HOME

Mau Download Novel Gratis? Jangan Tertipu

Posted at Mei 27th, 2019
Download Novel Gratis

Saya mencoba meriset kata kunci novel gratis dan download novel gratis. Kata kunci novel gratis memiliki pencarian lebih dari 10.000 per bulan sedangkan kata kunci download novel gratis memiliki pencarian sekitar 1000-an per bulan. Tentunya, jumlah pencarian ini hanya jumlah perkiraan hasil peritungan pihak perusahaan terkait. Walaupun sekedar perkiraan, jumlah pencarian dengan hasil seperti ini dianggap cukup besar. Apalagi, kedua kata kunci tersebut memilki nilai klik Google Adsense yang besar juga. Alhasil, banyak situs yang membahas seputar masalah novel gratis atau download novel gratis.

Pertanyaannya, apakah benar ada situs yang menyediakan download novel gratis?

Persoalan Download Novel Gratis: Benarkah Ada Novel Gratis Didownload?

Memang ada situs yang menghadirkan novel gratis seperti di beberapa aplikasi berbasis Android atau iOS. Tentunya, banyak penulis yang memanfaatkan aplikasi novel gratis untuk mempuplikasikan karyanya. Pembacanya pun banyak. Antara pembaca dan penulis saling berinteraksi mengingat dalam aplikasi novel gratis tersedia kolom komentar. Untuk masalah novel gratis menghasilkan uang, ini menjadi topik yang cukup hangat. Tetapi, ini sebuah fakta dari novel gratis di jagat online. Mungkin, novel gratis ini bisa mengalahkan novel fisik berbayar yang kualitasnya sepadan atau beda tipis.

Masalahnya, apakah ada fasilitas download novel gratis di era aplikasi berbasis android dan iOS? Mungkin anda berpikir bahwa dengan melakukan download novel gratis, bisa menghemat biaya kuota dan bisa dibaca kapanpun tanpa harus membuka situsnya kembali. Cara pandang anda memang seperti kebanyakan orang. Termasuk pengalaman saya seperti ini. Memang, banyak juga situs penyedia download novel gratis. Bahkan, ada banyak situs download novel gratis membawa-bawa novel fisik yang terjual di toko buku. Apakah setega itu pemilik novel membagikan novelnya secara gratis di saat mereka sendiri berjualan novel fisik? Kebanyakan penulis tidak mungkin rela membagikan novel secara gratis di saat mereka sendiri sedang berjuang mendapatkan royalti penjualan novel fisik.

Memang, novel Dilan dan Milea sendiri ada yang dibagikan secara gratis walaupun novel fisik terjual. Untuk masalah novel Dilan dan Miela yang bisa didownload secara gratis, saya masih bertanya-tanya mengenai hal ini. Tetapi, saya berpikiran bahwa download novel gratis Dilan dan Milea secara online karena sudah tidak laku secara penjualan fisik. Kebetulan, penerbit novel Dilan dan Milea adalah Mizan. Penerbit ini memang mengurusi dalam pembuatan ebook khususnya novel. Mungkin, ebook novel Dilan dan Milea dibuat karena pasar sudah tidak melirik buku fisik novel Dilan dan Milea. Anehnya, di Play Store sendiri masih menjual ebook Dilan dan Milea. Pertanyaannya, apakah ini korban pembajakan? Bila seperti ini, ebook novel di Play Store kurang aman dalam penjualan.

Apakah ada donwload novel gratis lainnya yang senasib dengan novel Dilan dan Milea? Mungkin saja ada. Biasanya, novel yang sudah dicetak ebook seperti yang ada di Mizan. Tetapi, kebanyakan penulis tidak mungkin membagikan novelnya secara gratis jika sudah diterbitkan dan dijual kecuali sudah habis masa kontraknya dengan penerbit. Justru, novel non penerbitan yang sering berlabel download novel gratis. Bila selain itu, bisa jadi novel gratis hasil pembajakan.

Contoh novel gratis non penerbitan yang bisa anda download seperti ini.

Novel Cinta Diminati Remaja

Klik Disini: Novel Cinta Remaja

Contoh lain novel penerbitan hasil scan yang gratis untuk anda download.

Contoh novel penerbitan yang masih dipertanyakan status gratisnya, apakah hasil pembajakan lewat hack tertentu atau sengaja dibagikan gratis (walaupun yang versi berbayar masih dijual). Anda bisa mendownload di banyak tempat.

Kesimpulannya, sebagian novel penerbitan ada yang bisa di download dengan status novel seperti contoh di atas, terlepas dari status novel bajakan atau tidak. Bila anda mau, anda bisa mendapatkan novel seperti di atas. Saya tidak perlu mencantumkan link download untuk novel di atas karena tidak mendapatkan uangnya.

Apakah Situs Download Novel Gratis Menipu Pengunjung?

Dari hasil penelusuran beberapa ke beberapa situs, saya tidak banyak menemukan memberikan layanan download novel gratis. Memang, ada tombol “download” sebagai perintah untuk mendownload. Tetapi, ketika di klik, url itu mengarahkan ke situs lain yang berisi iklan-iklan yang kebanyakan tulisannya memerintahkan untuk download atau meng-klik.

Lalu apakah ada tombol download untuk novel di situs yang berisi iklan-iklan di atas? Saya mencoba menelusuri ke seluruh halaman. Ternyata, tidak ada novel yang bisa didownload di awal pembahasan. Artinya, situs download novel gratis dipastikan sebagian berbohong. Apakah ada sebagian novel gratis yang bisa di download? Setelah di telusuri lagi, tentu ada bahkan banyak novel yang gratis untuk anda download. Bahkan ada beberapa novel hasil penerbitan bisa di download secara gratis (lihat contoh di atas).

Tetapi, rata-rata situs download novel gratis bermain iklan sehingga ketika mendownload akan di arahkan ke situs yang berpotensi menghasilkan uang seperti di situs adf.ly. Maka dari itu, anda perlu hati-hati dalam mendownload. Barangkali, anda diarahkan ke situs yang membahayakan.

Bila anda mau melakukan download novel gratis, pastikan anda mengetahui bagaimana url yang benar-benar mengarahkan pada donwload novel gratis. Otomatis, anda jangan menggunakan ponsel mengingat ada iklan pop-up yang bisa mengganggu. Kalaupun tidak ada iklan, download lewat ponsel tidak mengetahui link apa saja yang bisa untuk melakukan download novel gratis. Anda bisa menggunakan laptop atau komputer untuk mendownload novel. Mungkin anda kesulitan masalah konseksi internet bila lewat laptop. Gampang, anda bisa menyalurkan koneksi internet dari ponsel ke laptop.

Apakah Penting Mendapatkan Novel Secara Gratis Hasil Download?

Sebagai penulis, anda membutuhkan banyak membaca novel. Masalahnya, anda harus membeli novel. Semakin banyak membaca buku, anda semakin banyak mengeluarkan uang. Bila ada fasilitas download novel gratis, ini bisa menjadi solusi untuk anda yang kesulitan keuangan. Masalahnya, apakah anda sanggup membaca banyak novel dengan media smartphone? Jelas, download novel gratis adalah ebook yang akan dibaca melalui smartphone atau tablet. Apalagi, ada beberapa novel yang sulit bisa dibaca lewat media smartphone.

Hal yang penting anda perhatikan adalah membaca novel jauh lebih efektif bila menggunaka media kertas. Jadi, fasilitas download novel gratis jangan menjadi bahan utama dalam membaca novel. Saya sempat mendownload beberapa novel gratis untuk dibaca lewat smartphone. Tetapi, saya tidak sanggup membaca ebook novel mengingat mata tidak kuat untuk melihat lama pada tulisan di layar menitor.

Solusi Novel Gratis Yang Lebih Dari Sekedar Download

Lalu solusinya bagaimana memanfaatkan novel gratis hasil download agar bisa dibaca sampai tuntas? Anda bisa memilih aplikasi novel yang menggratiskan untuk dibaca sepuasnya. Aplikasi yang harus anda pilih adalah aplikasi yang interaktif. Bila perlu, anda memilih aplikasi yang bisa mengomentari per paragraf atau baris tulisan si penulis. Sebagai contoh, saya memilih aplikasi Wattpad.

Tujuan dari memanfaatkan aplikasi novel gratis adalah bisa menikmati novel sambil berinteraksi. Anda memanfaatkan novel gratis untuk membangun pertemanan sesama pecinta novel atau penulis novel. Ini jauh lebih baik daripada sekedar download novel gratis.

Jadi, apakah mau mendownload novel gratis? Saya menyarankan untuk tidak mendownload. Lebih baik anda mengandalkan aplikasi novel yang sudah tersedia sistem bacaan yang tidak membingungkan. Tentunya, anda bisa menyimpan hasil bacaan lewat aplikasi tersebut. Di samping bisa membaca novel gratis tanpa perlu mendownload, anda bisa membangun interaksi antar pembaca dan penulis novel di aplikasi yang anda pilih.

Kategori: Seputar Buku
Tags :

No comment for Mau Download Novel Gratis? Jangan Tertipu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Mau Download Novel Gratis? Jangan Tertipu


error: Content is protected !!