HOME
Home » Blog Penulis » Menulis Di Blog: Kekuatan, Kecepatan Dan Ketepatan

Menulis Di Blog: Kekuatan, Kecepatan Dan Ketepatan

Posted at Maret 2nd, 2019 | Categorised in Blog Penulis
Menulis Di Blog

Apakah Anda sudah siap menulis di blog setiap hari dengan maksimal, minimal 500 kata? Pertanyaan sederhana bisa menentukan apakah Anda akan serius menulis atau tidak.

Bagaimana kondisi mental dan pikiran Anda bila dipaksa harus menulis di blog setiap hari? Ada satu hal yang membuat banyak penulis tidak sanggup menulis di blog setiap hari. Apa itu? Yaitu otak tidak siap untuk berpikir dalam tulisan. Ada beberapa faktor yang membuat tidak siap, salah satunya karena sudah disibukkan dengan berbagai hal selain menulis.

Memang banyak penulis blog yang jago-jago menulis . Sekali menulis, tulisannya dikomentari banyak orang. Namun karena disibukkan dengan banyak hal selain menulis, penulis tersebut jarang sekali memberikan artikel terbaru. Hanya bisa memberi 1 bulan sekali atau berapalah.

Jadi, disini titik tekannya bukan pada kualitas tetapi kuantitas. Urusan kualitas, bisa datang sendiri seiring membangun kuantitas. Sehingga benar sekali kita membutuhkan kekuatan dan juga kecepatan. Kekuatan tanpa kecepatan, sia-sia saja. Kecepatan tanpa kekuatan, tentu tidak bertahan lama. Harus kedua-duanya. Ujung dari itu, akan menemukan ketepatan dalam menulis, kualitas menulis.

Yes, dari sini Anda mengerti kan?

Lalu bagaimana membangun kekuatan, kecepatan dan ketepatanan dalam menulis agar bisa tetap rutin menulis di blog setiap hari tanpa harus ada beban?

Prinsipnya melatih menulis salah dan menulis fokus satu kata adalah untuk melatih kekuatan, kecepatan, dan ketepatan dalam menulis di blog. Baca terapi menulis

Kekuatan menulis berarti otot kuat mengetik, otak kuat berpikir. Masalah kecepatan, ini relatif, namun bisa diartikan dengan cepat mendapatkan ide menulis dan mengembangkannya. Masalah ketepatan, karena sudah terlatih melakukan pengembangan fokus kata, maka akan paham bagaimana menulis dengan tepat.

Selebihnya memang harus terus memperbanyak latihan menulis. Bukan hanya menulis artikel tetapi bisa dikembangkan dengan menulis cerita, puisi dan yang lainnya. Mencoba menulis berbagai jenis tulisan − sesuai pengalaman saya − cukup efektif dalam meningkatkan kemahiran menulis, dalam hal ini untuk artikel blog.

Dan perlu diingat, latihan di luar menulis pun harus dilakukan bahkan wajib. Bagian yang sering menghalangi aktifitas adalah ada gangguan pada otot ketika menulis. Jadi, dalam hal ini perlu dilatih agar tidak meraskan kelelahan ketika rutin menulis.

Sebelum membahas teknik menulis artikel di blog dengan benar, saya akan mengembangkan pembahasan tentang kekuatan, kecepatan dan ketepatan dalam menulis walaupun bisa jadi Anda sudah memahaminya.

Baca: Cara Membuat Tema Blog

Melatih Kekuatan Menulis Di Blog

Saya bisa merasakan kekuatan otot dalam menulis di blog mutlak diperlukan ketika saya sendiri mengalami kelemahan otot di bagian punggung dan dada.

Walaupun saya memiliki kelemahan otot pada area punggung dan dada ketika digunakan untuk duduk, namun otot tangan saya bisa kuat untuk aktifitas menulis melebihi kekuatan otot tulang rusuk. Yes, pada dasarnya saya kuat. Tetapi karena faktor kelemahan otot dada mempengaruhi pernafasan, otot tangan pun tidak bisa berbuat apa-apa, lemas.

Masalah kelamahan otot yang saya alami memang bukan karena kurang latihan otot tetapi ada masalah tersendiri yang sedang ditangani dokter spesialis syaraf.

Saya membayangkan, apabila kondisi badan saya kuat untuk berlama-lama duduk, saya mampu menulis ribuan kata per hari. Ibaratnya, kuat menulis ala penulis dari jasa penulis konten yang harus banyak menulis. Karena saya nyaris tidak ada kelelahan dalam mengetik dan berpikir.

Dari kelemahan inilah saya memahami bagaimana seharusnya dalam menguatkan otot untuk kegiatan menulis di blog. Faktor terpenting adalah melatih otot bagian punggung dan dada. Apakah harus berlatih duduk lama?

Begini. Semakin lama Anda berpikir sambil duduk, maka tulang punggung Anda seperti makin tertindih. Berpikir seperti sebuah beban batu, bila terus-menerus ditingkatkan beban batu itu, otomatis akan semakin berat memberikan tindihannya.

Jadi bukan melatih duduk lama. Sekuat-kuatnya duduk lama, lelah juga kan?

Jadi bagaimana seharusnya dalam melatih otot punggung dan dada? Maka Anda bisa membaca referensi olahraga beban agar tahu bagaimana menguatkan otot.

Namun seperti yang saya ketahui, ada beberapa  olahraga yang bisa menguatkan otot bagian punggung yaitu:

Joging: ketika melakukan ini, maka otot kaki yang akan bekerja. Namun akan mendapatkan kontraksi otot perut. Ketika otot perut kencang, otomatis otot punggung akan kuat. Setidaknya otot siap untuk duduk berlama-lama.

Push Up: gerakan ini titik tekannya pada otot tangan dan dada. Namun karena posisinya seperti tengkurep, maka otomatis otot punggung akan bekerja untuk menyeimbangkan gerakan push up.

Latihan Beban: latihan ini pada dasarnya untuk melatih otot tangan. Namun syarat melakukan agar otot tulang punggung terlatih mendapatkan beban, maka posisi latihannya harus berdiri. Latihan ini bisa memadatkan tulang punggung.

Bulu Tangkis: bulu tangkis bagus melatih otot tangan. Hasil dari gerakan memukul dengan cepat namun dengan beban yang ringan membuat tangan bisa terasa ringan ketika digunakan untuk berlama-lama menulis.

Masih banyak olahraga dalam melatih otot punggung dan dada agar kuat menghadapi tugas menulis di blog. Pada intinya memang Anda harus banyak olahraga terutama yang melatih kekuatan otot.

Mungkin Anda menganggap olahraga penguatan otot tidak penting. Sebagai bukti banyak penulis yang kuat menulis di blog tanpa sering beraktifitas olahraga. Namun, bila terlalu lama duduk apalagi sambil mikir tanpa diimbangi olaharaga, jantung bisa mengalami masalah dan masalah pada yang lainnya.

Saya sendiri bila kondisi fisik belum siap menulis, mengatasinya dengan jalan kaki sebagai usaha melancar peredaran darah dan oksigen. Setelah selesai dan istirahat, kondisi saya pulih kembali sehingga siap menulis kembali.

Untuk melatih menguatkan otot jari, Anda bisa melakukan Teknik Menulis Salah. Dengan sering melakukan teknik ini, otot jari akan kuat menulis. Pada dasarnya ini tidak perlu dilatih. Terpenting kuat saja otot punggung dan dadanya karena untuk kepentingan pernafasan dan kekuatan tangan.

Teknik Menulis Salah juga sebagai uji-coba kekuatan otot punggung dalam menulis. Anda bisa mengetes, apakah bisa menulis salah lebih dari 3000 kata (3 kali istirahat)? Dan bila sanggup, apakah bisa merutinkannya?

Saya sendiri belum sanggup sehingga saya belum berhasil ‘menulis benar’ lebih dari 2000 (kurang dari 2000) kata secara rutin. Pernah lebih dari 2000 kata dalam beberapa minggu, namun aktifitas fisik tidak bisa untuk hal lain, punggung terasa pegal dan juga lemas. Ketika ada aktifitas lain, hanya bisa menulis sekitar 500 atau 1000 kata setiap hari.

Ketika otot Anda kuat untuk menulis di blog, kuat juga dalam berpikir. Lemah otot dalam menulis di blog, lemah juga berpikir. Karena berpikir membutuhkan oksigen dan aliran darah. Ketika otot lemah, pernafasan bisa terganggu. Bila pernafasan terganggu, otomatis bisa mengganggu pikiran. Efeknya, malas mikir atau merasa berat menulis di blog.

Ketika otot Anda kuat dan mampu menulis artikel lebih dari 2000 kata (5 artikel @5000 kata), ada banyak keuntungan tentunya.

Kenapa Anda diharuskan bisa menulis di blog rutin setiap hari sampai lebih dari 2000 untuk kepentingan blog?

Pertama, bila Anda lelet, lama untuk bisa bersaing dengan blog senior.

Kedua, bila Anda bermain adsense, menulis  di blog setiap hari memang dianjurkan.

Ketiga, semakin cepat tentu semakin baik, karena Anda akan membangun blog baru untuk mendukung blog lama (blog dummy).

Keempat, bisa menangani banyak pemesanan ketika membuka jasa menulis artikel atau yang lainnya di blog.

Melatih Kecepatan Menulis di Blog

Apa maksud cepat dalam menulis di blog? Bukan dikatakan cepat dalam mengetik ya… Kalau cepat dalam mengetik, itu kerjaannya jasa tukang ketik. Jasa tukang ketik kan tidak perlu mikir jadi cepat. Jadi apa maksud cepat dalam menulis di blog? Cepat dalam menulis di blog adalah:

  1. Cepat mendapatkan ide menulis untuk blog
  2. Cepat dalam merangkai tulisan walau seadannya
  3. Cepat dalam memahami tulisan lain untuk dituangkan kembali dalam kegiatan menulis di blog
  4. Dan yang lainnya.

Jadi kecepatan menulis di blog erat kaitannya dengan kualitas pemikiran atau kualitas otak.

Untuk langkah ini memang sulit, tidak seperti melatih kekuatan menulis. Kadang bisa cepat dan kadang tidak, bergantung kadar tema tulisan yang akan ditulis. Bisa jadi tema cinta lebih cepat untuk dituliskan daripada tema kecantikan yang masih membutuhkan pemahaman.

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang mampu menulis di blog dengan cepat, setidaknya ada 5 faktor yaitu:

a. Kekutatan Fisik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kuat otot atau fisik bisa mempengaruhi kekuatan pikiran. Bila pikiran kuat, maka bisa dengan mudah cepat dalam menulis di blog karena sudah ada dukungan dari pikiran. Lemah berpikir, tentu saja bisa lambat dalam menghasilkan tulisan.

b. Kesehatan Fisik

Fisik sedang sakit misal demam, tentu akan mengurangi kecepatan. Bukan hanya mengurangi kecepatan, tetapi juga kekuatan.

Untuk masalah ini, memang menjaga kesehatan adalah yang terbaik. Tentunya dengan melakukan aktifitas penguatan fisik dan makan yang sehat sempurna.

c. Kadar Informasi

Semakin banyak memiliki informasi yang sudah dimengerti, maka akan semakin mudah dalam menulis di blog. Bila mudah dalam menulis di blog, tentunya bisa dikatakan cepat.

Mengatasi hal ini tentu memperbanyak membaca. Anda bisa melakukan 2 teknik membaca yang sudah saya jelaskan di atas.

d. Kondisi Pikiran

Agar tidak mengalami kebingungan, saya hanya membatasi pada konsentrasi dan kebugaran pikiran. Sering sekali penulis mengalami kesulitan berpikir apalagi menulis ketika konsentrasi terganggu atau pikiran sedang mengalami kelelahan. Kalau sulit berpikir sama saja lambat dalam menulis di blog.

Mengatasi hal ini sangat efektif bila disertai alat bantu dengan mendengarkan audio Brainwave Alfa-Theta. Silahkan dengarkan audio itu ketika sedang lelah berpikir atau gangguan konsentrasi.

Mendengarkan musik juga bisa mengganggu konsentrasi untuk sebagian orang. Ada baiknya untuk sejenak tidak mendengarkan musik bila merasa terganggu. Atau bisa mendengarkan musik yang tidak dipahami artinya.

Bagi saya, ketika menulis sambil mendengarkan musik, suara musik secara otomatis terabaikan. Ini tentu menguntungkan. Di samping terhindar dari suara pengganggu, juga terhindari dari gangguan dari musik itu sendiri.

e. Kebiasaan Menulis di Blog

Kebiasaan menulis di blog menjadi hal penting dalam mempengaruhi kecepatan dalam menulis di blog. Anda bisa membiasakan menulis di blog setiap hari, apapun jenis tulisannya. Dengan membiasakan menulis di blog setiap hari, tentunya otot dan otak selalu bisa diajak kerjasama dengan kegiatan menulis di blog.

Namun, pemula akan kesulitan untuk mengawali dalam membiasakan menulis. Pemula masih dibingungkan menentukan tema tulisan dan rangkaian kata. Ini yang pertama saya rasakan ketika memulai menulis. Saya merasakan bahwa pikiran saya tidak karuan dalam menulis yang membuat saya asal menulis.

Ada beberapa hal yang membuat asal menulis yaitu, tidak terbiasa mengetik, tidak terbiasa merangkai kata, tidak bisa mikir sambil menulis, dan lainnya.

Apakah Anda harus memaksakan diri untuk membiasakan menulis di awal kegiatan menulis di blog? Terserah.

Namun solusi yang saya pakai dalam menulis adalah menulis dengan kalimat pendek seperti puisi atau kalimat mutiara.

Namun siapa yang mau dibingungkan menentukan tema menulis dan merangkai kata?

Jujur saja, rasanya malas ketika kesulitan menentukan tema dan merangkai kata. Walau pada akhirnya saya bisa mengatasinya.

Anda bisa memanfaatkan Teknik Menulis Salah bila tidak ada jalan lain. Dengan menulis salah, tidak ada beban dalam pemikiran karena yang dilakukan hanyalah proses mengetik kata dari apa yang ada dipikiran. Anda bisa melatih kebiasaan menulis dengan teknik ini.

Hasil dari latihan menulis salah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena cukup untuk memperlancar kegiatan menulis di blog. Hal ini karena sudah dilatih untuk bisa mengetik sambil memunculkan ide tulisan. Baru ketika sudah terbiasa menulis salah, Anda harus siap untuk terjun menulis yang sebenarnya di blog.

Melatih Ketepatan Menulis di Blog

Melatih ketepatan menulis di blog erat kaitannya dengan kebenaran suatu tulisan. Artinya menulis dengan benar sesuai data-data yang terpecaya atau sesuai pemikiran yang masuk akal.

Bila menulis di blog tentu mengandalkan pengutipan atau pendapat orang lain. Biasanya kita akan menimbang suatu informasi dari luar mengenai tingkat kebenarannya. Menulis di blog juga biasanya mengandalkan pemikiran pribadi yang kebenarannya perlu dipertimbangkan.

Bagaimana menentukan kebenaran informasi dari luar atau dari pemikiran pribadi? Memang hal ini membutuhkan latihan yang serius dan rutin. Saya tidak bisa menjelaskan dengan detail di sini karena saya pun belum maksimal menguasai hal ini.

Lalu bagaimana maksud melatih ketepatan menulis di blog?

Begini. Terkadang bahkan sering, orang menulis dengan kalimat yang salah, tidak sesuai informasi yang dimilikinya. Informasi sih ada, namun tidak tersampaikan ketika menulis, entah kurang konsentrasi, lupa atau salah pemahaman sampai menghasilkan tulisan yang salah.

Bisanya hal ini bisa diatasi ketika melakukan kegiatan mengedit tulisan. Ada saja kalimat yang dirasa tidak masuk akal walaupun ketika proses menulis dirasakan tidak ada yang tidak masuk akal.

Nah, dari permasalahan di atas, bagaimanakah melatih ketepatan dalam menulis di blog?

a. Pemahaman Fokus Satu Kata

Inilah alasan saya kenapa Anda harus membiasakan melatih menulis fokus satu kata ketika belum terbiasa menulis di blog. Salah satunya untuk siap untuk berpikir dengan tepat.

Bagi yang sudah terbiasa menulis di blog, ya tidak perlu lah melakukan menulis fokus satu kata. Hanya saja perlu dikembangkan lagi dalam hal pemahaman fokus satu kata.

Nah, di sini saya mencoba berbagi bagaimana cara sederhana berpikir dengan tepat. Bagaimana caranya? Tentunya adalah memahami fokus satu kata yang erat kaitannya dengan rangkaian kata yang lain sehingga menimbulkan kesan atau makna.

Sebagai contoh, Anda menulis di blog seputar cinta sebagai fokus satu kata. Bisa dikatakan fokus tema menulis lah. Yang ada dipikiran Anda, apa sih arti dar ‘cinta’. Bila Anda tidak paham tentang makna cinta, bisa salah juga dalam pembahasan yang berikutnya. Banyak yang salah menulis hanya tidak terlebih dahulu memahami makna dari ‘kata’ yang diangkatnya.

Sebagai contoh lagi yang sering didengungkan adalah kata ‘gender’. Bila Anda belum paham mengenai gender, bisa berakibat fatal tulisan yang Anda tuangkan sampai 1000 kata. Ada yang mengatakan gender itu perempuan atau wanita. Kalau orang tersebut menulis, tulisannya kacau-balau. Memalukan kan?

Ada lagi mahasiswa yang menafsiri ayat, yang artinya kurang lebih, “Datangilah istri dari arah mana saja. Coba artikan, apa makna dari kata istri? Apa saja? Istri adalah seorang wanita, istri adalah wanita yang sudah dinikahi secara sah, istri adalah tempat pembuahan anak. Jelas kan? Namun ada mahasiswa menafsiri ayat tersebut dengan proses pencarian istri. Jelas salah.

Hanya satu kata yang salah paham, bisa fatal pembahasan ribuan katanya.

Jadi, kalau mau menulis artikan terlebih,

  • Apa itu gunung?
  • Apa itu sungai?
  • Apa itu menulis?
  • Apa itu matahari?
  • Apa itu bumi?
  • Apa itu awan?
  • Apa itu malam?
  • Apa itu siang?
  • Dan yang lainnya itu artinya apa?

b. Penerapan Kaidah Bahasa Indoensia

Ketepatan menulis erat kaitannya dengan penerapan kaidah bahasa Indonesia. Untuk bisa menulis dengan benar di blog, tentunya harus menguasai terlebih dahulu bahasa Indonesia yang berkaitan dengan EYD, kata/kalimat baku dan tata bahasa.

Walau sudah menguasai kaidah bahasa Indonesia, sering juga terjadi kesalahan menulis. Memang harus terus membiasakan menerapkan kaidah bahasa Indonesia ketika menulis atau sesudah menulis.

c. Proses Mengedit Tulisan

Jangan dikira penulis tidak perlu terlatih dalam mengedit. Orang yang memiliki gangguan konsentrasi akan kesulitan mengedit tulisan karena harus memperhatikan kata-perkata, baik memeriksa kesahanan penulisan kata atau kesalahan makna.

Saya sendiri ketika selesai menulis sering dipusingkan dengan kegiatan mengedit. Jelas, karena harus memeriksa dengan detail. Saya berulang-ulang memeriksa tulisan, hasilnya tetap ada kata yang salah tulis atau yang lainnya.

Di sini sedang mengingatkan bahwa penulis pun harus menjadi editor. Apalagi seorang penulis novel yang sering dipusingkan dengan proses mengedit tulisan yang rumit.

Dalam mengedit, harus:

  • Kuat konsentrasi
  • Kuat melihat layar monitor
  • Materi bahasa Indonesia sudah di luar kepala.

Untuk meminimalisir proses mengedit, alangkah baiknya:

  • Memperhatikan bahasa Indonesia ketika menulis
  • Memperhatikan layar monitor ketika menulis

Ada yang berkata bahwa kalau menulis jangan pedulikan kaidah bahasa Indonesia, baik EYD, kata baku atau tata bahasa. Alasannya karena nanti proses menulis bisa terganggu.

Bagi saya, ketika sudah terbiasa menulis di blog dengan acuan bahasa Indonesia maka tidak akan mengalami gangguan.

Justru tidak memperhatikan aturan bahasa Indonesia akan memberatkan pada proses mengedit. Jadi, maksimalkan saja menerapkan kaidah/aturan bahasa Indonesia ketika proses menulis di blog.

Bagi yang terbiasa menulis dengan melihat keyboard, dianjurkan untuk tidak lagi melakukan hal ini. Karena akan membuat proses mengedit menjadi berat. Harus bisa menulis dengan melihat layar monitor. Caranya? Ya biasakan menulis di blog lah.

NB: Untuk pembahasan tambahan menulis di blog sesuai arahan di atas, anda membaca lebih lanjut di pembahasan kategori/label Terapi Menulis

Tags :

No comment for Menulis Di Blog: Kekuatan, Kecepatan Dan Ketepatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Menulis Di Blog: Kekuatan, Kecepatan Dan Ketepatan

Theme WordPress Gratis Untuk Adsense Blog Cerita

Posted at April 18, 2019

Bagaimana pembahasan mengenai theme wordpress gratis untuk kebutuhan bisnis adsense, dalam hal ini Google Adsense, dengan menggunakan blog bertemakan cerita? Inti penting adalah kebutuhan... Read More

Kerangka Menulis Artikel “Tips Cerita” Di Blog

Posted at Maret 9, 2019

Bila belum terbiasa menulis artikel, khususnya artikel tips cerita, sangat baik bila anda sebelum menulis mengetahui kerangka menulis terlebih dahulu khusus untuk artikel di... Read More

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Cerita Fiksi

Posted at Februari 26, 2019

Apakah anda mau mendapatkan uang dari blog? Bagaimana cara mendapatkan uang dari blog sesuai yang anda ketahui? Bila sudah tahu, kenapa mendapatkan uang dari... Read More

Blog Bisnis Google Adsense Solusi Penulis Buku Cerita

Posted at Januari 24, 2019

Kenapa blog Bukubercerita membahas seputar bisnis Google Adsene? Hal ini berangkat dari pengalaman saya sendiri. Saya membuat blog Bukubercerita untuk beberapa kepentingan, salah satunya... Read More

Cara Membuat Tema Blog Terbaik

Posted at Desember 25, 2018

Banyak orang membuat blog berurusan dengan tema. Maka dari itu, membuat tema blog menjadi penting sebelum mengembangkan blog. Membuat tema blog bukan berarti sekedar... Read More


error: Content is protected !!