HOME
Home » Menulis Buku » Persamaan Perbedaan Buku Fiksi Dan Non Fiksi Terbeda

Persamaan Perbedaan Buku Fiksi Dan Non Fiksi Terbeda

Posted at Agustus 31st, 2018 | Categorised in Menulis Buku

Perbedaan Buku Fiksi

Mau tahu cara membuat buku? Ketahui dahulu persamaan dan perbedaan buku fiksi dan non fiksi. Kalau seputar pembahasan persamaan dan perbedaaan fiksi dan nonfiksi, ini masalah gampang. Tentu, anda tidak perlu membaca kelanjutannya. Mengapa? Persamaan dan perbedaan antara buku fiksi dengan nonfiksi dianggap jelas batasannya. Tanpa berpikir panjang, anda sudah bisa membahasnya asalkan sudah memahami pengertian buku fiksi dan nonfiksi sebelumnya.

Namun masalahnya, ada beberapa karya buku fiksi menitikberatkan pada fakta, pada nonfiksi seperti novel sejarah, novel ilmiah. Bagaimana menjelaskan untuk masalah ini?

Saya akan menjelaskan persamaan dan perbedaan buku fiksi dan buku non fiksi. Tentunya, saya membahas persoalan cerita, seperti novel, biografi/autobiografi dan sejarah.

Persamaan Buku Fiksi Dan Nonfiksi

Sekali lagi, bila sudah memahami pengertian buku fiksi, anda tidak perlu lagi memikirkan lebih dalam mengenai persamaan ini. Anda sudah bisa menerka bagaimana persamaan antar keduanya. Namun, saya ingin menjelaskan kembali tentang sesuatu yang mungkin tidak pernah dipikirkan oleh anda. Saya akan menjelaskan mengenai persamaannya di tengah pemahaman anda mengenai pengertian buku fiksi. Tujuannya, anda bisa jauh lebih paham mengenai persamaan fiksi dan nonfiksi.

Persamaan buku fiksi dan nonfiksi lebih kepada pemberian suguhan cerita. Dalam hal ini, buku cerita fiksi dan nonfiksi sama-sama menghadirkan sebuah cerita. Anda bisa melihat cerita novel dengan cerita biografi. Apakah ada perbedaan? Mungkin, peceritaan buku nonfiksi jauh lebih formal dalam penceritaan. Tetapi, hakekatnya, buku cerita nonfiksi berbeda dengan buku pengetahuan pada umumnya.

Selain suguha cerita yang dianggap persamaan buku fiksi dengan nonfiksi, apa lagi yang dianggap kesamaan antar kedua itu? Dalam hal penerbitan, pecetakan dan penjualan, keduanya memiliki kesamaan. Pada akhirnya, konsumen menikmati keduanya. Bahkan, konsumen profesional seperti presensi bisa menikmati buku fiksi ini. Intinya, hal ini tidak menjadi perbedaan.

Kalau persamaan, mungkin pembahasan ini tidak bisa banyak.

Perbedaan Buku Fiksi Dan Nonfiksi

Nah, pembahasan perbedaan buku fiksi dan nonfiksi bisa jadi memiliki banyak variasi. Banyak variasi perbedaan mungkin berasal dari cara penulisan ceritanya. Namun, saya tidak akan menjelaskan banyak perbedaan.

Apakah anda sudah paham masalah perbedaan buku fiksi dan nonfiksi? Sekali lagi, asalkan anda sudah mengerti pengertian buku fiksi, anda sudah bisa membayangkan perbedaan ini.

#Perbedaan Pertama, Buku Fiksi Dan Nonfiksi Berbeda Dalam Proses Pembuatanya

Buku fiksi dan nonfiksi berbeda dalam proses pembuatanya. Pembuatan buku fiksi, dalam hal ini novel, lebih menitikberatkan pada pembangunan alur. Pembuatan alur pun tidak bisa sembarangan karena di dalamnya terbangun sebuah misi dari sebuah cerita. Alur sebuah cerita melahirkan ciri khasnya seperti memasukkan permasalahan dan penyelesaian masalah. Sedangkan buku nonfiksi, pembuatannya tidak mementingkan pembangunan alur. Misalnya, anda membuat buku biografi tokoh A. Di sini, anda tidak bisa membangun alur dari awal sampai akhir tentang tokoh A walaupun pembahasannya dari awal kehidupan sampai akhir.

#Perbedaan Kedua, Dalam Hal Kebenaran Sebuah Cerita

Perbedaan dalam hal kebenaran sebuah cerita. Berangkat dari sebuah pengertian buku fiksi, buku fiksi berisi cerita-cerita yang lebih kepada cerita rekaan, buatan, tidak sesuai kejadian aslinya. Intinya, buku fiksi tidak memiliki nilai kebenaran cerita. Memang, buku fiksi bisa berasal sejarah tertentu atau yang mengandung nilai fakta. Tetapi, nilai fiksi dalam novel sejarah harus tetap dihadirkan demi disebut sebuah novel atau buku fiksi. Kalau 100% berdasarkan kisah nyata, buku fiksi kehilangan fiksinya. Tentunya, ini bisa dikatakan buku biografi atau sejarah. Bagaimana dengan buku nonfiksi? Anda tinggal membalikkan pengertian dari buku fiksi. Tentunya, pembuatan buku nonfiksi harus 100% berdasarkan realita, fakta. Kalau tidak berdasarkan 100% fakta, realita, buku nonfiksi masuk dalam kategori buku fiktif, bohongan.

#Perbedaan Ketiga, Perbedaan Dalam Hal Dialog Antara Fiksi Dan Nonfiksi

Perbedaan dalam hal dialog antara fiksi dan nonfiksi. Buku fiksi didukung penuh dialog. Dialog berperan penting dalam membangun konflik, menguatkan karakter, dan menghidupkan cerita. Tanpa dialog, alur cerita fiksi tidak akan bisa berjalan. Anda bisa mencoba untuk membayangkan pembuatan novel tanpa dialog. Bagaimana rasanya? Kaku bukan? Bahkan, pembuatan novel mustahil terwujud. Jadi, dialog menjadi hal yang penting untuk kebutuhan cerita. Berbeda dengan buku fiksi, buku nonfiksi bisa dibangun tanpa dialog. Kalaupun penulisan buku biografi atau sejarah ada selipan kalimat dialog, hal ini tidak dianggap unsur yang penting. Dialog untuk buku nonfiksi sekedar pemanis sebuah cerita.

#Perbedaan Keempat, Perbedaan Dalam Unsur-Unsur Membangun Cerita

Bila membaca buku novel, anda digiring dari sebuah cerita pembukaan, menuju konflik dan pada akhirnya menemukan solusi sebagai akhir cerita. Begitulah alur dalam pembuatan buku fiksi. Alur menjadi bagian dari unsur-unsur intrinsik sebuah cerita alias buku fiksi yang wajib diterangkan dengan jelas. Ada beberapa unsur-unsur instrinsik buku fiksi yang harus dihadirkan seperti hanya unsur alur. Di antar unsur-unsur intrinsik itu adalah tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan pesan/amanat cerita. Beberapa alur tersebut wajib diterapkan dalam penulisan buku fiksi agar bisa menghadirkan suguhan cerita yang menarik.

Berbeda dengan buku cerita nonfiksi, penulisan tidak membutuhkan unsur-unsur dalam rangka memberikan suguhan cerita menarik. Titik tekan cerita nonfiksi berada pada kondisi fakta. Dimana ada fakta yang dipentingkan, di situlah penulisan cerita nonfiksi berlangsung. Fakta tidak mengenal rekayasa cerita sehingga alur penceritaan dalam buku nonfiksi cenderung meloncat-loncat.

#Perbedaan Kelima, Pemanfaatan Cerita Atas Buku Fiksi Dan Nonfiksi

Buku fiksi dan nonfiksi memiliki nilai pemanfaatan yang berbeda. Buku fiksi bisa dimanfaatkan untuk pertunjukan yang bersifat visual seperti film. Banyak sekali contoh buku fiksi yang dimanfaatkan untuk kebutuhan perfileman. Beberapa contoh buku fiksi yang berhasil di-film-kan: Laskar Pelangi, Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, dan yang lainnya. Bagaimana dengan buku nonfiksi, dalam hal ini buku biografi, sejarah dan lainnya? Apakah anda pernah mendengar buku sejarah tertentu di-filmkan? Anda mungkin mengenal film Sang Kiai. Kisah film Sang Kiai berasal dari sejarah nyata. Tetapi, walaupun film Sang Kiai berasal dari sejarah, buku nonfiksi tidak sampai bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan cerita. Karya buku cerita fiksi Sang Kiai itulah yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan cerita kalau memang sudah ada novel Sang Kiai sebelum pembuatan film. Seperti yang sudah dijelaskan, alur cerita nonfiksi cenderung meloncat-loncat.

Baca: Cara Membuat Judul Buku Cerita Fiksi

Tags :

No comment for Persamaan Perbedaan Buku Fiksi Dan Non Fiksi Terbeda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Persamaan Perbedaan Buku Fiksi Dan Non Fiksi Terbeda

Pengertian Menulis Secara Umum Menurut Ahli

Posted at September 25, 2018

Pengertian menulis memang bisa diartikan agak banyak. Namun, bila pengertian menulis dijelaskan, hal ini bisa menjadi beberapa jalur yang berbeda. Tentu, dua jalur ini... Read More

Jurus Jitu Menulis Buku Cerita Anak Bagi Pemula

Jurus Jitu Menulis Buku Cerita Anak Bagi Pemula

Posted at September 19, 2018

Memasuki era milenium saat ini, profesi menulis buku bukan saja untuk mereka yang gemar menulis melainkan siapa saja bisa menjadi penulis buku, termasuk buku... Read More

Cara Membuat Kerangka Karangan Buku Cerita Fiksi

Cara Membuat Kerangka Karangan Buku Cerita Fiksi

Posted at September 10, 2018

Bagaimana cara membuat buku? Cara yang paling efektif adalah membuat kerangka karangan buku. Masalahnya, anda membuat buku cerita yang bersifat fiksi. Bagaimana kah kerangka... Read More

Cara Membuat Novel Lewat Pengalaman Terdekat

Posted at September 5, 2018

Bagaimana cara membuat novel? Bila mau membuat novel, anda harus bisa membuat buku cerita pada umumnya terlebih dahulu sebagai cara pertama. Mengapa? Menulis novel... Read More

Buku Fiksi Berstandar

Menguak Pengertian Buku Fiksi Berstandar

Posted at Agustus 27, 2018

Membahas pengertian buku fiksi harus berfokus terlebih dahulu pada pengertian fiksi. Bila pengertian fiksi sudah terjawab, pengertian buku fiksi bisa dimaknai dengan mudah. Memang,... Read More