HOME

Terapi Pandangan Mata Segarkan Otak dan Mata

Posted at Maret 21st, 2019

Melakukan terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan membuat pikiran dan mata anda jenuh, terasa mampet untuk berpikir. Bahkan menulis biasa pun akan mengalami nasib yang sama. Ketika ini terjadi, hentikan saja kegiatan menulis anda karena akan mengalami kesia-siaan. Istirahatkan sejenak dan lakukan rileksasi. Mari melakukan terapi Pandangan Mata.

Untuk melakukan rileksasi alias penyegaran otak dan mata, anda bisa melakukan terapi alfa-theta yang akan dijelaskan di bab berikutnya. Namun dalam pembahasan ini, ada tambahan lain yakni yang mendukung dalam melakukan teknik Menulis Kreatif Dalam Bayangan.

Ketika melakukan Menulis Kreatif Dalam Bayangan, anda melihat objek untuk bayangan dalam jarak yang dekat. Artinya anda melihat kata-kata dalam jarak pendek yaitu di laptop. Hal ini menandakan anda hanya mampu melihat dengan jarak dekat. Ketika anda membiarkan itu terjadi, bisa jadi anda akan mengalami masalah yang lain seperti mata menjadi rabun jauh alais min (-).

Pada dasarnya, orang yang sering melihat benda dalam jarak dekat tanpa diimbangi dengan melihat benda dalam jarak jauh bisa menyebabkan masalah pada mata tanpa perlu harus melakukan kegiatan menulis. Kegiatan menulis hanya sebagai contoh kegiatan yang melakukan penglihatan dengan jarak dekat.

Untuk itu, ketika anda berniat ingin menggunakan waktu terbanyak untuk kegiatan menulis apalagi disertai melakukan kegiatan Menulis Kreatif Dalam Bayangan, anda bisa melakukan terapi Pandangan Mata.

Manfaat Melakukan Terapi Pandangan Mata

Ada beberapa manfaat dengan melakukan latihan pandangan mata. Dalam hal ini terkhusus sebagai terapi pelengkap dari melakukan penulisan. Selama menjalankan terapi ini, pikiran saya tetap lancar melakukan menulis walaupun kondisi fisik sering mengganggu kegiatan menulis.

Berikut adalah manfaat melakukan terapi Pandangan Mata:

a. Bisa Mencegah Terjadinya Rabun Jauh Akibat Terlalu Sering Melihat Tulisan Jarak Dekat.

Ada orang yang mengalami rabun jauh karena keturunan. Namun bisa terjadi bahkan sering adalah karena aktifitas mata dalam keseharian. Banyak orang yang matanya menjadi rabun jauh karena membaca dalam keadaan berbaring, terlalu sering fokus melihat ke jarak dekat tanpa diimbangi melihat yang jauh dan sebagainya.

Ketika anda terlalu sering melihat benda secara khusus melihat tulisan dalam jarak dekat, maka bisa diimbangi dengan melihat jarak jauh. Bisa menggunakan terapi Pandangan Mata yang akan dijelaskan langkahnya.

b. Bisa Menguatkan Dalam Melakukan Menulis Kreatif Dalam Bayangan

Bila hanya melihat kata-kata alias tulisan dalam jarak pendek dan melakukan penghafalan atau pembayangan, maka kemampuan dalam melakukan hal itu hanya untuk jarak pendek. Hal ini karena pernafasan dan mata hanya dilatih untuk melihat benda dalam jarak pendek.

Namun ketika anda melatih dengan memandang benda jarak jauh, maka pernafasan dan mata akan siap melakukan dengan jarak apa saja. Jarak jauh saja anda bisa melakukannya, bagaimana dengan jarak pendek?

Nah, terapi Pandangan Mata menggunakan jarak pandang yang jauh yang akan menguntungkan dalam penguatan Menulis Kreatif Dalam Bayangan.

c. Mengembalikan Kesegaran Otak Dan Mata

Ketika mengalami kejenuhan dalam menulis, saya akan jalan-jalan sebentar sembari melihat pemandangan jauh. Hasil yang saya lakukan cukup bisa untuk mengembalikan kesegaran otak dan mata saya.

Kenapa melakukan Pandangan Mata membuat keadaan menjadi segar? Karena hal yang dilakukan adalah mengubah kebiasaan. Sesuatu yang biasa dilakukan maka pada titik tertentu akan mengalami kebosanan. Untuk itu, rubah kebiasaan sejenak maka akan segar kembali untuk melanjutkan kebiasaan.

d. Meningkatkan Kekuatan Penghafalan

Ingat! Hafalan dengan penghafalan berbeda. Hafalan adalah sesuatu yang sudah ada dipikiran mengenai suatu hal. Sedangkan penghafalan adalah proses menghafalnya.

Melakukan terapi Pandangan Mata bermanfaat untuk menguatkan atau meningkatkan kekuatan penghafalan. Hal ini karena latihan atau terapi Pandangan Mata memfokuskan pada penghayatan atau pembayangan apa yang dipandangnya. Ketika membiasakan fokus pada penghayatan atau pembayangan maka kekuatan konsentrasi meningkat.

Saya memiliki kelemahan dalam usaha penghafalan. Setiap kali melakukan penghafalan, selalu saja lemas. Mengapa lemas? Karena memiliki masalah pada pernafasan. Namun ketika melatih Pandangan Mata, seperti ada perubahan kekuatan dalam penghafalan.

Anda bisa mencoba sendiri agar mengetahui dan merasakan manfaatnya. Tidak salah kan untuk mencoba?

Hanya saja, anda membutuhkan tambahan kalori atau bersiap menyediakan minuman segar sehabis terapi Pandangan Mata karena melelahkan pernafasan − menurut pengalaman saya – bila dilakukan dalam waktu yang lama, sekitar lebih dari 15 menit.

Cara Melakukan Terapi Pandangan Mata

Fokus terapi Pandangan Mata adalah untuk penyegeran otak dan mata akibat kelelahan beraktifitas di komputer sambil menulis dan melihat tulisan. Hal ini membutuhkan keseimbangan. Untuk itu, melakukan terapi Pandangan Mata dengan melihat objek dalam jarak yang jauh. Setidaknya bukan jarak sekitar 1-2 meteran. Tetapi berjarak jauh yang sekiranya sejauh ukuran lapangan basket atau futsal.

Ada dua cara dalam melakukan terapi Pandangan Mata. Kedua cara ini bisa anda lakukan semua sebagai penyeimbang. Dianjurkan untuk tidak memilih salah satu cara terapinya.

a. Pandangan Mata Reseptif (PMR)

Pandangan Mata Reseptif sendiri adalah pengkondisian mata untuk melihat suatu objek tanpa melihat pada titik fokus namun diterima baik oleh pikiran bawah sadar. Jadi, walaupun anda tidak terfokus melihat benda A, misal karena ada di samping, namun benda A masuk dalam memori bawah sadar anda.

Terapi Pandangan Mata Reseptif terinspirasi dari latihan Bacakilat di buku Bacakilat untuk orang dewasa. Pada latihan ini berguna untuk kegiatan menjelajani dan memindahi (teknik SCAN) sebuah tulisan di buku. Namun saya jadikan sebagai terapi Pandangan Mata untuk kebutuhan penyegaran mata dan otak dan kekuatan konsentrasi.

Cara melakukan terapi Pandangan Mata Reseptif cukup mudah. Anda cukup memandang keseluruhan apa yang ada di depan tanpa memfokuskan pada salah satu objek.

Usahakan ketika memandang keseluruhan suatu objek, ada penghayatan atau pembayangan bahwa apa yang dilihat adalah sesuatu yang sudah ada dipikiran, diingatan. Bahasa sederhananya adalah berusaha menghafal apa yang diingat namun tetap fokus melihat objek keseluruhan.

Cara yang mudah untuk melakukan proses penghafalan suatu objek adalah tetap fokus pada objek dan sembari memainkan pernafasan. Ketika berusaha memasukkan suatu objek dalam pikiran, penghafalan, anda harus membantunya dengan mengambil pernafasan lembut.

Hal ini juga sebagai pelajaran bahwa ketika anda melakukan penghafan dalam hal apapun, ingat selalu fokus objek dan kelancaran pernafasan. Sehingga suasana tegang dalam menghafal sangat tidak cocok karena oksigen tidak lancar.

b. Pandangan Mata Kerucut (PMK)

Ketika melakukan terapi dengan PMR, maka anda menggunakan sel batang. Sel batang berguna untuk melihat objek yang tidak terfokus oleh anda, melihat semua objek yang ada di depan. Namun pada terapi dengan PMK, anda memaksimalkan menggunakan sel kerucut. Sel kerujut berguna untuk mempertegas penglihatan pada hal spesifik yang anda inginkan untuk dilihat.

Ketika melakukan terapi Pandangan Mata Kerucut, tidak menutup kemungkinan sel batang bekerja. Hal ini dikarenakan anda mengharuskan menghayati, membayangkan, menghafalkan apa yang dilihatnya. Dan memang sel batang selalu bekerja walaupun anda memaksimalkan dengan sel kerucut.

Cara melakukan PMK sama saja seperti anda melakukan PMR. Hanya saja PMK lebih kepada titik fokus, ke salah satu objek yang dilihat dan dihafal.

Baca: Terapi Menulis

Berapa menit melakukan Pandangan Mata? Ya terserah saja. Sepuas dan sekuatnya anda saja.

Ketika selesai melakukan terapi Pandangan Mata, istirahatkan mata anda, terpejam, sambil melakukan pernafasan. Fokus pikiran anda pada keluar-masuknya nafas. Kegiatan ini untuk mengurangi ketegangan mata. Biasanya kalau lama melakukan terapinya, ada saja ketegangan pada mata.

Kategori: Terapi Menulis
Tags :

No comment for Terapi Pandangan Mata Segarkan Otak dan Mata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Terapi Pandangan Mata Segarkan Otak dan Mata

Terapi Menulis Kreatif Dalam Bayangan

Posted at Maret 13, 2019

Sebelum membahas lebih mendalam, saya ingin bercerita terlebih dahulu awal mula menemukan ide Menulis Kreatif Dalam Bayangan. Waktu itu saya mencoba membaca kitab (buku)... Read More

Terapi Sesuai Konflik Batin Dengan Menulis

Posted at Maret 4, 2019

Konflik batin dalam dunia menulis yang dialami para pemula biasanya yang paling bermasalah adalah di sekitar perasaan hati alias batin. Rasa tidak percaya dengan... Read More

Terapi Menulis Kiat Satu Kata Untuk Kekuatan Fokus

Posted at Februari 21, 2019

Kalau dalam sebelumnya, Anda sudah memahami menulis salah. Menulis salah adalah menulis untuk memunculkan kata dan menulis secepatnya. Namun dalam bab ini adalah teknik... Read More


error: Content is protected !!