HOME
Home » Menulis Buku » Pengertian Menulis Secara Umum Menurut Ahli

Pengertian Menulis Secara Umum Menurut Ahli

Posted at September 25th, 2018 | Categorised in Menulis Buku

Pengertian Menulis Secara Umum Menurut Ahli

Pengertian menulis memang bisa diartikan agak banyak. Namun, bila pengertian menulis dijelaskan, hal ini bisa menjadi beberapa jalur yang berbeda. Tentu, dua jalur ini memiliki perbedaan, baik dalam segi kepentingan atau bentuk tulisan itu sendiri.

Pengertian menulis memang sederhana. Mengambil pengertian dari saya sendiri, menulis adalah aktifitas pencatatan. Bila pengertian menulis lebih kepada upaya pencatatan, zaman dahulu sudah mentradisi tulis-menulis. Tentunya, simbol bahasa yang digunakan bisa jadi berbeda seperti halnya perbedaan bahasa tulisan antar wilayah.

Agar lebih mematangkan lagi bagaimana pengertian menulis bisa diartikan banyak, saya akan menjelaskan ini menurut KBBI, menurut para ahli dan referensi dari situs terpercaya Wikipedia. Bagaimana pengertian menurut hal ini?

Pengertian Menulis Menurut KBBI

Pengertian menulis menurut KBBI seperti pengertian kata pada umumnya yakni lebih bersifat definisi kebahasaan. Tentunya, penjelasan pengertian menulis sesuai KBBI ini lebih kepada inti alias pengertian sebelum melakukan penjabaran. Walaupun demikian, ada beberapa pengertian yang terkandung dalam kata menulis. Hal ini akan dijelaskan.

Pertama, pengertian menulis menurut KBBI bisa diartikan membuat huruf (angka dan sebagainya) dengan pena (pensil, kapur dan sebagainya). Pengertian ini mengindikasikan aktifitas anak kecil. Artinya, anak kecil sudah bisa menulis walaupun masih memahami secara pelafalan bunyi huruf. Lebih jauh, pengertian ini mengindikasikan bahwa aktifitas menulis pada hakekatnya adalah membuat huruf, terlepas bagaimanapun isi tulisannya. Tentunya, orang dewasa sudah banyak yang melakukan ini mengingat ia sudah memahami kegunaan huruf yang terangkai.

Berbeda dengan penjelasan di atas, pengertian menulis menurut KBBI memiliki arti melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang, membuat surat) dengan tulisan. Berdasarkan pengertian ini, anak kecil yang masih belajar membaca tulisan belum dianggap sanggup melakukan ini. Kebanyakan yang bisa melakukan ini adalah orang yang sudah memiliki kemampuan membaca tulisan. Rata-rata orang dewasa bisa melakukan hal ini. Bentuk nyata implementasi pengertian menulis yang lebih profesional adalah karya tulis.

Lebih jauh, pengertian menulis menurut KBBI bisa diartikan dengan menggambar, melukis bahkan membatik. Hal ini bisa dikatakan bahwa aktifas menggambar adalah aktifitas membangun makna. Banyak sekali gambar-gambar yang melahirkan makna tertentu seperti halnya tulisan pada umumnya. Walaupun demikian, pengertian menulis seperti ini kurang familiar dianggap sebagai bentuk tulisan atau aktifitas penulisan.

Bagaimana pengertian menulis menurut yang lain selain menurut KBBI? Tentunya, pengertian lain merujuk pada makna dasar yang berasal dari KBBI.

Pengertian Menulis Menurut Wikipedia

Menurut Wikipedia, “Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara.” Bila memperhatikan pengertian ini, saya bisa memastikan bahwa pengertian menulis ini lebih kepada pengertian yang mengindikasikan penulisan berdasarkan bahasa keseharian manusia sesuai huruf atau aksara masing-masing yang sudah biasa dikenal atau yang masih berlaku. Aktifitas menggambar atau melukis tidak masuk dalam pengertian ini walaupun hasil akhirnya memiliki makna.

Memang, zaman dahulu sudah mentradisi tulis-menulis dengan aksara atau huruf gambar alam seperti manusia, binatang atau lainnya. Tetapi, bentuk tulisan seperti itu sudah atau masih disepakati seperti itu. Lagi pula, niatan menggambar sesuatu dengan maksud menulis sesuatu di luar dari kesepakatan. Seorang pelukis tidak bisa dikatakan seorang yang sedang menuliskan sesuatu menurut tradisi penulisan yang ada. Tetapi, seorang bisa dikatakan sedang menulis dengan aksara atau huruf yang pernah digunakan sebagai aksara pada zaman dahulu.

Pengertian Menulis Menurut Para Ahli

Pengertian menulis menurut para ahli yang harus disepatati adalah pengertian yang mengacu pada dasar pengertian kata “menulis” yang dijelaskan pada kamus, dalam hal ini KBBI. Hal ini untuk menghindar dari ketimpangan kebahasaan. Anda bisa saja mengartikan menulis dengan arti “bersuara”. Tetapi, arti “bersuara” di luar standar arti dari KBBI. Kalau pengertian menulis dikatakan “menggambar”, hal ini masih sesuai standar karena tulisan sendiri menggambarkan kondisi fakta.

Lalu seperti apa pengertian menulis menurut para ahli? Hal ini dilansir padamu.net.

1. Pengertian Menulis Menurut Hargrove dan Pottet

Pengertian menulis menurut Hargrove dan Pottet dalam Abdurrahman mengindikasikan seperti makna atau arti yang ada di KBBI bahwa menulis merupakan kegiatan melahirkan pikiran atau perasaan. Menurut mereka, penggambaran tentang pikiran, perasaan, dan ide yang menggunakan simbol sistem bahasaꟷdalam hal ini huruf/aksaraꟷ merupakan arti dari menulis. Tentunya, kebutuhan menulis masih mengarah pada kepentingan komunikasi atau mencatat seperti yang dikemukakan Wikipedia.

2. Pengertian Menulis Menurut Taringan

Tarigan (1986: 21) mendefinisikan menulis adalah lambang-lambang grafis. Dalam penggalan definisi ini, Taringan lebih menitikberatkan pengertiannya pada kata benda yakni “tulisan adalah lambang grafis”. Padahal, Tarigan sedang membahas pengertian menulis. Bila seperti itu, seharusnya arti menulis lebih kepada sebuah penunjukkan kata kerja yakni “menulis adalah merangkai lambang-lambang grafis”.

Namun Tarigan memiliki kesesuaian seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa aktifitas pelambangan gratif berasal dari bahasa yang dipahami oleh penulisnya maupun pembaca, alias penulisan harus dipahami bersama bila mau dihadirkan dalam kelompok/wilayah berbahasa yang sama.

3. Pengertian Menulis Menurut Suyitno

Suyitno (1993:150) mengemukakan bahwa menulis merupakan kemampuan mengungkapkan ide, pikiran, pengetahuan, ilmu, dan pengalaman hidupnya dalam bahasa tulis yang jelas, runtut, ekspresif, enak dibaca, dan dipahami orang lain.

Pengertian menulis menurut Sunyito senada dengan Hargrove dan Pottet. Namun, Sunyito mencakup aktifitasnya lebih jelas lagi seperti menambahkan ilmu, pengetahuan dan pengalaman hidup. Menulis sebagai bentuk kemampuan si penulis ditulis dengan jelas, runtut, ekspresif enak dibaca dan dipahami seseorang. Rupanya, fokus pengertian menulis Sunyito lebih kepada budaya tulis-menulis yang sudah mengenal publikasi tulisan.

Pengertian Menulis Menurut Jenis Aktifitas Menulis

Seperti yang sudah dijelaskan, pengertian menulis memang banyak. Nah, faktor penyebab memiliki banyak pengertian menulis berada di aktifitas menulis. Seperti apa? Berikut penjelasannya.

1. Pengertian Menulis Dalam Proses Belajar Anak

Pengertian menulis dalam proses belajar anak adalah upaya menuliskn huruf-huruf tertentu sesuai kefahaman si anak. Di sini, si anak belum mengenai dengan baik aktifitas menulis hurufnya. Dengan menulis, justru ini dijadikan upaya memahami tulisan. Di sini, seorang anak belum memiliki kemampuan penulisan berdasarkan makna tulisan.

2. Pengertian Menulis Dalam Upaya Menampilkan Pemikiran

Hal ini senada dengan pengertian menulis yang sudah dijelaskan. Di jelaskan kembali dikarenakan untuk pembanding penulisan yang hanya sebagai proses belajar anak. Di sini, seorang penulis sudah memiliki kemampuan penulisan berdasarkan makna tulisan. Jadi, penulis ini lebih menjurus pada aktifitas penulisan profesional.

3. Pengertian Menulis Dalam Upaya Pencatatan

Menulis tidak mesti untuk kebutuhan menampilkan hasil pemikiran atau yang sifanya keilmauan. Banyak aktifitas menulis sekedar menulis biasa. Ini juga masuk dalam pengertian menulis. Contohnya adalah pengetikan yang dilakukan jasa ketik. Kalau lebih familiar, aktifitas pencatatan yang dilakuakn para pekerja di kantoran atau sejenisnya.

Sumber:
https://www.padamu.net/pengertian-menulis
https://id.wikipedia.org/wiki/Menulis

Tags :

No comment for Pengertian Menulis Secara Umum Menurut Ahli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Pengertian Menulis Secara Umum Menurut Ahli

Jurus Jitu Menulis Buku Cerita Anak Bagi Pemula

Jurus Jitu Menulis Buku Cerita Anak Bagi Pemula

Posted at September 19, 2018

Memasuki era milenium saat ini, profesi menulis buku bukan saja untuk mereka yang gemar menulis melainkan siapa saja bisa menjadi penulis buku, termasuk buku... Read More

Cara Membuat Kerangka Karangan Buku Cerita Fiksi

Cara Membuat Kerangka Karangan Buku Cerita Fiksi

Posted at September 10, 2018

Bagaimana cara membuat buku? Cara yang paling efektif adalah membuat kerangka karangan buku. Masalahnya, anda membuat buku cerita yang bersifat fiksi. Bagaimana kah kerangka... Read More

Cara Membuat Novel Lewat Pengalaman Terdekat

Posted at September 5, 2018

Bagaimana cara membuat novel? Bila mau membuat novel, anda harus bisa membuat buku cerita pada umumnya terlebih dahulu sebagai cara pertama. Mengapa? Menulis novel... Read More

Perbedaan Buku Fiksi

Persamaan Perbedaan Buku Fiksi Dan Non Fiksi Terbeda

Posted at Agustus 31, 2018

Mau tahu cara membuat buku? Ketahui dahulu persamaan dan perbedaan buku fiksi dan non fiksi. Kalau seputar pembahasan persamaan dan perbedaaan fiksi dan nonfiksi,... Read More

Buku Fiksi Berstandar

Menguak Pengertian Buku Fiksi Berstandar

Posted at Agustus 27, 2018

Membahas pengertian buku fiksi harus berfokus terlebih dahulu pada pengertian fiksi. Bila pengertian fiksi sudah terjawab, pengertian buku fiksi bisa dimaknai dengan mudah. Memang,... Read More