HOME

Terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan

Posted at Maret 13th, 2019

Sebelum membahas lebih mendalam, saya ingin bercerita terlebih dahulu awal mula menemukan ide Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Waktu itu saya mencoba membaca kitab (buku) nadzom Alfiah, sebuah kitab panduan Bahasa Arab. Saya berniat untuk menghafal dengan terlebih dahulu membaca secara keseluruhan nadzom, membaca sampai hatam. Saya berusaha membaca cepat tulisannya.

Dalam proses membaca nadzom, saya dikejutkan sebuah bayangan tulisan yang dibaca. Artinya bayangan tulisan adalah hafalan hasil melihat tulisan. Memang hal yang wajar, semua orang merasakannya. Ketika membaca tulisan, pasti ada bekas tulisan yang menempel. Namun, bagi saya kejadian itu menimbulkan rasa penasaran, kenapa itu terjadi. Waktu itu saya masih kesulitan membaca untuk penghafalan.

Setelah kejadian itu, saya membiarkan. Efek bayangan saat kegiatan membaca mungkin hal biasa. Setelah ±10 tahun berlalu, ingatan kejadian itu masih saja menempel seolah memberi pesan bahwa saya akan memperdalam. Memang bukan hal yang istimewa. Namun yang menjadi istimewa adalah, saya membeli buku Bacakilat yang di di dalamnya menjelaskan pelatihan PMR (pandangan mata reseptif) untuk kebutuhan membacakilat. Ketika latihan PMR itulah saya seperti melanjutkan kejadian 10 tahun yang lalu.

Apa hubungan kejadian efek bayangan yang dilakukan 10 tahun yang lalu dengan latihan PMR? Hubungannya adalah seolah memberi penegaskan untuk melanjutkan kejadian yang pernah saya lakukan ketika membaca Alfiah. Ketika latihan PMR, ada kegiatan untuk menimbulkan bayangan, yakni bentuk bayangan jari dan buku. Anda bisa memahami hal ini di bagian materi bacakilat. Hal ini memperkuat kejadian yang sudah pernah terjadi 10 tahun yang lalu.

Setelah sering melakukan PMR, latihan bacakilat, dan latihan terapi menulis, saya memunculkan ide untuk membahas seputar terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Terapi ini sebagai kolaborasi antara latihan bacakilat dan juga terapi menulis salah.

Itulah kejadian mengapa saya akan membahas seputar Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Membahas hal ini untuk penguatan bahwa kejadian 10 tahun lalu memang sebagai pesan untuk saya agar melanjutkan lebih mendalam lagi walaupun pembahasannya mungkin bukan hal yang spesial untuk anda.

Apa Arti Menulis Kreatif Dalam Bayangan?

Sebelum menjelaskan langkah melakukan Menulis Kreatif Dalam Bayangan, terlebih dahulu saya menjelaskan arti dari Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Bayangan sendiri efek dari pancaran cahaya pada suatu benda yang menempati posisi di arah yang tepat untuk menghasilkan bayangan. Kalau menulis sendiri adalah kegiatan mencurahkan kata perasaan dan ide pikiran dalam bentuk tulisan, bentuk visual.

Kalau Menulis Kreatif Dalam Bayangan, apakah bentuk visual kata yang ada dalam bayangan? Tentu tidak. Kalau arti istilah mengikuti makna bahasa yang sebenarnya, maka tidak akan menemukan makna yang benar. Seperti halnya arti dari istilah Jatuh Cinta, yang tidak bisa diartikan dengan makna bahasa yang sebenarnya. Kata istilah harus dimaknai sesuai kemauan penulis atau kondisi sosial.

Jadi Menulis Kreatif Dalam Bayangan adalah menuliskan sebuah kata yang mengefek dalam pikiran. Mengefek dalam pikiran dianggap sebuah bayangan. Ketika anda melihat kata, maka secara otomatis akan mengefek atau membekas dalam pikiran. Itulah yang dimaksud menulis kreatif dalam pikiran.

Apa Hubungan Menulis Kreatif Dalam Bayangan Dengan Terapi?

Seperti kisah saya yang waktu membaca kitab, memiliki rencana ingin menghafal suatu kalimat. Saya menggunakan teknik membaca keseluruhan isi kitab dalam penghafalan suatu kalimat daripada dengan menghafal per kalimat. Ketika proses membaca berlangsung, saya merasakan ada efek bayangan, efek yang membekas dalam pikiran apa yang saya baca.

Dari hasil pengalaman saya, akan mengetetahui apa hubungannya Menulis Kreatif Dalam Bayangan dengan terapi. Hubungannya yang saya terka dan tebak sendiri adalah untuk membangun kekuatan daya ingat dalam kegiatan menulis kreatif. Dengan melakukan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan, maka diharapkan daya ingat menjadi kuat, minimal ingat dengan apa yang pernah kita tulis.

Apakah anda pernah bahkan banyak yang lupa pada tulisan yang pernah anda tulis? Anda mengingat tulisan orang lain dengan baik namun tidak bisa mengingat tulisan anda sendiri. Kenapa ini terjadi? Alasan simpel adalah karena tulisan orang lain sengaja dimasukkan dalam otak sedangkan tulisan anda sendiri dengan sengaja dikeluarkan dari otak. Merasa butuh dengan tulisan orang lain yang akhirnya bisa hafal sedangkan merasa tidak butuh dengan tulisan diri sendiri yang akhirnya bisa lupa.

Apakah anda pernah menghafal tulisan anda sendiri? Bukankah akan malas bila menghafal tulisan anda sendiri? Hal ini karena anda sudah memiliki tulisan sehingga malas dihafal lagi. Padahal kalau sudah berbentuk tulisan, tulisan pribadi tidak ada bedanya dengan tulisan orang lain yang bisa lupa dan ingat. Bila sudah lupa dengan tulisan sendiri, anda akan membaca-baca lagi dengan rasa terpaksa. Betul?

Untuk itu penting sekali melakukan terapi untuk meningkatkan kekuatan otak, kekuatan ingatan, dan kekuatan menangkap tulisan yang anda tulis.

Hal yang perlu anda ketahui adalah, kuat atau tidaknya mengingat tulisan bergantung pada kekuatan otak bukan karena banyak atau tidaknya dalam proses pengingatan. Bila sekali melihat atau membaca sekali bisa membekas di otak dalam jangka panjang, buat apa berulang-ulang dalam usaha mengingat informasi dalam otak? Seandainya beraulang-ulang membaca, kalau kekuatan ingatan lemah, tidak ada artinya, tetap saja akan hilang seiring mendapatkan informasi baru.

Apakah ada hal lain dari menjalankan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan selain untuk kekuatan daya ingat?

Hasil akhir memang diharapkan akan memiliki kekuatan mengingat tulisan yang baik, minimal tulisan anda sendiri. Namun dalam proses menjalankan kegiatan terapi menulis, ada keuntungan atau ukuran untuk menentukan apakah kondisi anda sanggup berpikir untuk menulis atau tidak. Anda bisa menentukan kekuatan menulis kreatif anda lewat terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan.

Ini berdasarkan pengalaman saya dalam menjalankan terapi menulis. Ketika melakukan terapi menulis dengan Teknik Menulis Salah, saya mampu membuat tulisan 1 lembar dalam sehari secara rutin. Ketika dilanjutkan dengan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan, pada awalnya saya mengalami kesulitan melakukannya. Hal ini ada banyak faktor kenapa sulit melakukannya. Anda bisa melihat faktor-faktor kesulitan saya melakukan terapi menulis ini.

  • Pernafasan lemah
  • Kekuatan untuk menghafal sesuatu memang lemah
  • Otot punggung lemah
  • Sebagai peralihan dari kegiatan terapi menulis sebelumnya ke Menulis Kreatif Dalam Bayangan

Ketika saya cukup bisa menguasai teknik Menulis Kreatif Dalam Bayangan, menulis sampai 1 halaman, hasilnya bisa meringankan kegiatan menulis kreatif yang sering saya lakukan. Berpikir memunculkan kata-kata sudah menjadi hal yang mudah, apalagi untuk tema yang sering dibahas. Berpikir seperti tanpa berpikir, datang dengan sedirinya.

Menulis Kreatif Dalam Bayangan dan terapi menulis yang sudah dijelaskan cocok dilatih untuk menjadi:

  • Pekerja jasa artikel dengan teknik rewrite-nya
  • Blogger dengan teknik menulis kreatif dirinya
  • Penulis buku (fiksi dan non fiksi) dengan teknik kreatif dan kekuatan berpikir sistematisnya.

Hasil pengalaman saya, menurut dugaan saya, dengan menjalankan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan akan menghasilkan keuntungan sebagai berikut:

  • Meningkatkan kekuatan ingatan
  • Memudahkan otak untuk kegiatan penghafalan
  • Melancarkan proses berpikir yang menggabungkan data-data yang diingat
  • Bisa mengharmoniskan pikiran untuk menulis dan berbicara kreatif
  • Tentunya untuk mengingat tulisan si penulis itu sendiri

Benar atau tidak keuntungan-keuntungan yang sudah saya jelaskan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan teknik Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Hal yang nyata adalah minimal anda bisa menghilangkan kejenuhan dalam menulis yang biasa dilakukan atau berusaha mengingat tulisan ketika menulis.

Aturan Melakukan Terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan

Dalam melakukan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan, masih ada kaitannya dengan terapi menulis salah dan menulis fokus satu kata. Ketika melakukan terapi ini, anda harus melalui tahapan pada terapi awal yakni menulis salah dan fokus satu kata. Ketika terapi awal belum dijalankan, bisa jadi akan kesulitan melakukan terapi ini.

Dalam terapi awal, fokusnya lebih kepada membayangkan sesuatu untuk dibuat kata-kata. Kalau terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan, benar-benar fokus memikirkan kata yang dituliskan karena memiliki tujuan menghafalkan kata-kata yang ditulis. Seperti yang sudah dijelaskan, fokus terapi ini adalah untuk kekuatan ingatan. Jadi dalam proses menulis kreatif ada upaya menghafal kata yang pernah ditulis.

Berikut aturan-aturan yang bisa ada penuhi dalam melakukan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan:

a. Siapkan Perasaan dan Pikiran Anda Untuk Menulis Kreatif Dalam Bayangan

Terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan lebih kepada peralihan dari menulis yang berfokus membayangkan objek ke membayangkan huruf-huruf atau kata-kata ketika melakukan proses menulis. Sehingga ketika mengawalinya ada rasa ketidaksiapan dalam melakukan terapi ini.

Walaupun sudah mampu melakukan terapi menulis yang di atas, tetap harus memiliki kesiapan perasaan dan pikiran untuk melakukan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan. 

b.Menulis Kreatif Dalam BayanganHarus Dalam Kondisi Duduk

Apapun keadaan duduk anda dalam menjalankan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan, anda harus dalam keadaan duduk. Kenapa harus duduk? Seperti menulis kreatif pada umumnya, akan merasakan kesulitan bila menulis dalam keadaan berbaring. Termasuk menjalankan terapi menulis ini, sangat sulit juga.

Apakah harus dalam posisi duduk tegak? Saya tidak menyarankan hal demikian. Walau demikian, anda bisa menjalankan terapi menulis dalam keadaan duduk tegak. Ada manfaat sendiri ketika menulis kreatif dalam posisi tegak seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tetapi, bila anda tidak mau dalam posisi duduk tegak, itu pun bisa dilakukan.

Fokus utama Menulis Kreatif Dalam Bayangan adalah menulis dengan disertai memasukkan kata yang ditulis untuk diingat dalam otak/pikiran sehingga akan ada efek melemaskan otot tubuh. Seperti yang sudah saya alami, proses menghafal bisa melemaskan otot tubuh atau setidaknya membuat otot tidak menegang.

Ketika proses menghafal bisa menyebabkan otot tubuh melemas, termasuk melakukan Menulis Kreatif Dalam Bayangan, maka posisi duduk yang membuat tegang otot sangat tidak disarankan. Anda boleh duduk dalam keadaan bagaimana saja asalkan membuat anda nyaman, otot tidak tegang. Tujuannya agar proses pelemasan otot tidak terganggu possi duduk ada yang justru mengganggu proses menulis.

Ini juga menjadi peringatan untuk para penghafal ilmu agar tidak melakukan proses penghafalan dalam keadaan otot menegang. Banyak sekali para penghafal melakukan penghafalan dalan keadaan otot menegang. Otot menegang itu seperti apa? Contoh menghafal dalam keadaan bersuara keras, kondisi yang menegangkan sehingga otot menjadi tegang, duduk terlalu lama dan sebagainya.

c. Masukkan Roh Pada Setiap Kata Sebagai Bentuk Menulis Kreatif Dalam Bayangan

Setiap kata yang kita tulis harus ada proses memasukkan dalam pikiran sebagai usaha dalam penghafalan. Ketika itu dilakukan, nyaris tidak memiliki bayangan lain kecuali rangkaian  kata-kata. Ketika saya menulis pembahasan ini pun hanya membayangkan kata-kata bukan apa yang dibalik kata.

Ketika hanya menulis kata-kata tanpa ada bayangan lain dibelakang kata, misal kata apel dengan membayangkan bentuk apel, maka yang harus kita lakukan adalah memasukkan ruh kata apel dengan hakekat apel itu sendiri. Ruh atau dengan kata lain “nilai” adalah pengganti bayangan mengenai bentuk apel. Ketika pikiran sudah mengenal apel, maka tidak perlu lagi membayangkan bentuk apel. Inilah yang di maksud memasukkan ruh pada kata.

Misal menulis:

“Rumah saya besar berbentuk kotak bersegi panjang”

Maka anda tidak perlu membayangkan bentuk rumah, kotak dan persegi panjang. Anda sudah mengenal apa itu kata rumah, kotak, dan persegi panjang karena sudah memiliki ruh dari kata. Ketika ditulis dalam satu rangkaian, maka anda secara otomatis sudah memahami apa maksud rangkaian kata yang ditulisnya.

Memiliki ruh dari kata karena pikiran kita sudah mengenal mengenai kata tersebut. Bila belum mengenal, maka akan kesulitan memasukkan ruh dalam kata. Harus terlebih mengenal. Namun berbahaya bila kita “sok kenal” yang akan mengaburkan pemahaman yang sesungguhnya.

d. Menulis Kreatif Dalam Bayangan Lakukan Sesuai Terapi Teknik Menulis Salah     

Anda sudah bisa melakukan terapi Teknik Menulis Salah? Bila sudah, terapkan cara penulisannya untuk melakukan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Proses penulisan dalam terapi ini memang meneruskan cara yang dilakukan pada terapi sebelumnya.

Hal yang membedakan hanya terletak pada proses penghafalan kata-kata yang ditulisnya. Memang, tujuan untuk terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan adalah untuk melatih fokus dalam penghafalan agar tulisan yang penulis tulis diharapkan bisa diingat oleh si penulis itu sendiri. Hal yang aneh adalah ingat tulisan orang lain tetapi tidak ingat tulisan sendiri. Hal ini karena waktu menulis tidak ada niat untuk penghafalan.

e. Menulis Kreatif Dalam Bayangan Lakukan Sesuai Terapi Teknik Satu Kata

Bila anda belum mampu melakukan terapi Teknik Satu Kata, lebih baik untuk tidak melanjutkan terlebih dahulu dalam melakukan Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Pengerjaan dalam terapi menulis di bagian ini jauh lebih besar sehingga harus menguasai dasarnya terlebih dahulu yaitu pada bagian Teknik Satu Kata.

Seperti halnya dalam terapi menulis Teknik Menulis Salah yang harus memfokuskan mengingat kata yang ditulis, terapi menulis Teknik Satu Kata pun harus memiliki fokus untuk melakukan pengingatan pada kata yang ditulis. Bahkan pengingatannya jauh lebih masuk akal karena dimudahkan rangkaian kata yang benar.

f. Lakukan Sesuai Terapi Konflik Batin

Ketika belum berhasil juga mengatasi konflik penulisan anda atau konflik lain dengan terapi yang sudah dijelaskan di atas, terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan cocok untuk mengatasinya. Masih ada kaitannya dengan cara menulis untuk mengatasi konflik batin yang sudah dijelaskan di atas. Namun pembahasan ini untuk memantapkan lagi bahwa anda benar-benar ingin menghilangkan konflik pada seputar penulisan atau lainnya.

Efek membayangkan kata-kata bisa menyebabkan otot melemas karena pikiran sedang bertugas mengingat suatu objek. Ketika melakukan terapi menulis dengan sembari mengingat kata yang ditulis maka akan mengurangi ketegangan akibat konflik yang sedang dialami.

Bagaimana bila suatu konflik justru melemaskan otot? Yakinlah, itu masalah pernafasan yang sedang terganggu. Solusi yang terbaik adalah memompa paru-paru untuk bernafas dengan kuat. Cara yang bisa ditempuh tentu dengan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Ketika memasukkan kata-kata dalam pikiran alias mengingat, ada dorongan agar paru-paru kuat memompa oksigen dengan maksimal untuk kebutuhan aktifitas mengingat dan berpikir.

Namun untuk kasus-kasus tertentu, bisa dikatakan kasus dengan konflik yang besar, akan sulit melakukan terapi menulis dengan teknik bayangan ini. Mengapa? Masih ada bayangan kuat mengenai objek konflik yang akan menyulitkan membayangkan kata yang ditulisnya.

Cara yang harus dilakukan untuk mengatasi konflik besar adalah mau tidak mau anda harus memaksa melakukan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Usahakan sekuat tenaga hanya memasukkan kata-kata ke dalam pikiran bukan bayangan objek konflik. Ketika anda mampu keluar dari bayangan konflik yang mengganggu, maka akan mengurangi ketegangan atau kelemasan akibat konflik.

g. Menulis Kreatif Dalam Bayangan Lakukan Terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan Tingkat Tinggi

Terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan dengan cara ini tergolong yang terberat. Saya sendiri belum mampu melakukannya. Setiap saya melakukannya, paru-paru tidak kuat bernafas sehingga harus menghentikan kegiatan menulis yang belum selesai satu paragraf.

Terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan yang satu ini benar-benar Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Kenapa bisa benar-benar seperti itu? Berikut alasannya:

  • Menulis Menggunakan Media Pikiran

Mau menggunakan teknik menulis salah, satu kata atau sesuai konflik batin, anda harus menulis dengan menggunakan media pikiran. Ya, anda harus meninggalkan komputer anda. Ganti kegiatan menulis anda dengan komputer otak. Anda menulis kreatif dengan komputer dalam pikiran, seolah-olah sedang menulis kreatif dalam komputer.

  • Terjadi Proses Penghafalan Pada Kata Yang Diciptakan Dalam Pikiran

Dalam kegiatan menulis, walaupun dilakukan dalam pikiran, anda harus tetap berfokus dalam bayangan kata dan memasukkan ruhnya untuk kebutuhan penghafalan. Bisa saja karena lancar melakukan kegiatan menulis dalam pikiran sampai tidak memperhatikan kegiatan penghafalan kata.

Ini, kegiatan Menulis Kreatif Dalam Bayangan yang luarbiasa. Anda menciptakan kata-kata dalam pikiran, menuliskan dalam pikiran namun anda pun melakukan penghafalan kata yang sudah diciptakan dalam pikiran.

Mungkin anda bertanya, “Bukankah kegiatan menulis harus menggunakan media nyata untuk menuliskan kata-kata yang ada dalam pikiran?”

Definisi menulis sendiri adalah menulis dengan alat tulis tertentu dan dijalankan dengan tangan. Bila definisi ini berlaku, maka orang yang tidak memiliki tangan atau buta akan kesulitan melakukan kegiatan menulis.

Para penulis yang tidak memiliki kedua tangan, hanya 1 tangan, atau buta tetap bisa melakukan kegiatan menulis dengan menggunakan media pikiran dan alat tulis pikiran. Ketika ingin mempublikasikan tulisannya, bisa mengandalkan orang lain untuk menuliskan apa yang sudah ditulis dalam pikiran.

Walaupun dibilang sulit melakukan proses Menulis Kreatif Dalam Bayangan sambil menghafalkan apa yang ditulisnya, namun setidaknya latihan terapi menulis ini bisa membantu meningkatkan daya ingat pada kata-kata. Setiap kata yang dimunculkan dalam pikiran dan dihubungkan dengan kata lain akan membentuk jaringan neoron yang bermanfaat memperbaiki kepintaran.

Gunakan Teknik Menulis Kreatif Dalam Bayangan Untuk Kebutuhan Menulis

Menulis Kreatif Dalam Bayangan bukan hanya dilakukan saat melakukan terapi menulis saja tetapi juga sangat penting untuk kebutuhan menulis keseharian. Tujuan yang paling simpel adalah untuk bisa mengingat tulisan yang pernah ditulis.

Ingat! Seorang yang sudah paham makna dari kata yang ditulis maka tidak membutuhkan pengimajinasian atau pembayangan mengenai dibalik kata. Anda bisa menulis dengan lancar sambil menghafal kata yang dituliskannya walaupun tidak berusaha untuk bisa menghafalnya.

Namun tidak semua kegiatan menulis harus diserai penghafalan kata-kata. Menulis dengan membutuhkan imajinasi atau bentuk visual suatu objek memang akan mengalami kesulitan dalam proses penghafalan kata-kata yang ditulisnya. Seperti halnya menulis cerita atau menulis catatan harian, maka akan kesulitan melakukan penulisan sambil menghafal kata-kata karena harus berfokus membayangkan hal yang lain.

Alangkah baiknya bila menyediakan waktu khusus untuk melakukan teknik menulis yang disertai penghafalan alias melakukan teknik Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kekuatan otak anda dalam mengingat kata-kata bukan bayangan di balik kata.

Hal yang menjadi alasan penting mengapa harus melatih menguatkan otak dalam penghafalan kata-kata tulisan adalah karena kemampuan otak dianggap  lemah dalam menyimpan informasi yang berbentuk angka dan huruf. Ketika terus dilatih, tidak mustahil untuk bisa kuat menyimpan informasi yang berbentuk angka dan huruf.

Apakah cukup efektif hanya melakukan kegiatan menulis sambil mengingat-ngigat kata yang ditulisnya bisa meningkatkan kekuatan ingatan otak?

Hal yang perlu anda sadari adalah, tantangan standar tidak membuat otak merasa tertantang. Bila hanya sekedar melakukan Menulis Kreatif Dalam Bayangan standar, hanya menulis dengan menggunakan media komputer/laptop, otak pun akan mendapatkan tantangan yang standar. Namun bila anda melakukan yang lebih tinggi lagi, melakukan menulis dengan media otak anda, pikiran anda, otak akan mendapatkan tantangan yang jauh lebih besar. Semakin banyak dan bervariasi melakukan menulis dengan media otak anda, maka akan semakin bagus daya ingat otak anda.

Anda bisa membayangkan sendiri, bagaimana kegiatan menulis dalam otak sambil mengingat kata yang pernah dimunculkannya? Bila anda belum terbiasa, termasuk saya sendiri, melakukan hal ini sangat menyusahkan. Hanya 1 paragraf saja, anda akan mengalami kesulitan. Bagaimana bisa sampai 1 halaman? Namun hal ini adalah tantangan yang bisa dilakukan asalkan terus dilatih.

Anda pernah melihat orang yang hafal Al-Qur’an? Apa yang dihafalnya? Yang pasti yang dihafal adalah tulisan. Tulisan siapa? Tulisan orang lain kan? (dalam bentuk cetakan bukan ide tulisannya). Apa bedanya tulisan orang lain dengan tulisan anda sendiri? Tidak ada perbedaan. Bila mereka mampu menghafal Al-Qur’an, berarti anda pun mampu menulis dalam otak dan menghafal apa yang ditulisnya.

Kategori: Terapi Menulis
Tags :

No comment for Terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan

Terapi Pandangan Mata Segarkan Otak dan Mata

Posted at Maret 21, 2019

Melakukan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan membuat pikiran dan mata anda jenuh, terasa mampet untuk berpikir. Bahkan menulis biasa pun akan mengalami nasib yang... Read More

Terapi Sesuai Konflik Batin Dengan Menulis

Posted at Maret 4, 2019

Konflik batin dalam dunia menulis yang dialami para pemula biasanya yang paling bermasalah adalah di sekitar perasaan hati alias batin. Rasa tidak percaya dengan... Read More

Terapi Menulis Kiat Satu Kata Untuk Kekuatan Fokus

Posted at Februari 21, 2019

Kalau dalam sebelumnya, Anda sudah memahami menulis salah. Menulis salah adalah menulis untuk memunculkan kata dan menulis secepatnya. Namun dalam bab ini adalah teknik... Read More


error: Content is protected !!