uang. Berikut sumber penghasilannya:

  • Kursus blogging bisnis
  • Jasa backlink SEO
  • Jasa artikel
  • Penjualan produk affiliate

Sumber penghasilan yang saya buat berhasil menghasilkan uang receh rutin setiap bulan yang lumayan untuk kebutuhan sehari-hari.

Bila anda mau menghasilkan uang seperti yang saya lakukan, seperti yang disebut di atas, pelajari materi ini dengan maksimal dan mengkonsultasikan pada saya. Khususnya mengenai penjualan program kursus, saya akan memberikan tips mudah bagi anda yang bukan ahli. Saya akan menjelaskan tips-nya di sub pembahasan berikutnya.

Di sini tidak mengharuskan anda mendapatkan kekayaan. Tetapi setidaknya bisa menambah sumber penghasilan dari sumber penghasilan secara offline.

Kalau pun ingin menjadikan anda kaya dari kegiatan blogging, maka bisa menambah strategi blogging untuk membuat blog berikutnya yang memiliki perbedaan tema. Namun membangun blog berikutnya bukan 100% murni dikerjakan anda sendiri. Anda harus memiliki 1 penulis untuk 1 blog. Cara ini yang banyak dilakukan para blogger yang berhasil mendapatkan kekayaan melimpah.

c. Lihat Pesaing Yang Sedang Menghasilkan Uang Dari Tema Blog Yang Diambil

Apakah informasi seputar diet atau tema lain bisa dijual? Pertanyaan ini sangat penting dijawab apalagi anda sudah membangun blog yang berisi informasi seputar diet atau tema yang lain.

Jangan seperti sebagian blogger yang menjual informasi gratisan yang ada di blog. Apakah anda tidak kecewa bila membeli produk informasi yang sebenarnya dari blog gratisan milik si pemilik produk? Kecewa sekali bila anda sudah berlangganan blognya.

Di sini patut ada pembedaan yang serius antara informasi gratisan yang ada di blog dengan informasi yang akan anda jual. Bila tidak ada pembedaan, bukan bisnis anda saja yang rugi, blog pun menjadi sepi pelanggan.

Kecuali anda hanya fokus bermain Adsense, baik di Google Adsense atau lainnya yang tidak ada hubungannya dalam penjualan produk informasi, anda berhak menjadi blogger bebas yang berbagi informasi sampai ke tingkat pendalaman.

Bagaimana membuat produk informasi dan menjalankan pembedaan informasi blog dan produk? Jalan satu-satunya bila anda masing bingung adalah dengan melihat pesaing. Lihat pesaing berdasarkan tema blog utama dan pendampingnya yang anda ambil.

  • Contoh Kasus Pembangunan Kursus Online Blogging

Saya bukan dikatakan pakar blogging. Saya hanya seorang praktisi blogging yang kebetulan ingin menghasilkan uang dari penjualan produk informasi. Kebetulan dalam hal ini saya sudah dikatakan lumayan mahir menulis rutin. Bila bukan pakar blogging, tentu akan sulit membuat produk informasi.

Terpenting saya sudah memiliki pengalaman yang lumayan, maka bisa menjadi modal untuk membuat produk informasi. Selebihnya yang saya lakukan adalah menggunakan teknik gabungan. Produk informasi tentu berisi informasi. Asalkan produk informasi yang saya berikan bermanfaat, bisa diterapkan walaupun diambil dari banyak sumber terpercaya, hal ini sudah menjadi produk yang “menjual”.

Dalam teknik gabungan yang saya lakukan adalah mengambil sumber informasi dari beberapa pakar atau ahli. Karena dengan menggunakan teknik seperti ini, modal uang adalah hal penting yang harus anda korbankan. Anda harus rela berkorban membeli berbagai produk informasi yang dianggap tepat dan terpercaya untuk kebutuhan materi dalam produk informasi.

Apakah dikatakan membajak informasi? Tentu tidak. Justru sumber informasi yang diambil dari beberapa pakar untuk kebutuhan referensi penulisan dan pengembangan hasil pengalaman yang sudah pernah dilakukan. Asalkan penulisannya berbeda, maka tidak dikatakan pembajakan. Bukankah ada salah satu satu tema spesifik namun memiliki banyak buku? Contoh adalah buku bisnis. Berapa buku yang membahas seputar ukm? Banyak sekali. Namun penulisannya berbeda.

Sebagai bocoran, ebook Strategi Blogging Bisnis sendiri mencontek ide sistematika penulisan dari ebook Make Money Blogging karya Herman Herman walaupun isi buku berbeda: berdasarkan pengalaman dan pemikiran saya sendiri. Hal ini sebagai ide dalam pembuatan runtutan penulisan saja. Penulisan seperti ini sah-sah saja asalkan memag benar-benar berbeda dan tidak 100% meniru sistematika penulisannya. Saya menggunakan teknik rewrite kreatif.

Bagaimana mencari produk informasi yang sebagai referensi penjualan produk?

Cara mencari produk informasi memang mudah. Bisa mendatangi toko buku. Namun yang menjadi masalah adalah, apakah tema yang akan dijadikan produk informasi memang ada penjualnya atau pesaingnya? Hal ini untuk melihat apakah layak atau tidak sebuah tema dijadikan produk informasi sekaligus untuk melihat bagaimana strategi penjualannya.

Ketika saya mau membuat produk informasi seputar “Blogging Bisnis”, saya sudah tahu beberapa pesaing. Berikut beberapa pesaing yang sudah saya kumpulkan:

  • Kursus SEO
  • Panduan Bisnis Online Pemula
  • Panduan Blogging Pemula
  • Panduan Penulisan

Bisa saja saya hanya berfokus menjual panduan SEO. Saya hanya berfokus membeli beberapa produk informasi seputar SEO dan meramunya menjadi produk informasi. Namun, saya akan melawan pesaing dengan kekuatan besar. Daripada bersaing, materi SEO dijadikan bagian dari materi yang lain sehingga saya terhindar dari pesaing yang menjual kursus SEO.

Jadi, beberapa produk pesaing dijadikan satu menjadi produk informasi yang lengkap namun dengan langkah praktis yang jelas berdasarkan pengalaman saya sendiri. Sehingga materi paket komplit bukan sekedar kumpulan materi namun sudah menjadi satu-kesatuan yang pernah saya lakukan sampai menghasilkan uang.

Alasan lain mengandalkan beberapa materi adalah untuk mengalahkan pesaing dari informasi gratisan yang banyak beredar di internet dengan kualitas yang tidak kalah bagus dengan produk berbayar.

Begini. Bila anda hanya membuat tutorial blogging, walaupun berdasarkan panduan si pakar, tetap saja produk anda akan dikalahkan dengan tutorial blogging gratisan yang banyak tersebar di internet. Banyak sekali panduan tutorial blogging gratisan yang berkualitas. Anda harus pandai meramu informasi yang lebih dari produk gratisan.

Pesaing dari produk berbayar sudah bisa anda kalahkan dengan menggunakan teknik gabungan. Anda menghadirkan berbagai informasi yang dianggap paket komplit dan juga update materi. Anda pun bisa menghindar dari persaingan dengan pengubahan kata kunci. Setiap kata kunci yang berbeda memiliki pasar yang berbeda pula sehingga anda tidak perlu bermain kekuatan dengan pesaing.

Walaupun pesaing dari produk berbayar sudah bisa dikalahkan, anda sulit membendung pesaing dari produk gratisan. Blog gratisan yang memiliki tema yang sama dengan produk anda siap melemahkan produk anda. Hal ini karena banyak sekali informasi gratisan yang saling melengkapi kebutuhan si pembaca. Asalkan bisa menguasai sistem pencarian Google, teliti, tahu banyak kata kunci pencarian, sudah bisa belajar banyak dari informasi gratisan.

Lalu bagaimana mengalahkan pesaing terberat dari kalangan blog informasi gratisan dan juga informasi berbayar?

  • Bangun Penjualan Produk Informasi Berlabel Kursus Online

Label kursus online memiliki kekuatan tersendiri dalam penjualan produk informasi. Kursus identik dengan pembelajaran yang disertai interaksi. Hal ini yang membuat mereka tertarik untuk membeli karena ada jaminan pendalaman informasi.

Tidak semua produk informasi bisa dijadikan kursus. Tetapi selama produk informasi tidak bisa dijadikan kursus, lebih baik untuk berpikir ulang menjual produk informasi. Atau, bisa menggunakan teknik penggabungan penjualan produk informasi tanpa perlu berlabel kursus online.

  • Membangun Sistematika Penulisan Untuk Pendalaman Materi

Blog gratisan adalah blog yang masih terpaku pada persaingan kata kunci untuk meraih kunjungan gratis dari Google. Hal inilah yang membuat mereka mengabaikan pendalaman berdasarkan sistematika penulisan. Fokus mereka adalah menghasilkan artikel yang banyak berbasarkan kata kunci yang ditarget. Hal ini pun menjadi catatan dalam pembuatan blog yang akan membedakan dengan informasi berbayar.

Untuk itu, anda harus membuat sistematika penulisan yang lebih mendukung dalam pendalaman materi. Seperti yang ada tahu, judul seputar Cara Memilih Topik Blog Yang Tepat, bila berbentuk artikel blog hanya dibahas sekitar 500-1000 kata. Tetapi di ebook ini, lebih dari 8000 kata. Hal ini karena menekankan pendalaman dalam materi.

  • Harga Murah

Ketika menjual informasi dalam media digital, mematok harga murah masih bisa diuntungkan bahkan bisa menghasilkan penjualan dalam jangka panjang. Bahkan mereka akan komplain bila harga mahal, “Sekedar ebook sekali cetak tanpa modal saja kok mahal banget”.

Memang, mereka yang mematok harga mahal untuk produk digital karena rawan bajakan. Tetapi, bukankah produk fisik pun rawan bajakan bahkan tidak tahu siapa pembajaknya?

  • Update Materi

Sudah dikasih harga murah, mendapat update materi pula. Enak banget yang sebagai pembeli? Ya, kenyataan ini mengenakkan anda sendiri juga. Pertama, penjualan bisa bisa melimpah, bergantung jumlah kunjungannya. Kedua, bisa berniat mencari pahala lewat pemberian informasi terbaru.

d. Strategi Artikel Marketing Blog

Ini yang penting dan jangan sampai dilupakan. Anda sudah belajar mengenai SEO? Bila sudah belajar, pasti anda akan paham maksud penjelasan pada bagian ini.

Ketika kunjungan blog hanya sekitar 30.000 bulan bahkan kurang, maka menggunakan strategi artikel marketing adalah mutlak diperlukan. Situs informasi kelas dunia, kelas besar sekalipun menerapkan strategi artikel marketing untuk menuju pada produk penjualan. Apalagi bila blog anda tergolong sepi pengunjung maka memakai strategi marketing sangat dimaksimalkan.

Apakah bisa menerapkan strategi artikel marketing? Bila tema blog anda sangat sesuai dengan produk anda, atau anda memiliki kemampuan dalam tema blog yang anda ambil, maka anda akan dengan mudah membuat artikel marketing untuk penjualan produk. Pada intinya memang tepat memilih tema blog yang kaitannya dengan produk yang dijual.

Waktu itu saya membuat tema blog seputar belajar yang menarget mahasiswa. Produk yang saya jual seputar “Membaca Kilat Untuk Mahasiswa”. Karena pemilihan tema blog tidak sesuai dengan produk yang dijual, dalam arti saya tidak memiliki keahlian dalam hal itu, akhirnya saya kesulitan membuat artikel marketing seputar produk yang saya jual. Akhirnya produk batal dijual. Tentu tidak menghasilkan penjualan (lagi pula blog sepi pengunjung).

Syarat membuat artikel marketing tentu sudah paham betul produk yang dijual. Bagaimana dengan produk affiliate program seperti dari Ratakan.com atau Clickbank? Tidak akan bisa membuat artikel marketing bila tidak menguasai materi produk. Hanya bisa membuat artikel yang sesuai tema produk yang dijual. Untuk itu, sangat direkomendasikan untuk membeli produk affiliate sebagai produk utama yang akan dijual.

Bagaimana strategi artikel marketing yang harus anda lakukan untuk membantu meningkatkan penjualan ke produk lewat blog?

  • Selalu Membuat Artikel Pembahasan Tema Yang Menjelaskan Bagian Dari Produk

Secara SEO, bila ingin memenangkan artikel tertentu, maka harus membuat artikel pembantu yang banyak sesuai tingkat kekuatan persaingan.

Misal saya ingin memenangkan kata kunci “Membuat Blog” dan “Kursus Online” untuk halaman penjualan kursus online saya. Maka saya harus membuat banyak artikel yang kaitannya dengan penguatan 2 kata kunci tersebut.

Nantinya saya memberi backlink internal dari artikel pembantu menuju halaman penjualan kursus online. Hal ini akan menaikkan point untuk halaman penjualan tersebut. Efeknya tentu akan meningkatkan pengunjung.

Di samping memberi backlink, juga sebagai arahan bahwa saya menjual kursus online. Terlebih dahulu saya menjelaskan deskripsi sebuah produk halaman kursus atau yang berkaitan dengan halaman kursus dengan teknik “Soft Selling”.

Lalu di akhir tulisan saya memberikan backlink sekaligus mengarahkan untuk proses pembelian panduan blogging dan bisnis (walaupun dalam artikel blog dituliskan di bagian atas).

  • Membuat Artikel Marketing Panjang

Penjelasan mendetail pada artikel tentu akan menghasilkan tulisan yang panjang, lebih dari 1000 kata. Tentunya tidak sekedar detail dan panjang, tetapi lebih bermuatan “Soft Selling”.

Penting sekali untuk menghadirkan beberapa artikel panjang lebih dari 1000 kata. Di samping untuk menjelaskan bagian dari produk secara detail, juga untuk memenangkan pesaingan dengan kata kunci lain yang berbeda dengan kata kunci halaman penjualan.

Bagaimana langkah membuat artikel marketing panjang?

Apakah anda sudah membaca mengenai Kerangka Menulis Artikel? Bila sudah, itulah langkah yang harus anda lakukan dalam menulis artikel marketing panjang. Anda menulis terlebih duhulu latar belakang masalah, masalah, memberikan solusi dan memberikan solusi praktis yang lebih detail lagi lewat produk.

Menurut master marketing berpengalaman, artikel marketing panjang yang detail mampu meningkatkan penjualan. Hal ini sebagai solusi bagi blog yang memiliki kunjungan yang sepi.

Bila blog anda memiliki slide, hadirkan beberapa artikel marketing di bagian slide. Dalam hal ini berkaitan dengan template blog yang anda pilih. Kalau mau meningkatkan penjualan lebih bagus lagi, hadirkan slide yang responsive (tentunya blog yang responsive). Bagaimana bila tidak ada slide? Cukup mencantumkan dalam menu atau banner saja.

Wah, pembahasan Strategi Tema Blogging panjang juga, sampai ngelantur kemana-mana…

Cara Membuat Tema Blog Sebagai Pelengkap Tema Tulisan Blog

Maksud hati saya ingin membahas seputar cara membuat tema blog dengan maksud pada tema penulisan untuk blog. Tetapi apa daya, semua pembahasan tema lebih condong ke pembahasan kerangka blog atau template. Kebanyakan pembahasan hampir tidak ada yang membahas seputar tema blog yang condong pada penulisannya. Hal ini sudah menjadi logika Google bahwa kata “tema blog” memang untuk website atau pemrogramannya.

Bila sudah seperti ini, pembahasan “cara membuat tema blog terbaik” tidak dianggap relevan bila berfokus pada penulisannya. Tentu dong, tulisan tentang “tema menulis untuk blog”-yang masih tersimpan di komputer-tidak mungkin hanya tersimpan. Tulisan lama saya harus dipublish di blog. Agar menjadi relevan, saya harus membuat pembahasan khusus tema blog yang di maksud Google.

Tetapi, biasanya, tema tulisan akan berkaitan dengan tema blog. Orang yang menyukai keserasian biasanya akan memilih tema blog yang memang sesuai dengan tulisannya. Contoh, blog seputar tema wanita. Blog seputar tema wanita biasanya berwarna pink, memiliki desain yang lebih feminim dan sebagainya.

Bila mau membuat tema blog terbaik untuk kelas pemula, anda harus memulai dari Blogspot alias CMS Blogger. Kebanyakan pemrograman handal dalam dunia template website berawal dari menguasai html dan CSS. Nah, Blogspot berfokus pada HTML dan CSS. Cukup mengetahui pembahasan HTML dan CSS, anda bisa membuat tema blog sekapipun sederhana. berbeda dengan WordPress yang berfokus pada HTML, CSS dan PHP. Pembahasan tersulit ada dibagian PHP. Jadi, cara membuat tema blog terbaik adalah dengan menggunakan Blogspot khusus kelas pemula.

Bagaimana cara membuat tema blog yang terbaik? Untuk pembahasan teknis, ini dianggap menyulitkan. Alasannya, membuat tema blog terbaik bisa memakan waktu lama. Tetapi, anda perlu memahami hal dasar dalam membuat tema blog. Hal dasar inilah yang akan mempermudah proses membuat tema blog terbaik. Berikut hal dasar cara membuat tema blog terbaik yang harus anda kuasai.

a. Hal Teknis Membuat Tema Blog Sebagai Media Tulisan

Hal tekniks membuat tema blog sebagai media tulisan memang bukan tugas seorang penulis. Tetapi, barangkali si penulis ingin memperdalam isi kode dari media blog, pembahasan sederhana di bawah mungkin cocok.

  • Menguasai Ruangan Dasbor Blogger

Bagaimana mau membuat tema blog dari Blogger bila belum memiliki blog? Bila sudah memiliki blog, otomatis anda akan melihat ruangan dasbor blogger. Inilah ruang kerja untuk mengurusi tema atau biasa disebut template (khusus Blogger). Sebelum masuk dalam editing HTML di menu Tema, anda harus menguasai apa saja yang ada di ruangan dasbor blogger.

  • Pembuatan Kerangka Dasar Tema Blog atau Website

Mengetahui kerangka dasar pada intinya adalah mengetahui dunia pemrograman HTML. Hal dasar inilah, kerangka website HTML akan terbangun. Bagaimana kerangka dasar website dari HTML? Berikut contohnya.

<html>

<head>

<title></title>

<style type=”text/css”>

</style>

</head>

<body>

</body>

</html>

  • Mematuhi Kerangka Tema Blog Blogspot Sesuai CMS Blogger

Itulah yang membuat saya kesulitan membuat blog di Blogger. Kesalahannya, pengajaran kode HTML website diterapkan di dalam pembuatan blog. Tidak akan bisa kerangka dasar HTML di atas tanpa melibatkan kerangka dasar tema alias template yang harus dipenuhi. Bagaimana kerangka dasdar tema blog di Blogger yang menggabungkan kerangka dasar HTML? Berikut contohnya.

<html>

<head>

<title>Judul</title>

<b:skin><![CDATA[/*

]]></b:skin>

</head>

<body>

 <b:section class=’header’ id=’header’ maxwidgets=’1′ showaddelement=’no’>

<b:widget id=’Tulis Atribut’ locked=’true’ title=’Posting Blog’ type=’Blog’>

</b:widget>

 </b:section>

 </body>

</html>

  • Menerapkan Tag Kondisional Tema Blog Blogger Dengan Benar

Tag kondisional Blogger adalah tag untuk mengatur tampilan sebuah widget, baik dalam CSS atau HTML. Pengaturan ini untuk menampilkan atau menyembunyikan suatu widget. Seperti yang sudah anda ketahui, blog Blogspot terdiri dari tampilan homepage dan tampilan artikel/laman. Hal seperti inilah membutuhkan pengaturan dengan tag kondisional. Berikut contoh tampilan tag kondisionalnya.

<b:if cond=’data:blog.url == data:blog.homepageUrl’>
<!– only display title if it’s non-empty –>
  <b:if cond=’data:title != &quot;&quot;’>
    <h4 class=’title’><data:title/></h4>
  </b:if>
  <div class=’widget-content’>
    <data:content/>
  </div>
  <b:include name=’quickedit’/>
</b:if>

Pembahasan berikutnya persoalan media blog dan penulisan di blog, saya akan menjelaskan di halaman berikutnya.

Baca: Theme WordPress Gratis

Kategori: Blog Penulis
Tags :

No comment for Cara Membuat Tema Blog Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Cara Membuat Tema Blog Terbaik

Theme WordPress Gratis Untuk Adsense Blog Cerita

Posted at April 18, 2019

Bagaimana pembahasan mengenai theme wordpress gratis untuk kebutuhan bisnis adsense, dalam hal ini Google Adsense, dengan menggunakan blog bertemakan cerita? Inti penting adalah kebutuhan... Read More

Kerangka Menulis Artikel “Tips Cerita” Di Blog

Posted at Maret 9, 2019

Bila belum terbiasa menulis artikel, khususnya artikel tips cerita, sangat baik bila anda sebelum menulis mengetahui kerangka menulis terlebih dahulu khusus untuk artikel di... Read More

Mendapatkan Uang Dari Blog

Menulis Di Blog: Kekuatan, Kecepatan Dan Ketepatan

Posted at Maret 2, 2019

Apakah Anda sudah siap menulis di blog setiap hari dengan maksimal, minimal 500 kata? Pertanyaan sederhana bisa menentukan apakah Anda akan serius menulis atau... Read More


error: Content is protected !!