HOME
Home » Terapi Menulis » Teknik Menulis Salah Terapi untuk Pembebasan

Teknik Menulis Salah Terapi untuk Pembebasan

Posted at Februari 4th, 2019 | Categorised in Terapi Menulis

Teknik menulis yang dahsyat melatih menulis adalah menulis bebas. Anda bebas menulis apapun yang ada di pikiran Anda. Namun, masih dalam pertanyaan, menulis bebas itu seperti apa?

Bila masih dalam pertanyaan tentang bagaimana menulis bebas, lebih baik abaikan saja. Karena saya akan menjelaskan satu teknik menulis bebas yang benar-benar bebas dibandingkan menulis bebas lainnya.

Apa teknik menulis bebas yang benar-benar bebas? Seperti dalam judul di atas yaitu Teknik Menulis Salah. Teknik Menulis Salah di samping akan digunakan sebagai terapi menulis, juga memiliki kapasitas kebebasan. Karena dalam hal ini Anda bebas salah.

Teknik Menulis Salah bahasa lain adalah menulis di luar kotak. Artinya adalah menulis yang keluar dari adat kebiasaan menulis. Bila Anda biasanya harus benar dalam menulis maka dalam hal ini justru harus salah.

Bila Anda terbiasa menulis dengan baik dan benar walau Anda menggunakan teknik menulis bebas, tetapi kali ini Anda menulis dengan sengaja salah. Dengan menulis salah maka Anda menulis dengan bebas dan lebih bebas dari sebelumnya. Anda harus mampu keluar dari kebiasaan Anda menulis.

Saya teringat sebuah artikel yang judul dan isinya sudah banyak terlupakan oleh saya. Tentunya tentang menulis salah. Dalam inti artikel itu menjelaskan bahwa menulis benar memang sulit tetapi menulis salah lebih sulit.

Wah, menulis salah lebih sulit ya? Jadi bila Anda ingin mahir menulis benar maka harus terlebih dahulu mencoba menulis salah. Nah, saya sebut Teknik Menulis Salah ini dengan menulis di luar kotak atau bisa juga disebut berpikir di luar kotak.

Terlepas apakah mudah atau sulit tentang menulis salah yang akan dijelaskan nanti, saya serahkan pada diri Anda saja. Karena pengalaman saya mudah-mudah saja.

Dalam artikel yang saya baca itu, tidak menjelaskan tentang bentuk dan langkah-langkah menulis salah. Saya berpikir, “Bagaimana menulis teknik salah?” Dalam artikel yang saya baca hanya mengungkapkan teori-teori menulis salah tanpa menjelaskan cara praktis untuk menulis salah.

Memang, kebanyakan penulis miskin praktik. Mereka hanya pandai menulis seindah bahasa. Tetapi bila menjelaskan langkah-langkah praktisnya, mereka sepertinya tidak mempertanggungjawabkan apa yang sudah ditulis.

Ups… kok jadi mengkritisi sih. Oke! Mungkin saya juga salah. Namanya juga sedang menulis salah.

Baiklah kita lanjutkan.

Lalu, setelah berpikir mengenai Teknik Menulis Salah, akhirnya saya menemukan formula ampuh Teknik Menulis Salah untuk penulis pemula agar mampu menulis dengan cepat sekaligus berpikir cepat.

Bagaimana Aturan Dalam Melakukan Teknik Menulis Salah?

Memang harus ada aturan agar bisa melakukan Teknik Menulis Salah dengan benar-benar bebas salah! Bila tidak memakai aturan maka bisa mengakibatkan menulis dengan jalur benar.

Namun, sebebas-bebasnya Teknik Menulis Salah, ada saja menulis dengan kalimat benar. Ada juga penghentian kata yang dianggap kurang tepat bila dikeluarkan alias dituliskan.

Ada beberapa aturan yang bisa Anda lakukan dalam Teknik Menulis Salah. Berikut beberapa aturan yang harus Anda lakukan:

  • Siapkan Perasaan dan Pikiran Anda
  • Posisi Duduk Tegak
  • Usahakan Bebas Memunculkan Kata Dengan Cepat
  • Jangan Ada Klik Enter
  • Jangan Ada Titik Koma dan Tanda Baca Lainnya
  • Jangan Menggunakan Media Kertas
  • Mengetik Menyesuaikan Diri Dengan Kecepatan
  • Lakukanlah Teknik Menulis Salah Di Waktu Khusus

Anda harus benar-benar menerapkan Teknik Menulis Salah sesuai aturan di atas. Bila ada tambahan aturan yang lebih mendukung Teknik Menulis Salah yang Anda lakukan, maka boleh-boleh saja.

Intinya, aturan di atas adalah sebagai dasar dalam menjalankan Teknik Menulis Salah. Anda bisa mengembangkan lewat aturan-aturan Teknik Menulis Salah di atas. Karena pembahasan aturan di atas hanya sebagai dasar.

Anda harus menyiapkan minuman manis sesudah menulis karena cukup membuat Anda berkeringat, ups. Hasil pengalaman saya lho. setelah latihan menulis salah sampai 1 halaman MS Word. Atau minumal apa saja yang sebagai penyegar sehabis lelah menulis salah. Karena menulis salah bisa dikatakan sebagai olahraga untuk penulis. Bila Anda mau menganggapnya sebagai olahraga.

a. Siapkan Perasaan dan Pikiran Anda Dalam Praktek Teknik Menulis Salah

Bila Anda tidak siap, maka lebih baik Anda tidak menulis dengan menggunakan Teknik Menulis Salah. Pertanda bahwa Anda bukan pemula yang masih kesulitan menulis bila tidak siap menulis salah. Atau Anda masih malas menulis walau menulis benar.

Entah sudah mahir menulis atau tidak, Anda tetap harus menjalankan menulis salah. Karena ini juga merupakan terapi penyegaran otak Anda terhadap menulis.

Teknik Menulis Salah bisa untuk membangkitkan semangat dalam menulis dan menghilangkan kesulitan dalam menulis. Bila tidak siap, apakah saya harus berkata bahwa Anda tidak siap menulis?

Saya mengerti kondisi Anda dalam hal menulis. Terbayang dalam kepala Anda sebuah pertanyaan: Bagus tidak tulisan saya? Siapa yang membaca tulisan saya? Mampu tidak menghasilkan banyak uang hasil karya tulis?

Bila Anda bertanya-tanya, lebih baik lakukan menulis salah. Anda akan menemukan sebuah semangat baru dalam menulis.

Pengalaman saya sendiri waktu melakukan Teknik Menulis Salah, ada rasa kebangkitan semangat dalam menulis dan seperti ada pembukaan jalan pikiran yang cepat. Tentunya memperkuat keoptimisan dalam menulis.

Apapun alasan Anda, silahkan Anda mempersiapkan perasaan dan pikiran Anda untuk melakukan Teknik Menulis Salah. Sebagai coba-coba memulai pengalaman baru, semangat baru dan ide baru.

Pada kenyataan, penulis harus mencoba pengalaman baru dalam dunia menulis. Dengan tujuan untuk memperbanyak sambungan antar sel neuron.

Bila perasaan dan pikiran Anda tidak siap untuk melakukan Teknik Menulis Salah, maka Anda melakukan hal yang salah dalam terapi ini. Tantangan besar dalam menulis masih banyak yang harus dilalui bila ingin menjadi penulis besar. Hal spele seperti melakukan Teknik Menulis Salah saja tidak siap, bagaimana bila Anda membuat buku?

Oke! Saya menganggap bahwa Anda sudah siap untuk melakukan Teknik Menulis Salah.

b. Posisi Duduk Tegak Untuk Memaksimalkan Teknik Menulis Salah

Jangan melakukan Teknik Menulis Salah sambil tiduran. Kalaupun dalam posisi duduk, maka jangan membungkukkan badan.

Bila Anda melakukan Teknik Menulis Salah dengan posisi terngkurap atau duduk membungkuk, maka akan menyulitkan untuk menulis salah. Teknik Menulis Salah dilakukan dengan cepat. Bila selama menulis tidak didukung posisi tubuh yang benar maka akan menyulitkan, mengganggu pernafasan dan lainnya.

Bila keadaan Anda harus posisi duduk tegak, maka posisi laptop, tablet atau komputer Anda harus menyesuaikan diri.

Ada manfaat dalam melakukan menulis dengan posisi tegak. Berikut saya ambil dari buku BacaKilat karya Agus Setiawan:

  • Aliran Oksigen dan Darah yang Baik Otak akan mendapatkan aliran oksigen dan darah dengan baik bila posisi tubuh tegak. Sebaliknya, maka Anda bisa menebak sendiri.
  • Aliran Energi yang Baik – dengan posisi duduk yang tegak maka punggung akan mengalirkan energi yang cukup untuk menguatkan kerja otak.
  • Perhatian yang Meningkat – dengan duduk tegak, maka tingkat perhatian Anda lebih tinggi ketimbang duduk sambil membungkuk atau tiduran. Posisi tegak sebagai simbol bahwa Anda benar-benar serius. Sehingga otak akan secara otomatis merespon keadaan dengan baik karena dianggapnya sebuah keadaan yang penting.

Bagaimana bila menulis salah dengan media tablet?

Bila menggunakan tablet maka akan menghasilkan posisi yang cukup menundukkan kepala. Karena posisi tablet mengarah ke atas saat mau mengetik sehingga posisi kepala pandangan terpaksa ke arah bawah. Hal ini tentu akan mengganggu fokus Anda dalam hal melakukan Teknik Menulis Salah. Maka Anda bisa mencari solusi yang tepat untuk latihan Teknik Menulis Salah lewat media tablet. Atau bisa saja tidak perlu menggunakan tablet.

Kalau saya biasanya menulis dalam posisi duduk tegak lurus ke depan. Karena menggunakan komputer yang ditempatkan di atas meja yang berkaki tinggi. Sehingga posisi layar monitor tepat dengan pandangan mata ketika tegak-lurus.

Catatan: ketika duduk tegak, maka punggung Anda jangan bersandar pada sandaran kursi atau lainnya. Karena Anda akan kesulitan menulis salah dengan cepat ketika bersandar. Anda akan merasakan ketegangan otot yang sebagai efek dari melakukan Teknik Menulis Salah.

c. Jangan Bernafas Lewat Hidung Agar Lancar Mengetik Untuk Teknik Menulis Salah

Ketika Anda menggunakan nafas lewat hidung maka akan mengalami seperti sesak. Artinya ada gangguan pernafasan. Seperti halnya Anda melakukan latihan angkat beban. Jika Anda melakukan latihan angkat beban dengan menggunakan pernafasan hidung maka akan mengalami tekanan pada paru-paru. Tentu tidak baik bagi pernafasan.

Ada ketegangan pada otot yang membuat pernafasan tidak lancar ketika bernafas lewat hidung. Sama halnya ketika Anda melakukan angkat beban yang membuat pernafasan terganggu ketika bernafas lewat hidung.

Untuk itu, disarankan menggunakan pernafasan lewat mulut agar tidak terjadi gangguan pernafasan ketika sedang melakukan Teknik Menulis Salah. Karena gerakannya yang cepat dan tanpa ada jeda istirahat sampai selesai.

d. Usahakan Bebas Memunculkan Kata Dengan Cepat Karena Ini Teknik Menulis Salah

Dalam melakukan ini maka dianjurkan untuk jangan berpikir dan jangan ragu untuk salah. Bila perasaan dan pikiran Anda sudah siap melakukan Teknik Menulis Salah maka akan secara otomatis bisa memunculkan kata dengan cepat.

Nilai kecepatan kata yang muncul dalam kepala adalah sekitar kurang dari satu detik. Ya, Anda tidak salah baca. Anda harus mampu memunculkan kata kurang dari satu detik.

Bila Anda terhambat menulis cepat maka tandanya Anda belum menguasai Teknik Menulis Salah. Bila Anda sudah menguasai menulis salah maka akan cepat menulis salah.

Secara korelasi, Anda pun akan bisa menulis cepat ketika menulis benar seperti menulis pada umumnya bila sudah menguasai Teknik Menulis Salah. Maksudnya adalah mudah mendapatkan ide-ide menulis dengan cepat. Nanti sebagai pelengkap saya akan menjelaskan di bab berikutnya.

Teknik cepat dalam Teknik Menulis Salah ini berguna untuk pembangkitan semangat dan pembukaan pikiran mengenai kata-kata yang akan dikeluarkan. Karena bila tidak menulis cepat dalam Teknik Menulis Salah ini maka akan merasakan ketidaksemangatan dalam menulis.

Bisa saja dalam Teknik Menulis Salah tidak melakukan teknik cepat menulis. Namun perasaan yang akan dihasilkan kurang memuaskan. Justru menggunakan teknik ini adalah untuk terapi kepuasan dalam menulis dan tidak terkesan lelet mikir. Karena dengan menulis cepat, ada kebangkitan semangat dan cepat berpikir.

Menulis bebas maknanya apa sih?

Bila Anda masih berpikir lama untuk menjawab pertanyaan di atas, berarti Anda belum berpikir bebas.

Menurut saya, menulis bebas adalah harus cepat menjawab. Dalam hal ini ada korelasinya menulis bebas dengan menulis salah dengan cepat. Karena dengan cepat memunculkan kata-kata maka sudah melakukan menulis bebas.

Seharusnya, Anda harus bisa menjawab walau tidak harus benar.

Tetapi bila Anda langsung cepat menjawab seperti, “Menulis bebas adalah bebas dalam menulis kata-kata,” maka tandanya Anda sudah berpikir bebas. Menulis bebas berkaitan dengan berpikir bebas.

Memang sulit untuk menjawab pertanyaan secara cepat dan menghasilkan jawaban tepat. Apalagi bila menjawab di depan banyak orang. Tetapi setidaknya pikiran sudah ada gambaran tentang apa yang harus dijawab.

Nah, bila sudah ada gambaran yang ada dalam pikiran, jawab langsung atas pertanyaan. Maka inilah berpikir bebas.

Dalam kegiatan menulis bebas, segala yang ada dipikiran maka itulah yang harus cepat ditulis.

Jadi, latihan menulis dengan Teknik Menulis Salah adalah agar pikiran mampu dengan cepat menghasilkan pemikiran.

Coba silahkan tes Teknik Menulis Salah dengan cepat. Awalnya menulis benar. Benar-benar kalimat benar. Tetapi bila Anda melakukan dengan cepat maka tidak mampu lagi menulis benar. Semakin Anda mempertahankan kecepatan menulis tanpa ada jeda istirahat maka akan semakin salah. Nanti saya akan menjelaskan contohnya.

e. Jangan Ada Klik Enter Demi Teknik Menulis Salah

Dalam melakukan Teknik Menulis Salah jangan menggunakan enter. Bila ada enter, cukup mengganggu kecepatan menulis. Anda hanya melakukan klik spasi agar tidak saling merapat antar kata.

Melakukan enter berarti sudah memecahkan konsentrasi menulis salah. Karena apa yang dipikirkan adalah melakukan enter bukan cepat memunculkan kata lalu dituliskan.

Masalah klik spasi, tidak mengganggu Anda dalam menulis cepat. Jadi tidak perlu khawatir dalam hal ini.

f. Jangan Ada Titik Koma dan Tanda Baca Lainnya Agar Fokus Teknik Menulis Salah

Bila Anda menggunakan titik dan koma dalam membaca, maka sudah mengganggu konsentrasi menulis salah dengan cepat. Untuk itu Anda perlu menghilangkan tanda koma dan titik. Juga memang tanda baca lainnya seperti tanda tanya, tanda seru, dan lain sebagainya.

g. Jangan Menggunakan Media Kertas Agar Teknik Menulis Salah Cepat

Bila menggunakan media kertas sebagai wadah tulisan, otomatis menggunakan media pulpen atau pensil sebagai alat tulis.

Menggunakan pensil atau pulpen, tentu akan menghambat kecepatan menulis salah. Bila menghambat kecepatan menulis tentu tidak berlaku lagi untuk menulis salah.

h. Mengetik Menyesuaikan Diri Dengan Kecepatan

Kalau cepat dalam memunculkan kata-kata, tentunya akan cepat juga dalam mengetik. Bila belum mahir mengetik, lebih baik untuk belajar mengetik terlebih dahulu. Namun biasanya, dengan latihan menulis salah maka otomatis sambil belajar untuk mengetik cepat.

i. Lakukanlah Teknik Menulis Salah Di Waktu Khusus

Teknik Menulis Salah membutuhkan energi. Lebih baik jangan di waktu ketika Anda sedang menulis dengan benar. Karena hal ini mengganggu pikiran Anda. Walau menulis salah, tetap membutuhkan konsentrasi dan tenaga yang tidak sedikit.

Pengalaman saya dalam menulis saya, satu halaman Ms Word cukup membuat saya berkeringat. Memang saya mudah berkeringat juga. Jadi wajar bila sampai berkeringat. Namun, ini artinya bahwa menulis salah cukup untuk membuang tenaga.

Sehingga, Anda perlu memisahkan waktu antara menulis salah dengan menulis benar. Tujuannya agar tenaga tidak terbagi dua yang dikeluarkan untuk menulis.

Dosis Melakukan Teknik Menulis Salah

Bagaimana dosis dalam menjalankan terapi Teknik Menulis Salah?

Pengalaman saya, diawali dengan menulis ¼ halaman karena waktu itu belum bisa menulis salah dengan kecepatan mengeluarkan kata per detik. Pada awalnya melelahkan. Lelah karena tidak ada jeda istirahat.

Kebetulan waktu itu fisik saya sedang lemah sehingga tidak mampu menulis sampai 1 halaman. Namun pada akhirnya, walau dalam kondisi fisik yang terganggu, saya bisa menulis salah sampai 1 halaman MS Word.

Tentu bagus bila Anda sejak pertama latihan menulis salah sudah bisa menulis sampai 1 halaman penuh. Karena dosis standar dalam menulis salah dalam sekali duduk adalah 1 halaman.

Anda bisa menambah jumlah halaman setelah rutin menulis salah sekali duduk menghasilkan 1 halaman. Bisa dilanjutkan 1 halaman lagi setelah beberapa menit istirahat sekedar untuk minum dan melemaskan otot. Bila selesai menulis, istirahat lagi. Kemudian melanjutkan 1 halaman lagi. Namun, dosis satu halaman adalah dosis standar.

Tentang jumlah hari, saya kembalikan ke Anda. Yang jelas, Teknik Menulis Salah seperti melakukan olahraga yang perlu jumlah hari. Bila mengikuti anjuran olahraga maka bisa melakukan setiap hari atau 3 kali dalam satu minggu.

Anda bisa merasakan sendiri efek dari menulis salah bila dilakukan rutin.

Walau Anda sudah bisa menulis salah, Anda tetap melakuan menulis salah sebagai olahraga. Bisa solusi pengganti di saat Anda sedang malas menulis serius. Namun, seperti halnya olahraga, maka lebih baik Anda melakukan menulis salah ketika kondisi tubuh sedang fit.

Manfaat Teknik Menulis Salah

Menulis salah adalah olahraga kesehatan dengan jalan menulis. Karena tujuan yang dilakukan bukan untuk menghasilkan tulisan-tulisan yang bermanfaat dan berbobot. Namun tujuan yang ingin diraih adalah kesehatan fisik, kesehatan perasaan dan kesehatan pikiran.

a. Kesehatan Fisik

Bila menyangkut kesehatan fisik, karena kegiatan menjalani Teknik Menulis Salah ada unsur kecepatan mengetik tanpa berpikir. Jadi fokusnya hanya melatih otot untuk mengetik kata sesuai kata yang terbayang.

Bila melakukan Teknik Menulis Salah dengan cepat maka otomatis akan belajar mengetik dengan tidak melihat keyboard. Bisa pusing bila mengetik cepat tetapi mata melihat keyboard. Dengan Teknik Menulis Salah maka Anda dituntut melihat layar monitor saat mengetik.

Fakta:

  • Penulis membutuhkan kekuatan otot tangan untuk mengetik.
  • Penulis membutuhkan kecepatan otot tangan untuk mengetik.
  • Penulis harus mampu mengetik tanpa melihat keyboard.

Olahraga fisik dengan Teknik Menulis Salah mungkin belum pernah terdengar oleh telinga Anda. Namun sekarang Anda sudah tahu mengenai Teknik Menulis Salah sebagai olahraga. Untuk itu, jadikan menulis salah sebagai rutinitas Anda untuk berolahraga.

Terkadang, ketika fisik digunakan untuk gerak-gerak maka akan kesulitan berpikir. Dan ini yang saya alami sendiri. Saya sulit sekali menulis (untuk berpikir) ketika sambil berjalan. Ketika mengetik cepat masih menjadi sebuah gangguan dalam mengeksplor pemikiran, maka solusi yang dilakukan adalah dengan menggunakan Teknik Menulis Salah.

Menggunakan Teknik Menulis Salah untuk mengharmoniskan kegiatan mengetik dengan berpikir maka sudah melakukan langkah yang tepat. Ketika melakukan gerakan ketikan maka pikiran bisa tetap berjalan lancar tanpa gangguan dalam memunculkan ide-ide menulis.

Jadi, kesimpulannya adalah:

  • Fisik Anda akan sehat
  • Menguatkan otot pernafasan dan tulang punggung untuk kepentingan menulis.
  • Menguatkan dan melenturkan otot tangan dalam mengetik
  • Menghormoniskan pikiran dan gerakan otot ketika mengetik
  • Mampu melihat layar monitor ketika mengetik tanpa melihat keyboard

Anda mau meraih kesehatan di atas dengan menggunakan Teknik Menulis Salah? Coba-coba deh. Barangkali Anda menyukainya untuk dijadikan sebagai olahraga harian Anda.

Saya pun menjadikan Teknik Menulis Salah sebagai kegiatan olahraga harian saya di samping olahraga lainnya. Olahraga yang berfokus melatih otot-otot tangan saya. Kebetulan saya pernah olahraga melatih otot seperti tangan dengan barbel dan lainnya. Tapi akibat olahraga melatih otot justru membuat otot fisik saya terganggu ketika melakukan menulis. Sehingga solusi yang bagus dalam melatih otot tangan adalah dengan menulis salah. Alhasil, otot saya terlatih sampai ketika melakukan menulis.

Mungkin Teknik Menulis Salah terdengar aneh bagi telinga Anda. Apalagi bila sudah tahu contoh yang akan saya jelaskan sebentar lagi mengenai langkah praktis menulis dengan Teknik Menulis Salah. Anda bisa menganggap ini hal yang aneh, tidak masuk akal dan kualitas rendah. Tapi, bila memang mencoba adalah hal yang baik, kenapa tidak melakukannya?

b. Kesehatan Perasaan

Dengan Teknik Menulis Salah maka Anda memang siap untuk berani salah dalam menulis. Jangan merasa takut bersalah dalam menulis. Bila memang salah, ada wadah tersendiri dalam ruang editing atau lainnya. Salah dalam menulis memang wajar. Yang tidak wajar adalah sengaja disalangkan.

Pada kenyataannya, Anda sedang belajar melakukan menulis yang tidak wajar alias menulis salah. Sengaja disalangkan namun dengan jalur salah. Bila menulis jalur benar yang sengaja disalahkan maka ini baru salah. Tujuan utamanya menulis salah jalur salah adalah menghantam perasaan bersalah ketika dalam menulis benar.

Dengan menulis salah, maka perasaan Anda akan merasakan:

  • Bebas tanpa beban dalam menulis
  • Berani salah dalam menulis
  • Menjadi semangat untuk menulis
  • Percaya diri dengan tulisan Anda sendiri
  • Siap menghadapi tantangan besar dalam menulis

c. Kesehatan Pikiran

Memang, Teknik Menulis Salah memiliki keuntungan kesehatan satu paket. Keuntungan kesehatan fisik, kesehatan perasaan dan kesehatan pikiran. Terakhir, manfaat menulis salah adalah meraih kesehatan pikiran.

Menulis adalah sebuah beban pikiran. Memang, menulis bisa sebagai terapi. Seperti misalnya terapi stress, terapi marah, dan terapi lainnya. Bila masalah pikiran, berarti terapi untuk menghilangkan stress.

Pada umumnya menulis bisa menghilangkan stress.

Namun hal ini berbeda. Justru kegiatan menulis membuat pikiran stress, salah satunya. Kenapa stress? Bisa jadi karena bingung. Tulisan yang sudah banyak tetapi hanya tersimpan dalam komputer. Bila mau dibagikan secara gratis pun tidak tahu caranya. Belum lagi menghadapi kualitas tulisannya. Apalagi tulisan yang mau dikomersilkan, tentu tebih bingung lagi. Akibatnya, pikiran menjadi stress melihat tulisan dan menulis.

Banyak kan para pemula yang tidak bisa bangkit dalam kegiatan menulisnya? Mereka hanya menulis seperti itu-itu saja. Ketika kesibukkan teralihkan dengan yang lebih penting maka kegiatan menulis sudah menjadi sejarah alias tidak dilanjutkan lagi.

Lagi-lagi, penulis yang sering diburu adalah penulis yang sudah senior dan memiliki nama. Padahal, penulis pemula bisa jadi memiliki kualitas tulisan yang hebat karena memiliki keahlian. Hanya saja, penulis pemula belum bisa menuliskan keahliannya. Inilah yang membuat para penulis pemula ciut mental melihat persaingan tulisan.

Dengan menggunakan Teknik Menulis Salah, setidaknya Anda melupakan sejenak konflik-konflik yang menjamur di jagat penulisan. Jangan membuat pikiran Anda terganggu karena ini penyakit yang menghalangi kreatifitas menulis. Anda bisa mengalihkan kegiatan menulisnya dengan menulis salah. Anda bisa membuat buku minimal 20 halaman yang berisi tulisan salah Anda.

Apa yang terjadi dalam pikiran Anda bila sanggpup menulis salah sampai 20 halaman? Anda sendiri yang merasakan. Yang jelas, saya akan menjelaskan rincian mengenai manfaat menulis.

Berikut beberapa manfaat menulis untuk kesehatan pikiran:

  • Mengobati otak yang stress akibat menulis
  • Agar mampu menulis benar sesuai kebenaran pikiran Anda
  • Untuk memudahkan sambungan antar data dalam otak secara cepat
  • Memudahkan mendapatkan ide sampai pada tingkat kreatifitas tinggi

Langkah Praktis Teknik Menulis Salah

Anda sudah mengerti mengenai aturan Teknik Menulis Salah, dosis yang harus dilakukan dan manfaatnya? Bila sudah mengerti maka Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Langkah ini adalah langkah yang mungkin Anda tunggu-tunggu. Karena dari awal sampai sekarang, saya belum menjelaskan langkah dan contohnya.

Sebelum Anda memahami langkah praktisnya, silahkan lihat terlebih dahulu contoh menulis salah. Berikut hasilnya yang sudah saya tulis:

Bagaimana langkahnya? Langkah yang terbaik adalah jangan memikirkan tentang apa yang mau ditulis. Segera lakukan menghadap di layar monitor dan menulis kata apa yang pertama muncul.

Tetapi mungki saja Anda masih bertanya tentang langkahnya.

Baiklah, saya akan memberikan langkah praktisnya.

Andai kata yang pertama muncul adalah kata rumah maka Anda bisa langsung menulis secara cepat kata rumah. Jangan sampai lambat. Karena pasti akan memunculkan kata yang lain lagi secara cepat, kurang dari satu detik.

Ada dua kebiasaan yaitu kata yang muncul berikutnya bisa nyambung sebagai pelengkap atau kata muncul berikutnya tidak nyambung sebagai pelengkap. Bila Anda pertama kali menulis kata rumah maka bisa memunculkan kata besar sebagai pelengkap. Bisa juga akan muncul kata tinta setelah kata rumah.

Bisa saja akan membentuk kalimat lengkap setelah kata rumah. Seperti rumah besar dihuni lima orang. Namun karena cepat menulis dan menghasilkan kata-kata baru yang cepat maka bisa terputus setelah kalimat ini. Akan berganti dengan kata lain yang mungkin bisa membentuk kalimat atau tidak.

Anda mungkin masih bingung untuk proses percepatan menulis salah. Maka Anda aturan yang harus dilakukan.

Pertama, Anda menulis dengan bebas tanpa ketentuan tema sebagai fokus bayangan. Cara yang ini untuk pemula yang baru merasakan menulis salah. Karena belum ada kejenuhan menulis dalam Teknik Menulis Salah.

Contoh:

Saya lakukan dalam ham ini biarkan saja melakukan kejutan yang berarti tidak lain adalah hukuman yang pasti menimpa umat dalam karun ibadah lebih tinggi biarkan menggema dalam suasana lintah darat.

Kedua, Anda menulis dengan bebas dengan ketentuan fokus bayangan. Anda bisa memberikan fokus bayangan tentang keluarga, pantai, sekolah atau sebagainya. Walau Anda bebas menulis, maka ada konsentrasi menulis di wilayah yang Anda bayangkan. Teknik Menulis Salah ini digunakan ketika sudah mulai memunculkan kejenuhan dalam menulis salah.

Contoh:

Keluarga saya dalam binasa sengsara karena anak melahirkan dalam kondisi cacat yang membuat hati merasa tidak enak melihat keadaan keluarga yang runtuh tidak harmonis dalam kehidupan keluarga yang binasa dalam lingkup anak istri adalah surga dunia yang harus dijaga dalam nuansa keimanan yang pasti tidak lagi ada keributan yang menyesakkan hati ibadah lain dalam suasan cinta ibu yang banyak ayah yang setelah itu pasti kelihatan melakukan poligami yang tidak semestinya tidak dilakukan oleh suami yang mengaku cinta kepada istri yang harus dilakukan anak tidak berbakti pada orang tua masih saja berantem.

Khusus contoh dari cara kedua ini, dilakukan dengan bebas dengan disertai bayangan. Bayangan yang dilakukan adalah sebagai fokus konsentrasi saja. Walau pada kenyataannya akan menulis hal lain. Namun kebanyakan akan mengarah pada sesuatu yang dibayangkan. Sebagai contoh membayangkan keluarga seperti pada contoh di atas. Maka, pembahasan akan selalu membahas tentang keluarga sebebas apapun menulis.

Pada tahap selanjutnya, cara kedua inilah yang akan selalu Anda gunakan. Karena bersifat pembagian tema pembahasan. Walau pada kenyataannya tetap akan melakukan menulis salah dengan bebas walau dengan kontrol bayangan.

Karena bila menggunakan cara pertama akan terasa bosan. Pembahasan seperti hanya mengulang-ulang tanpa pengembangan pada tema yang lain. Tentu tidak akan mengalami pengembangan pemikiran secara bebas. Padahal tujuan menulis salah adalah agar mengalami pengembangan pemikiran secara bebas.

Bila sudah menerapkan cara kedua, maka dianjurkan untuk setiap halaman hanya berfokus pada satu tema. Dosis ideal dalam menulis salah adalah sampai satu halaman. Nah, dalam satu halaman penuh hanya berfokus pada satu tema, misal tema keluaga.

Sampai di sini, apakah Anda sudah paham dalam Teknik Menulis Salah? Saya harap Anda sudah paham.

Tags :

No comment for Teknik Menulis Salah Terapi untuk Pembebasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post to Teknik Menulis Salah Terapi untuk Pembebasan

Terapi Menulis Kiat Satu Kata Untuk Kekuatan Fokus

Posted at Februari 21, 2019

Kalau dalam sebelumnya, Anda sudah memahami menulis salah. Menulis salah adalah menulis untuk memunculkan kata dan menulis secepatnya. Namun dalam bab ini adalah teknik... Read More

Terapi Membaca Buku untuk Menulis

Posted at Januari 13, 2019

Sebagian besar orang menghindar dari yang namanya kegiatan menulis apalagi menulis sebagai pekerjaan. Anda setuju? Kenapa mereka menghidar dari yang namanya menulis? Anda sendiri... Read More

Seputar Terapi Menulis untuk Mengatasi Konflik Penulisan

Posted at Januari 10, 2019

Menulis sudah teruji keampuhannya sebagai salah satu terapi. Banyak orang yang bisa sembuh dari penyakit batin setelah melakukan terapi menulis. Tentu, menulis adalah bagian... Read More