HOME
Home » Bisnis Buku » Cara Memulai Bisnis Online “Buku Cerita” dari Nol

Cara Memulai Bisnis Online “Buku Cerita” dari Nol

Posted at Februari 16th, 2019 | Categorised in Bisnis Buku

Apakah anda sudah tahu cara memulai bisnis online buku cerita yang dimulai dari nol? Bila memulai bisnis online dimulai dari nol, anda akan memulai bisnis dari yang tidak tahu apa-apa menjadi tahu apa-apa. Dalam hal ini, anda belum tahu betul cara memulai bisnis online buku. Artinya, anda berstatus pemula dalam menjalankan bisnis buku cerita online. Anda melangkah dari nol demi mendapatkan kesuksesan dalam bisnis online.

Disini, saya akan menjelaskan secara detail mengenai cara memulai bisnis online secara umum dan cara memulai bisnis online secara khusus. Cara memulai bisnis online secara umum adalah melingkupi cara untuk menjalankan bisnis online pada umumnya yang ada di setiap bisnis online. Cara memulai bisnis online secara khusus adalah cara untuk menjalankan bisnis online yang berfokus pada produk bisnis online tertentu seperti buku. Entah cara umum atau khusus, langkah bisnis online ini mementingkan langkah dari nol. Bagi mereka yang kesulitan modal, bisa jadi cara yang akan dijelaskan cocok untuk orang yang kekurangan modal.

Alasan Pendalaman Pengertian Dan Cara Memulai Bisnis Online Secara Umum Dan Khusus

Pendalaman pengertian cara memulai bisnis online ini, baik secara khusus atau umum, untuk meluruskan apa yang disebut bisnis online atau jualan online. Hal ini perlu saya jelaskan kembali walaupun dianggap pembahasan yang basi. Di luaran sana, banyak pengertian bisnis online berjejeran. Anda tinggal pilih seputar pengertian dan cara bisnis online yang banyak beredar. Penjelasan ulang seputar pengertian bisnis online dan cara menjalankannya berangkat dari celotehan salah satu orang. Salah satu orang berkata, “Vocer gue dijual secara online, di facebook. Kalau ada yang beli, gue kirim ke rumahnya.” Maksud dari perkataan ini adalah cara jual vocer cuma untuk temen facebook terdekat secara online.

Atas dasar itulah, pengertian cara bisnis online, terkhusus cara memulai dari nol, perlu diluruskan.

Pengertian Cara Memulai Bisnis Online Secara Umum

Saya harus menjelaskan perkara “bisnis online” atau “jualan online” terlebih dahulu. Di sini, tidak semua bisnis yang dijalankan secara online sudah dianggap bisnis online. Masalah ini, banyak pemula yang salah kaprah. Mereka mengira kalau sudah online dianggap jualan online. Bukan seperti itu pengertian dan cara bisnis online. Pembahasan yang benar adalah upaya menawarkan produk secara online yang di dalamnya menarget pasar alias pengguna internet, baik skala kota atau lintas kota bahkan lintas negara. Kalau penjualan hanya berfokus pada teman, media SMS sudah bisa mewakili penjualan.

Bagaimana masalah penawaran suatu produk ofline yang diiklankan secara online? Ini juga bukan dianggap bisnis online walaupun memanfaatkan internet untuk mengiklankan produk. Biasanya, produk yang ditawarkan adalah berbentuk fisik seperti rumah. Kecuali, si pelaku memang membangun konsep situs bisnis jual-beli rumah secara online. Kalau sekedar memanfaatkan online untuk menjual rumah, ini bukan pengertian dan cara bisnis atau jualan online.

Bagaimana dengan penawaran jasa secara online? Katakanlah, anda membangun kursus bahasa Inggris ofline. Lalu anda mengiklankannya di Facebook Ads atau Google Ads dengan menarget konsumen wilayah terdekat. Bila ada yang tertarik, mereka akan mengunjungi tempat kursus sesuai alamat yang anda berikat. Sekilas, carai ini seperti mengiklankan bisnis pada umumnya. Tetapi, langkah seperti ini bukan bagian dari bisnis online. Kalau sekedar mengiklankan produk secara online, radio jauh lebih dahulu berjasa mengiklankan bisnis model seperti ini.

Maka dari itu, pengertian cara bisnis online harus memenuhi konsep bisnis, konsep penjualan yang bisa dijalankan secara online, baik jualan produk digital atau fisik. Jadi, bisnis online bukan bisnis ofline yang di-online-kan walaupun secara pengertian sederhana bisa diterima.

Pengertian Cara Memulai Bisnis Online Secara Khusus

Di sini, pembahasan sudah mengarah pada inti pembahasan tulisan ini. Tema pembahasan ini adalah “cara memulai bisnis online buku cerita online dari nol”. Pembahasan yang membuat khusus terletak pada “bisnis buku cerita”. Nah, bila seperti itu bagaimana pengertian cara memulai bisnis buku cerita?

Pengertian cara memulai bisnis online buku cerita berangkat dari cara umum pada bisnis online yaitu memiliki konsep bisnis, penjualan yang bisa dijalankan secara online. Jadi, kalau berjualan buku cerita, si penjual tidak hanya berjualan untuk teman terdekatnya saja. Si penjual buku cerita menarget pasar yang lebih luas, pasar yang sebelumnya belum dikenal siapa saja calon pembelinya. Berbisnis atau berjualan buku secara online pun tidak hanya sebatas memarketingkan, mengiklankan tanpa transaksi secara online.

Untuk memantapkan pemahaman bagaimana pengertian cara bisnis online secara umum, maka di sini akan dijelaskan pembahasan khusus spesial buku cerita agar pemula bisa memahami. Dengan memahami ini, anda bisa memulai bisnis online jauh lebih baik dari nol sekaipun. Berikut penjelasan rincian dari pengertian cara memulai bisnis online secara umum.

a. Menggunakan Media Penjualan Buku Cerita Online

Dalam memulai bisnis online, media penjualan buku cerita menjadi langkah utama agar bisa disebut bisnis online. Apakah bisnis online tidak membutuhkan media online? Secara, kemunculan dunia online dikarenakan ada media online. Tentunya, website adalah bentuk media online. Tanpa website, buku cerita tidak bisa dijual secara online.

Media apa saja? Dalam hal ini, penjual buku cerita bisa memilih apa saja, bisa sosial media atau blog. Terpenting, media bisa dijadikan media penjualan buku cerita.

b. Bisnis Online Buku Cerita Menarget Pasar Luas

Untuk apa membuka bisnis online buku cerita kalau penjualan bukunya hanya menarget orang terdekat saja? Anda tidak perlu meng-online-kan buku cerita. Anda cukup SMS, WA yang menarget teman terdekat saja. Tujuan membangun bisnis online adalah untuk menarget pasar luas. Pasar luas yang seperti apa? Seluas yang bisa dijangkau jasa kurir dengan harga terjangkau. Jadi, penjualan buku cerita secara online bisa menarget pasar luas dengan bantuan jasa kurir. Pembeli pun bisa membayar murah jasa kurir.

Walaupun menarget pasar luar, anda bisa memulai bisnis online buku cerita dengan menarget pasar teman atau orang terdekat anda. Hanya saja, ini bisa menyulitkan jika bukuꟷyang dijualꟷsudah banyak beredar di toko terdekat.

c. Transaksi Dilakukan Secara Online

Pengertian cara bisnis online buku cerita yang tepat adalah terletak pada pembahasan ini. Mengapa? Transaksi buku cerita secara online memungkinkan membeli dan membayar buku cerita seketika itu juga. Pemahaman transaksi secara online adalah ada komunikasi yang terjalin hasil kunjungan online. Tentunya, transaksi tidak harus menggunakan sistem secanggih situs marketplace walaupun hal ini dibutuhkan kedepannya. Terpenting, anda menuliskan skrip transaksi agar para pembeli memahami cara pembeliannya.

Transaksi online dalam bisnis online bisa membedakan dengan bisnis ofline yang di-online-kan. Bisnis ofline yang di-online-kan tidak memiliki cara transaksi secara online karena hal ini dilakukan secara langsung di kantor atau pertemuan.

d. Jualan Buku Cerita Online Tidak Merepotkan Pembeli

Jelas, sangat jelas, penjualan buku cerita secara online adalah untuk meringankan beban pembeli. Pembeli hanya melakukan order buku, transfer, konfirmasi pembayaran untuk mendapatkan buku cerita yang diinginkan. Bayangkan bila harus melakukan pertemuan atau mendatangi kantor, pembeli akan direpotkan. Cara seperti ini juga yang membedakan antara bisnis online dengan bisnis ofline yang di-online-kan (walaupun dalam arti sederana bisa dianggap sama).

Beberapa Target Bisnis Buku Cerita Online Yang Bukan Hanya Novel

Mungkin anda hanya berpikiran bahwa tips cara memulai bisnis online buku cerita dari nol hanya menarget penjualan buku novel. Pemikiran seperti ini salah. Pemabahan buku cerita harus diperluas. Saya membahas bisnis buku cerita akan menarget beberapa produk buku.

a. Buku Novel

Penjualan buku novel dianggap laku bila menarget secara online. Banyak penggemar buku novel dari kalangan remaja, anak sekolahan. Masalahnya, novel kurang diminati pembeliannya bila secara online menurut dugaan saya. Alasannya, pembelian secara online membutuhkan ongkos kirim di saat membeli novel sekedar hiburan.

Contoh Buku Novel Sejarah Wali Songo

b. Buku Biografi (Sejarah Individu) Atau Sejarah

Apakah buku biografi atau sejarah termasuk cerita? Kalau mengambil definisi buku cerita sesuai pembahasan di blog ini (Baca: Jenis-jenis Tulisan Cerita), buku biografi dan sejarah masuk dalam kategori buku cerita. Hanya saja, sejarah yang dimaksud benar-benar sejarah, tidak ada opini dari penulis.

Sesuai konsep penjualan buku secara online, buku biografi dan sejarah bisa berpotensi mudah terjual bila menarget untuk para mahasiswa, anak kampus, bila dijual secara online. Mereka membutuhkan referensi buku biografi dan sejarah. Hanya saja, pasarnya sedikit.

Contoh Buku Biografi Kiai Hasyim Asy’ari

c. Buku Komik

Bisnis buku komik laku dengan menarget anak-anak. Memang, anak-anak tidak akan membeli buku komik dijual secara online. Mereka belum mengerti cara membeli buku komik secara online. Tetapi, mereka dibantu orang dewasa dalam pembelian buku komik. Akhirnya, orang dewasa memborong buku: buku untuk dirinya dan adik/anak kecil. Anda bisa mempertimbangkan buku cerita berupa komik menjadi target penjualan buku anda.

Contoh Komik Sejarah Wali Songo

d. Buku Cerita Anak

Sekilas, buku cerita anak bisa disejajarkan dengan komik. Hanya saja, buku cerita anak lebih menonjolkan narasi dan dialog yang disertai gambar. Kalau komik, full gambar yang disertai dialog mengikuti alur. Perbedaan lainnya, buku cerita anak biasanya melibatkan orang tua dalam memahaminya atau si anak sendiri yang membaca. Kalau komik, anak secara mandiri bisa membaca.

e. Buku Kumpulan Cerpen

Barangkali ada penulis yang menulis cerpen yang dibukukan. Tentu, ini masuk dalam buku cerita. Kalau untuk kebutuhan penjualan buku online, buku kumpulan cerpen kurang mendapat tempat, bagi kalangan anak sekolah atau anak kuliah.

Memulai Persiapan Membuka Bisnis Online

Bagaimana persiapan membuka bisnis online? Hal ini perlu dibahas dengan memakai cara pandang pemula. Tujuannya, agar pemula bisa dengan mudah memulai bisnis online khususnya menjual buku cerita. Karena di sini berfokus menjual buku cerita fisik, pembahasan pesiapan membuka bisnis online mementingkan hal ini.

Berikut beberapa persiapan dalam membuka bisnis online khusus penjualan buku cerita.

a. Menyiapkan Jasa Kurir

Sepertinya, jasa kurir adalah persiapan paling utama untuk penjualan buku cerita secara online. Sebenarnya, prinsip penjualan online adalah melayani orang jauh. Kalau prinsipnya seperti ini, media komunikasi apa saja bisa untuk menjualan jarak jauh. Tetapi, hal ini tidak bisa terwujud bila tidak pengantar buku. Siapa lagi pengantar buku kalau bukan jasa kurir, baik dari JNE, POS dan lainnya? Anda akan direpotkan bila mempekerjakan pegawan khusus untuk pengantaran buku.

Anda bisa melihat di sekeliling wilayah rumah anda, apakah ada jasa kurir terdekat, minimal 1? Pengertian terdekat adalah tidak membutuhkan waktu lebih dari 15 menit. Pengertian deket juga adalah bila didukung marketplace (kasus ini pernah saya alami bahwa saya tidak bisa memilih jasa kurir yang lain selain JNE di situs Tokopedia. Sekalipun bisa, paket yang diterima dari JNE adalah paket oke).

Beberapa Jasa Kurir Yang Bisa Dipakai

b. Menyapkan Alat dan Bahan Pengemasan

Pengiriman jarak jauh membutuhkan pengamanan berupa pengemasan, bungkus buku. Anda tidak mungkin mengirim buku dalam kondisi telanjang. Pengamann pun tidak sekedar menutupi, tetapi juga bisa melindungi dari bantingan dan titisan air hujan. Biasanya, buku membutuhkan pelindungan plastik. Langkah ini penting diperhatikan guna mendapatkan pengamanan yang terbaik.

c. Menyiapkan Rekenik Bank Populer

Berapa rekening yang anda miliki? Rekening bank memang menjadi perhatian penting bagi para penjual online. Dari sini, para pembeli akan mengirimkan uang. Anda diharuskan memiliki rekening bank populer seperti BRI, BCA, BNI dan Mandiri. Mengapa memiliki rekening bank populer? Alasan utamanya adalah marketnya luas. Memiliki lebih dari 1 rekening pun harus dipikirkan agar menjadi luas marketnya. Transfer sesama bank jauh lebih diminati. Jadi, bila ingin mudah mendapatkan penjualan buku, anda harus memenuhi prinsip “transfer sesama bank”.

Bila masih kesulitan dalam hal bank, anda bisa mengandalkan situs marketpalce seperti Tokopedia, Shopee dan sejenisnya. Anda tidak membutuhkan banyak rekening karena semua sudah disediakan situs tersebut. Anda bisa memilih salah satu jenis bank yang sesuai dengan rekening anda.

Satu Rekening Untuk Banyak Transaksi Beda Toko

d. Membutuhkan Kedaraan Mobil dan Motor

Apakah anda akan menyediakan perlengkapan mahal ini? Mau tidak mau, anda harus menyediakan dua kendaraan ini. Mobil berguna untuk kebutuhan belanja buku sedangkan motor berguna untuk mengiriman barang ke jasa kurir. Anda tidak perlu membeli mobil mahal. Cukup mobil pick up, ini sudah bisa digunakan untuk berbelanja buku. Atau, anda sudah memiliki mobil mini bus sebelumnya.

f. Menyiapkan Media Penjualan Online

Untuk masalah ini, anda tidak perlu repot membuka toko online. Cukup menggunakan media sosial, anda bisa memulai menjalankan bisnis online. Prinsip media penjualan online adalah tempat konsumen melihat penawaran. Jadi, ada visitor dalam hal ini. Selagi media penjualan online bisa dilihat, penjualan buku bisa berjalan. Bahkan, Tokopedia dan sejenisnya bisa menjadi solusi bagi pemodal tipis.

Upaya Membangun Toko Online Yang Gagal

g. Menyiapkan Data Kontak Pribadi

Data kontak menjadi penting jika berhubungan dengan penjualan online. Memang, bila anda memanfaatkan situs marketplace seperti Tokopedia, data kontak seperti dianggap tidak penting. Pembeli sudah difasilitasi ruang komunikasi. Tetapi, rata-rata toko online terpercaya akan mencantumkan kontak pribadi, bisa nomer hp, akun sosial media atau email.

h. Menyiapkan Tempat Penyimpanan Buku

Nah, anda jangan berpikiran bahwa menyiapkan tempat penyimpanan buku tidak penting. Ketika anda sudah memiliki anak, tempat penyimpanan buku bisa melindungi dari keusilan anak. Tempat penyimpanan buku pun bisa mengamankan dari kotoran nyamuk dan sebagainya yang membuat pembungkus buku tidak rusak. Buku akan dianggap baru bila kemasannya aman dari robek (terlepas apakah buku terbitan lama atau baru).

Modal Awal Buka Usaha Toko Buku

Apakah bisa menggunakan cara bisnis online shop buku cerita tanpa modal? Di sini, penggunaan cara seperti ini tidak ada. Mengapa? Modal belanja buku saja bisa menghabiskan puluhan juta. Apalagi bila mengikuti pemahaman sederhana soal modal bisnis, penggunaan cara seperti ini dianggap tidak masuk akal. Memang, bisnis tanpa modal bisa terwujud jika anda sudah memiliki keahlian bisnis yang mampu dengan mudah menyulap uang menjadi aset.

Di pembahasan ini, yang ada hanyalah pembahasan modal awal membuka usaha toko buku. Mengapa modal awal harus untuk kebutuhan membuka toko buku? Padahal, anda bisa menjual buku satu biji asalkan banyak pembeli. Alasanya simpel: agar pembeli bisa berbelanja banyak sekali transaksi. Ada beberapa buku tipis yang memiliki keuntungan yang sama dengan buku tebal. Buku tipis inilah yang bisa berpotensi dibeli banyak. Buku tipis seperti komik bisa menjadi bagian toko online. Jadi, anda harus menyediakan modal awal untuk membangun usaha toko buku cerita. Modal awal itu digunakan untuk berbelanja buku-buku tipis sebagai uji-coba kelayakan penjualan secara online.

Apakah modal awal buka usaha hanya untuk membeli buku? Kalau selain ini ada, anda bisa menambahkan modal awal untuk yang lain. Tetapi, anda berbelanja buku sudah bisa layak jual seperti halnya berbelanja produk barang jadi lainnya.

Modal usaha berikutnya, anda bisa melakukan lebih lanjut setelah teruji penjualan bukunya. Bagaimana menguji penjualan buku secara online?

Cara Memulai Berbelanja Untuk Bisnis Online Shop Buku Cerita Dari Nol

Cara berbelanja buku memang mudah dan sulit. Mengapa ada dua pilihan? Kalau dianggap mudah, banyak buku beredar di pasaran yang bisa anda beli. Kalau diangap sulit, tidak semua buku diminati pasar dan mudah terjual. Apalagi, budaya membaca orang Indonesia dianggap kurang maksimal. Tentunya, pembelian buku cenderng sulit laku. Orang Indonesia mau membeli karena dua alasan: pilihan dan tugas. Kalau masalah pilihan, kembali ke pembahasan budaya membaca. Kalau masalah tugas, kembali kepada persoalan kebutuhan pendidikan dan karir. Nah, anda harus berfokus pada masalah kepentingan tugas dalam berbelanja buku. Bila seperti ini, anda berbelanja dengan cara sulit. Anda harus memilah-milah buku yang dibutuhkan banyak orang.

Sayangnya, anda sudah menentukan target toko online hanya pada buku cerita. Buku cerita sastra lebih sekedar buku hiburan, buku yang dibeli karena pilihan. Buku cerita sastra tidak ada yang kebutuhannya untuk tugas kecuali dalam jumlah yang sangat sedikit. Kalau pun anda menarget penjualan buku biografi atau sejarah juga, ini juga terbatas marketnya. Buku sejarah lebih serius diabaikan para pembaca buku atau pengemban tugas kecuali untuk para mahasiswa pendidikan atau sejarah.

Untuk itu, di sini akan dijelaskan secara sederhana bagaimana cara memulai berbelanja untuk kebutuhan bisnis online shop buku cerita.

a. Berfokus Pada Buku Yang Anda Pahami

Anda tidka perlu menjadi pembaca buku hanya karena membuka usaha toko buku. Terpenting, anda memahami kualitas buku yang anda lihat. Buku memiliki tingkat kualitas yang berbeda sekalipun sama-sama berbentuk novel. Bukan hanya kualitas yang dilihat, segala yang berkaitan dengan buku harus dipahami, seperti berat, harga, tahun terbit, target pembaca, dan sebagainya.

Di sini, anda harus terlebih dahulu banyak belajar soal perbukuan.

b. Manfaatkan Buku Tipis Berkualitas

Salah satu jenis buku tipis adalah komik dan buku cerita anak. Tetapi, anda jangan hanya berfokus pada komik dan buku cerita anak. Buku tipis atau juga buku saku memiliki banyak variasi tema pembahasannya. Tentunya, buku tipis ini masih berkaitan dengan buku cerita. di Gramedia, penulis pernah melihat buku-buku sejarah yang muat di dalam saku. Harganya tidak kalah dengan buku tebal. Entah mahal atau murah, terpenting buku tipis memiliki peminatnya sendiri.

Manfaat buku tipisꟷseperti yang sudah dijelaskan di atas-adalah agar pembeli bisa berbelanja banyak sekali transaksi. 1 kilogram berisi banyak buku. Bayangkan bila masing-masing mendapat keuntungan 5000 saja, berapa keuntungan bila 1 kilo berisi 4 buku? Anda akan mendapatkan keuntungan 20.000. Padahal, kalau menjual buku tebal, anda bisa mendapatkan keuntungan 10.000 karena 1 kilo cuma berisi dua buku.

Contoh Buku Tipis Sejarah Wali Songo

c. Memaksimalkan Berbelanja Buku Novel, Buku Anak dan Komik

Secara garis besar, toko online anda harus memaksimalkan penjualan pada buku novel, buku cerita anak dan komik. Walaupun tidak masuk dalam jajaran buku kebutuhan tugas, kedua buku ini pasarnya luas. Namun, cara berbelanja buku novel, buku cerita anak dan komik harus berdasarkan apa yang anda pahami.

d. Berburu Harga Diskon

Anda sering menemukan penjualan buku dengan harga antara 10.000 dan 20.000? Anda bisa memanfaatkan harga jual buku seperti ini. Ada banyak buku yang berkualitas tetapi berharga 20.000. Saya sendiri pernah membeli dengan harga 20.000. Kalau ingin dijual, anda bisa menawarkan dengan harga sesuai harga asli. Kenapa harus sesuai harga asli? Pertama, buku terkesan asli dan masih baru (dan memang buku baru). Kedua, penawaran buku masih memiliki peminat sendiri. Hanya saja, anda harus jeli memilih buku. Pemilihan harus terukur dengan mementingkan aspek penjualan.

Buku diskon sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan memikat pembeli di toko buku anda. Jadi, anda bisa menentukan harga di bawah asli juga.

Salah Satu Buku Hasil Diskon Harga 20.000

e. Dapatkan Buku Berkualitas

Bagaimana mau bisa diandalkan mendapatkan penjualan online bila menjual buku asal buku alias rendah kualitas? Ingat! Anda sedang berjualan secara online. Anda harus benar-benar memilih buku yang dibutuhkan.

Walaupun berjualan novel dan komik online, anda harus tetap mementingkan kualitas. Anda harus memahami bagaimana karakteristik buku novel dan komik berkualitas. Biasanya, buku novel dan komik berkualitas menyangkut “personal brand” yakni penulis. Solusi melihat kualitas penulis bisa dicari di Google. Penulis populer biasanya ada yang menuliskannya.

Bagaimana dengan memilih buku biografi dan sejarah berkualitas? Tentunya, anda bisa melihat bagaimana jenjang pendidikannya. Di sini, anda tidak harus memfokuskan pada jenjang pendidikan formal. Anda bisa melihat pada jenjang pendidikan kepesantrenan. Mengapa? Sejarah Islam akan mampu didalami oleh orang-orang yang paham berbagai kitab klasik berbahasa Arab.

f. Jangan Berbelanja Buku Lewat Sistem Dropship

Mungkin anda mengeluhkan masalah modal. Karena permodalan tipis, anda memilih jalur dropsip. Sistem dropship adalah sistem yang membuat reseller tidak perlu menyetok dan mengirim barang. Biasanya, pihak produsen yang membuka sistem dropship. Tetapi, masalahnya, buku dikelola produsen penerbitan. Sepertinya, tidak ada penerbit yang membuka sistem dropshop. Kalau ada penjualan buku sistem dropship, si penjual berstatus agen/distributor. Kalaupun ada penerbit atau agen membuka sistem dropship, anda akan direpotkan dalam berbelanja lintas pedagang. Untuk penjualan buku, anda tidak perlu memilih jalur ini.

Cara Mengelola Toko Buku Cerita Dengan Tetap Pertahankan Repeat Order

Disini, pembahasannya lebih kepada cara memulai mengelola toko buku dari nol. Artinya, cara mengelola diawali khusus pemula yang baru menjalankan bisnis atau penjualan secara online.

Dalam cara memulai mengelola toko online buku ini, terpenting anda tetap mempertahankan penjualan bersifat repeat order. Walaupun pelanggan tertarget tidak banyak, rutinitas pembelian bisa berjangka lama. Di sini, kehadiran anda berperan penting dalam menentukan pengelolaan toko online bersifat repeat order. Anda membangun kepercayaan dalam pengelolaan toko online.

a. Membangun Toko Online Lewat Situs Marketplace

Ada banyak situs marketplace. Jadi, anda bisa memilih salah satunya atau semua. Seperti apa yang dilakukan kebanyakan pengelola toko online, situs marketplace bisa dimanfaatkan semua atau lebih dari satu. Tetapi, jumlah ideal yang bisa dipakai berjumlah 3 situs marketplace.

Mengapa mengandalkan situs marketplace untuk memulai mengelola toko online? Tidak ada kata yang lain kecuali semua kebutuhan penjualan sudah disediakan yang cocok untuk pemula modal cekak. Di samping itu, nilai kepercayaan penjualan bisa terjamin karena ada pihak ketiga yakni dari pengelola situs marketplace yang menjamin transaksi.

Membangun toko online berarti anda melakukan perancanan pengaturan media berdasarkan prinsip SEO. Apapun medianya, anda harus berfokus pada kata kunci (keyword) tertarget. Apalagi, anda hanya mengandalkan Google dalam mencari kunjungan. Dari sini, anda mengawalinya dengan melakukan riset pasar atau biasa disebut riset keyword. Riset pasar atau riset keyword bisa anda lakukan dengan menggunakan tool. Anda harus melakukan riset pasar dengan berfokus pada spesifik kata kunci.

Alasan menggunakan situs marketplace daripada mada media sosial adalah lebih kepada efektifitas di pencarian Google. Situs Tokopedia, Bukalapak dan sejenisnya bisa anda maksimalkan dalam penyebaran kata kunci (keyword) hasil riset yang sudah dilakukan. Kata kunci bisa diseber di setiap judul dengan memberikan deskripsi.

Bagaimana cara riset pasar atau riset keyword (kata kunci)? Anda bisa membaca ini: Cara Riset Pasar

b. Jalin Komunikasi Lebih Dekat Lewat Sosial Media

Anda harus mengenalkan diri anda kepada para calon pembeli tentang anda. Memang, rata-rata pelaku online shop tidak memperkenalkan siapa diri anda. Namun,langkah efektif agar membangun kepercayaan toko online, anda harus menampakkan diri. Tentunya, anda harus membuat media komunikasi yakni dengan menggunakan sosial media.

c. Membangun Pengunjung Online Secara Maksimal

Penjualan buku novel atau komik secara online jauh lebih sulit daripada buku kebutuhan tugas seperti buku perkualiahan dan buku pengembangan karir. Nilai butuh akan buku novel dan komik lebih rendah dari buku kebutuhan tugas. Hal ini akan menghambat penjualan: bisa tidak laku atau lambat. Apalagi, target pembeli anda tidak dikembangkan, penjualan buku novel akan semakin sulit. Anda harus menarget pembeli dari kalangan pecinta buku novel dan komik. Maka dari itu, anda perlu membangun pengunjung secara online secara maksimal dengan menggunakan media blog. Sampai sekarang, media blog masih dianggap efektif dalam membangun pengunjung online.

d. Jangan Biarkan Penjualan Tanpa Harga Spesial

Manfaat buku berdiskon adalah untuk penawaran harga spesial, entah berdiskon juga atau bonus pembelian dengan jumlah tertentu. Anda harus memberikan penawaran harga spesial pada para pelanggan anda. Jangan sampai anda tidak pernah memberikan penawaran harga spesial dalam penjualan buku anda.

e. Simpan Buku Dengan Rapih Dan Tertutup

Jangan sampai buku anda tersentuh apapun yang membuat rusak dan kotor. Hal ini untuk menjaga ke-baru-an sebuah buku. Buku yang pembungkusnya sudah rusak bisa mengurangi harga. Kerusakan bisa dalam bentuk tertekuk, robek atau yang lainnya. Buku yang pembungkusnya kotor pun bisa bisa mengurangi kepercayaan walaupun dianggap masih baru (definisi baru adalah barang belum rusak). Biasanya nyamuk adalah musuh utama pengotor buku. Debu pun bisa mengotori walaupun masih bisa dibersihkan. Anda harus menjaga produk buku anda.

d. Utamakan Pelayanan Terbaik

Pelayanan terbaik penjualan secara meliputi beberapa sikap, diantaranya adalah sikap ramah, merespon cepat dan bisa dipercaya. Ketiga sikap tersebut hal yang pasti ada di semua jenis penjualan online. Masalah sikap lain, anda bisa menambahkan karena masing-masing kriteria bisnis membutuhkan sikap tertentu.

e. Membuat Skrip Operasional Toko Online

Toko online, menurut pakar online shop yaitu GM Susanto, harus melibatkan oranglain untuk tahap berikutnya. Gm Susanto merasakan kelelahan ketika belum ada yang mengurusi di tengah lakunya penjualan.

Bila sudah berurusan dengan orang lain, anda membutuhkan skrip operasional toko online agar para pekerja bisa menjalankan sesuai skrip yang dibuat. Memang, demi profesionalis penjualan toko online, tanpa pegawai pun anda harus membuat skrip operasional toko online atau biasa disebut SOP.

f. Iklankan Produk Andalan Anda Ketika Ada Penawaran Harga Spesial

Langkah ini hanya dijalankan bagi mereka yang tidak memiliki media online yang memiliki trafik kunjungan tinggi. Anda bisa mengiklankan produk buku anda ketika ada penawaran spesial. Tujuan mengiklankan adalah semata-semata demi membangun branding, menarget pelanggan baru. iklan sangat efektif menarget pelangggan baru. Dengan beriklan, penawaran harga spesial buku bisa dilakukan dengan cepat.

Begitulah langkah-langkah dalam melakukan pengelolaan toko online. tentunya, pengelolaan lain masih banyak yang belum dijelaskan.

Kesimpulan

Penjualan buku secara online bisa dijalankan dengan langkah dari nol, dengan modal tipis, tanpa perlu repot memproduksi buku secara khusus buku cerita. Hanya saja, untuk mendapatkan penjualan, anda harus berjuang keras karena penjualan buku secara online berkaitan dengan biaya ongkir dan persaingan secara ofline.

Menentukan jenis buku harus dilakukan dengan jeli, apalagi penjualan anda hany berfokus pada buku cerita. Buku sejarah menarget kalangan mahasiswa menjadi solusi terbaik mengingat masih memiliki tempat untuk kebutuhan tugas perkuliahan.

Terpenting, penjualan buku adalah repeat order. Anda harus mengelola toko online dengan mementingkan repeat order. Artinya, anda mempertahankan pelanggan anda dan melakukan pengembangan pelanggan baru.

Tags :

No comment for Cara Memulai Bisnis Online “Buku Cerita” dari Nol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Cara Memulai Bisnis Online “Buku Cerita” dari Nol

Belajar Affiliate Marketing Pemula Lewat Buku Cerita

Posted at Mei 12, 2019

Bagaimana cara belajar affiliate marketing khusus pemula yang berfokus pada penjualan buku cerita? Kalau belajar affilate marketing, otomatis ini pembahasan belajar online alias bisnis... Read More

Cara Bisnis Dropship Reseller Buku Cerita

Posted at Maret 3, 2019

Pembahasan bisnis dropship reseller buku cerita ini dibutuhkan ketika memang sudah ada, bahkan banyak, yang menjual buku dengan sistem dropship reseller. Bisa jadi untuk... Read More

Cara Penulis Buku Sejarah Bisnis Online di Facebook

Posted at Februari 24, 2019

Bagaimana cara memulai bisnis online di facebook yang pembahasannya berfokus untuk penulis buku sejarah? Cara bisnis online yang akan dilakukan memang berbeda-beda, bergantung jenis... Read More

Cara Riset Pasar Bisnis Buku Cerita Terbaik

Posted at Januari 16, 2019

Bagaimana cara yang seharusnya riset pasar untuk membangun bisnis buku milik penulis? Di sini, saya membatasi diri mengenai riset pasar untuk bisnis buku. Tentunya,... Read More


error: Content is protected !!